PENGARUH PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA

Ahmad Fadillah

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Kelompok eksperimen menggunakan pembelajaran problem solving dan kelompok kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperimen jenis nonequivalent control group design. Dengan sampel penelitian adalah siswa kelas 8.1 yang berjumlah 31 siswa sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas 8.2 yang berjumlah 31 siswa sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis terhadap nilai gain diperoleh thitung  3,33, dan ttabel  2,000 pada taraf signifikansi α  5% sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol.

Full Text:

PDF

References


Depdiknas. (2004). STANDAR ISI, Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Matematika

SMA-MA. Jakarta: Dirjen Managemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Diknas.

Depdiknas. (2006). PERMEN 22 Th.2006-STANDAR ISI, Standar Kompetensi dan

Kompetensi Dasar Matematika SMA-MA. Jakarta: Dirjen Managemen Pendidikan

Dasar dan Menengah, Diknas.

Djamarah, S. B. dan Zain, A. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Driana, E. (2013). Menyikapi Hasil PISA 2012. Kompas, 6 Desember, h. 6.

Jazuli, A. (2009). Berpikir Kreatif dalam Kemampuan Komunikasi Matematika. Purwokerto:

Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Miliyawati. (2012). Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kreatif. Jakarta: Rajawali Pers.

Munandar, U. (2012). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

National Council of Teachers of Mathematics (NCTM). (2011). Principles and Standards for

School Mathematics.Reston, VA : NCTM

Sani, R. A. (2013). Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Wardhani, S. (2008). Standar Isi dan Standar Kompetensi Lulusan (Implikasinya Terhadap

Tugas Guru Matematika SMP/MTs dalam Pengembangan KTSP). Yogyakarta:

Departemen Pendidikan Nasional.

Wena, M. (2011). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer Suatu Tinjauan Konseptual

Operasional. Jakarta: Bumi Aksara.

Wibowo, Agung Edy. (2012). Aplikasi Praktis SPSS dalam Penelitian. Yogyakarta: Gava

Media.




DOI: https://doi.org/10.24853/fbc.2.1.1-8

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika

Jurnal Fibonacci Indexed By:

  gs cro   one            

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Powered by Puskom-UMJ