PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSSING

Arlin Astriyani

Abstract


Penelitian bertujuan untuk menganalisis penerapan model pembelajaran Problem
Posing dalam meningkatkan kreativitas belajar peserta didik dalam menyelesaikan masalah. Penelitian ini dilakukan di Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Jakarta mata kuliah Geometri Euclid pada tahun ajaran 2014/2015. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi, jurnal harian peserta didik, pedoman wawancara, tes pemecahan masalah matematika, dan dokumentasi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem
Posing dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik. Pada siklus I nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik 72 meningkat 9 menjadi 81 pada siklus II. Selain kemampuan pemecahan masalah, aktivitas belajar peserta didik dan respon peserta didik menunjukkan peningkatan. Rata-rata aktivitas belajar peserta didik pada siklus I sebesar 63,5% dan meningkat 11,1% pada siklus II menjadi 74,6%. Berdasarkan jurnal harian, rata-rata persentase respon positif peserta didik mengalami peningkatan, yaitu pada siklus I sebesar 57,2% meningkat 14,2% menjadi 71,4% pada siklus II.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Cankoy, O and Darbaz, S. (2010). “Effect or Problem posing Based Problem Solving

Instruction on undertsanding Problem”. Journal of Education. Vol. 38, pp. 11-24.

Muhammad Thobroni, dkk. (2011). Belajar dan Pembelajaran, Pengembangan Wacana dan

Praktik Pembelajaran dalam Pembangunan Nasional. Yogyakarta: Ar Ruz Media.

Shadiq, Fajar. (2009). Kemahiran Matematika. Yogyakarta: Depdiknas.

Siswono, Tatag Yuli Eko. (2008). Model Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajuan dan

Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Surabaya:

UNESA University Press.

Wardhani, Sri. (2008). Analisis SI dan SKI, Mata Pelajaran Matematika SMP/MTS untuk

Optimalisasi Tujuan Pemelajaran Matematika. Yogyakarta: PPPPTK Matematika.

Xia, X., Lü, C., Wang, B. (2008). “Research on Mathematics Instruction Experi-ment Based

Problem Posing”. Journal of Mathematics Education. Vol. 1, pp. 153-165.




DOI: https://doi.org/10.24853/fbc.2.1.23-30

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika

Jurnal Fibonacci Indexed By:

  gs cro   one            

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Powered by Puskom-UMJ