UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA MELALUI STRATEGI PROBLEM BASED LEARNING PADA KELAS VIII-C SMP MUHAMMADIYAH 29 SAWANGAN DEPOK
Abstract
Classroom Action Research (CAR). Desain penelitian yang digunakan adalah desain dengan alur Model Lewin. Prosedur penelitian meliputi tiga siklus yang setiap siklusnya terdiri dari; rencana, tindakan, observasi, dan refleksi. Adapun kriteria keberhasilan tindakan yang diperoleh minimal 70% dari rata-rata pada setiap siklusnya. Analisis data pada penelitian ini menggunakan data kualitatif, yang mengikuti konsep yang diberikan Hiles dan Huberman yang terdiri dari; pengumpulan data, reduksi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa melalui strategi problem based learning pada materi bangun ruang sisi datar pokok bahasan prisma dan limas.
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Fatade Olufemi, Alfred, dkk. (2013). “Effect of Problem-Based Learning On Senior
Secondary School Students’ Achievements in Further Mathematics”. Acta Didactica
Napocensia. Vol 6(3). 01-44.
Rusman. (2012). Seri Manajemen Sekolah Bermutu Model-Model Pembelajaran
Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT RajaGrapindo Persada
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Tasoglu, Kartal Aslihan dan Bakac, Mustafa. (2014). “The Effect of Problem Based Learnin
Approach on Conceptual Understanding in Teaching of Magnetism Topics”. Eurasian
Journal of Physics and Chemistry Education. Vol 6(2), 110-122.
Vebdola, Niniawati dan Fauziah. (2013). “Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Melalui
Strategi Problem Based Learning Pada Kelas X SMA”. Vol 42(2). 25-65.
DOI: https://doi.org/10.24853/fbc.2.1.31-43
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika
Jurnal Fibonacci Indexed By: |
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License |