PROFIL SISWA AUTIS DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI FILIAL SLBN BEKASI JAYA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat profil siswa autis kelas 11 di Filial SLBN Bekasi Jaya dalam proses pembelajaran matematika. Penelitian ini tergolong penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik observasi dan wawancara, subjek pada penelitian ini adalah siswa autis kelas 11 di Filial SLBN Bekasi Jaya yang berjumlah 1 orang siswa laki-laki (subjek M). Penelitian ini dilakukan dalam beberapa tahapan dari tahapan pra-lapangan, tahapan lapangan/tahapan penelitian, dan tahapan penulisan laporan. Data yang telah terkumpul kemudian di analisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa autis masih sangat bergantung pada guru salah satunya ialah masih membutuhkan bimbingan dari guru kelas dalam setiap mengerjakan soal latihan. Ia belum bisa mengerjakannya secara individu. Sehingga diperlukan waktu khusus bagi guru untuk membimbing siswa tersebut dalam mengerjakan soal hitung matematika.
Full Text:
PDFReferences
Ginanjar, Adriana Soekandar. (2007). “Memahami Spektrum Autistik Secara Holistik”. Sosial
Humaniora. Vol 11. No 2.
Jamaris, Martini. (2003). Perkembangan dan Pengembangan Anak Usia Taman Kanakkanak. Jakarta : Universitas Negeri Jakarta.
Kamid. (2011). “Pemerolehan Pengetahuan Matematika Bagi Siswa Autis Pada Permulaan
Bangku Sekolah”. Jurnal Edumatica. Vol 01 No 02.
Yuwono, Joko. (2012). Memahami Anak Utistik. Bandung : Alfabeta.
DOI: https://doi.org/10.24853/fbc.2.1.69-77
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika
Jurnal Fibonacci Indexed By: |
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License |