UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA TERHADAP KONSEP BANGUN RUANG MATERI LUAS DAN VOLUME BALOK DAN KUBUS MENGGUNAKAN METODE DRILL SEKOLAH SMP ISLAM AL-GHAZALI KELAS VIII

Mega Purnamasari, Jainuri Isman, Aulia Damayanti, Ismah Ismah

Abstract


Sebagai pendidik, guru memiliki tanggung jawab besar terkait dengan kegiatan pembelajaran dan hasil belajar siswa terhadap materi yang disampaikan mengingat kemampuan dasar siswa terhadap materi belajar. Matematika berbeda-beda. Oleh itu guru harus pandai memilih strategi pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan keadaan kelas. Pembelajaran drill merupakan salah satu alternatif pembelajaran yang menggabungkan antara belajar individu dan kelompok. Pada pembelajaran ini siswa terlebih dahulu diharuskan memahami materi dan mengerjakan soal yang ada secara individu, setelah itu siswa berdiskusi dengan teman satu kelompoknya untuk saling berbagi hasil pemikiran masing-masing. Keberhasilan siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran dilihat dari hasil belajar yang diperoleh berupa nilai ulangan harian yang dilaksanakan dalam tiap akhir siklus.  Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika pada materi kubus dan balok dengan penerapan metode drill. Penelitian ini diperuntukan bagi kelas VIII. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah tes dan non tes. Instrumen tes berupa tes tulis yang digunakan untuk mengukur hasil dan ketuntasan belajar, sedangkan instrumen non tes berupa lembar observasi dan wawancara, yang digunakan untuk melihat aktivitas siswa dan peneliti dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan suatu peningkatan hasil belajar siswa pada siklus I, siklus II, dan siklus III. Data tentang hasil belajar siswa pada materi kubus dan balok, pada siklus I persentase sebesar 57,7%, pada siklus II persentase meningkat menjadi 84,62%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode drill dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada  materi kubus dan balok.


Keywords


metode driil, hasil belajar, kubus dan balok

Full Text:

PDF

References


Abidin, Muhammad Zainal. 2007. “Efektivitas Penggunaan Maple Terhadap Hasil Belajar Matematika Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linear siswa kelas X Madrasah Aliyah Al-Falah Lemahabang”. Skripsi Fakultas Tarbiyah UIN Alaudin (Tidak dipublikasikan).

Abu Ahmadi. 2005. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Arikunto, Suharsimi. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Zain, Aswan. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Haryanto, dkk. 2003. Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: DEPDIKNAS FIP UNY.

Megawati. 2013. “Penggunaan Metode Drill Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas II Di MI MUHAMMADIYAH DANUREDJO MAGELANG Tahun Pelajaran 2013/2014”. Yogayakarta.

Nana Sudjana. 1995. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Py. Remajan Rosdakarya.

___________. 2008. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

___________. 2011. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Roestiyah. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta:Rineka Cipta.

Rusman. 2012. Seri Manajamen Sekolah Bermutu Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Raja Grapindo Persada.

Slamet. 1995. Belajar dan Fkotr-faktor yang memengaruhi-nya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata. 2005. Metode Penelitian. Bandung: Remaja Rosdakarya

Sumarmo, Utari. 2014. Kumpulan Makalah Berpikir dan Disposisi Matematika serta Pembelajarannya. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia Press

Sutarmiyati. 2016. “Penggunaan Metode Drill Pada Materi Ajar Penjumlahan Bilangan Pecahan. Pekalongan”. ISSN 2477-2240 Vol 1 (1).

Tim Pengembang Balitbang Depdiknas. 2003. Kurikulum 2004. Standar Kompetensi, Mata Pelajaran Matematika Sekolah Menengah Pertama dan Madrasah Tsanawiyah. Jakarta: Kurikulum-Balitbang Departemen Pendidikan Nasional.

Wara Pramesti dan Eka Mery Fatamawati Sukarno. 2010. “Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Melalui Metode Drill Pokok Bahasan Pertidaksamaan Pada Siswa Kelas x-3 SMA Kartika IV-3 Surabaya Tahun Pelajaran 2009/2010”. ISSN: 978-979-3870-72-4.




DOI: https://doi.org/10.24853/fbc.3.1.45-52

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika

Jurnal Fibonacci Indexed By:

  gs cro   one            

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Powered by Puskom-UMJ