PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ADOBE ANIMATE PADA MATERI SEGITIGA DAN SEGIEMPAT SEKOLAH MENENGAH PERTAMA PASCA PANDEMI

Nurul Aulia Rahmatullah, Hastri Rosiyanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran matematika menggunakan aplikasi Adobe Animate pada materi segitiga dan segiempat SMP pasca pandemi. Penelitian ini dilakukan di SMP Islam Al ‘Ashar, dengan subjek penelitian berjumlah 15 peserta didik kelas VII. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model PPE (Planning, Production, Evaluation). Penelitian ini menggunakan instrumen ahli materi, ahli media, ahli bahasa, respon pendidik, dan respon peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini memanfaatkan angket skala likert 5 tingkat. Hasil penelitian dinyatakan valid berdasarkan hasil dari validasi para ahli serta dinyatakan praktis berdasarkan hasil dari respon pendidik dan peserta didik. Berdasarkan hasil penilaian oleh ahli media memperoleh skor rata-rata 98,88%, hasil dari penilaian ahli materi diperoleh skor rata-rata 92,72%, dan hasil dari penilaian ahli bahasa diperoleh skor rata-rata 85,45%. Sedangkan berdasarkan nilai uji kepraktisan hasil dari respon pendidik diperoleh skor rata-rata sebesar 97,17%, dan hasil dari respon para peserta didik diperoleh skor rata-rata sebesar 70,25% sehingga dinyatakan praktis. Kesimpulannya media pembelajaran berbasis Adobe Animate dinyatakan valid dan praktis untuk diterapkan pada pembelajaran matematika pasca pandemi.

Keywords


Media pmbelajaran matematika; adobe animate; segi tiga dan segi empat

Full Text:

PDF

References


Arfianti, R., Susatyo, E. B., Prasetya, A. T., Nurhayati, S. (2023). Desain Media Pembelajaran Fun Colloid berbasis Android untuk Meningkatkan Hasil dan Minat Belajar Peserta Didik pada Materi Sistem Koloid. Journal Unnes, 12(1), 76-83.

Alifah, H. N., Virgianti, U., Sarin, M. I. Z., Hasan, D. A., Fakhriyah, F., & Ismaya, E. A. (2023). Systematic Literature Review: Pengaruh Media Pembelajaran Digital pada Pembelajaran Tematik Terhadap Hasil Belajar Siswa SD. Jurnal Ilmiah Dan Karya Mahasiswa, 1(3), 103-115.

Elisyah, N., Zahra, A., & Astuti, W. (2023). Pembelajaran Segitiga dan Segiempat Berbasis Pendidikan Matematika Ralistik Indonesia (PMRI) dengan Konteks Kertas Origami. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 1039-1049.

Indarta, Y., Jalinus, N., Waskito, W., Samala, A. D., Riyanda, A. R., & Adi, N. H. (2022). Relevansi kurikulum merdeka belajar dengan model pembelajaran abad 21 dalam perkembangan era society 5.0. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 3011-3024.

Irsan, M. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Adobe Flash Professional CS 6 Pada Materi Segitiga dan Segiempat. Indonesian Journal of Teaching and Learning (INTEL), 2(1), 123-136.

Negara, H. R. P., Syaharuddin, S., Kurniawati, K. R. A., Mandailina, V., & Santosa, F. H. (2019). Meningkatkan minat belajar siswa melalui pemanfaatan media belajar berbasis android menggunakan mit app inventor. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 2(2), 42-45.

Patimah, E., & Sumartini, S. (2022). Kemandirian Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Daring: Literature Review. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 993-1005.

Putri, N. S., Mufit, F., Putra, A., & Hidayati, H. (2023). Design and validity of interactive multimedia based on cognitive conflict in kinetic gas theory materials using adobe animate cc. Gravity: Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika, 9(1).

Saputro, Ardy. (2021). Panduan Praktis Membuat Mini Games Menggunakan Adobe Animate CC. Yogyakarta : Andi Publisher.

Septian, D., Fatman, Y., Nur, S., Islam, U., & Bandung, N. (2021). Implementasi Mdlc (Multimedia Development Life Cycle) Dalam Pembuatan Multimedia Pembelajaran Kitab Safinah Sunda. Jurnal Computech & Bisnis, 15(1), 15-23.

Setiawan, H., Zulkarnain, M. R., & Afriani, D. (2023). Pengembangan Media Belajar Mandiri Matematika Materi Segi tiga dan Segi empat Berbasis Android. Jurnal Pendidikan Sultan Agung, 3(1), 42-52.

Winangsih, E., & Harahap, R. D. (2023). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran pada Muatan IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(1), 452-461.




DOI: https://doi.org/10.24853/fbc.9.2.243-251

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika

Jurnal Fibonacci Indexed By:

  gs cro   one            

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Powered by Puskom-UMJ