PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEBSITE DENGAN PENDEKATAN RME PADA MATERI TRIGONOMETRI

Yuri Alif Ramadhan, Dindin Sobiruddin, Gelar Dwirahayu

Abstract


Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis website dengan pendekatan RME pada materi trigonometri SMA, metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development dengan model ADDIE. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa uji validasi oleh ahli media dinilai valid, lalu uji validasi oleh ahli materi dinilai sangat valid, dan respon kelompok kecil dinilai baik, pada hasil uji kelayakan untuk indikator kualitas isi dan tujuan sebesar 88% dengan kategori sangat layak, kualitas intruksional sebesar 90% dengan kategori sangat layak, dan kualitas teknis sebesar 90% dengan kategori sangat layak. Lalu pada hasil respon kelompok besar kualitas isi dan tujuan mendapatkan hasil 77,66% dengan kategori baik, kualitas intruksional 74,75% dengan kategori baik, dan kualitas teknis 81,67% dengan kategori sangat baik. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran matematika.


Keywords


Media Pembelajaran, Website, RME, Trigonometri

Full Text:

PDF

References


Anamisa, D., & Mufarroha, F. (2020). Dasar Pemrograman Web. In Dasar Pemrograman Web-HTML, CSS dan JavaScript.

Anggoro, I. F., & Yunianta, T. N. H. (2019). Pengembangan media pembelajaran berbasis website materi trigonometri siswa SMA kelas XI. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2018), 253–260. https://doi.org/10.33654/math.v4i0.276

Ardana, N. M. S. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMK Melalui Pembelajaran RME Pada Materi Trigonometri. JTAM | Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika, 2(2), 166. https://doi.org/10.31764/jtam.v2i2.724

Beard, L., & Aghassibakes, N. (2021). Resource review. Journal of the Medical Library Association, 109(1), 159–161. https://doi.org/10.5195/jmla.2021.1135

Cholid, C., Ahmadi, A., & Oktaviani, D. N. (2022). Analisis Pemahaman Konsep Matematis Pada Siswa Kelas X Pada Materi Perbandingan Trigonometri Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 7(1), 89. https://doi.org/10.25157/teorema.v7i1.5720

Fajri, N., & Nida, I. (2019). Analisis Kesulitan Siswa Kelas X Sma Negeri 6. 3(2), 12–22.

Hamid, M. A., Ramadhani, R., Juliana, M., Safitri, M., Jamaludin, M. M., & Simarmata, J. (2020). Media Pembelajaran (T. Limbong (ed.)). Yayasan Kita Menulis.

Hapsari, D. I. S., & Fahmi, S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Pada Operasi Pada Matriks. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 7(1), 51. https://doi.org/10.24853/fbc.7.1.51-60

Hasni, N., Syarifuddin, H., Asmar, A., & Yerizon. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Realistic Mathematics Education (RME) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas X SMA. Jumlahku: Jurnal Matematika Ilmiah, 7(1), 28–43. http://jurnal.upmk.ac.id/index.php/jumlahku/article/view/1272/693

Heuvel-panhuizen, M. Van Den, Drijvers, P., Education, M., Sciences, B., & Goffree, F. (2014). Encyclopedia of Mathematics Education. Encyclopedia of Mathematics Education. https://doi.org/10.1007/978-94-007-4978-8

Kharisma, L. P. I., & Yana, Y. H. (2021). Media Pembelajaran Matematika dengan Materi Bangun Datar dan Bangun Ruang Berbasis Web. JTIM : Jurnal Teknologi Informasi Dan Multimedia, 3(1), 39–45. https://doi.org/10.35746/jtim.v3i1.128

Mambetniyazov, M. (2021). Wordpress Opportunities in Creating Educational Sites. 1, 204–205. https://doi.org/10.36074/logos-28.05.2021.v1.62

Meika, I., Solikhah, E. F. F., Yunitasari, I., & Sujana, A. (2023). Efektivitas LKPD Berbasis RME terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Ditinjau dari Ketuntasan Belajar. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 7(2), 211–221. https://doi.org/10.35706/sjme.v7i2.9314

Novianti, H., Nurhayadi, N., & Murdiana, I. N. (2019). Efektivitas Pembelajaran Realistic Mathematics Education (Rme) Terhadap Hasil Belajar Matematika (Studi Eksperimen Pada Perbandingan Trigonometri Sudut Istimewa Di Kelas X Mia 1 Sma Negeri 3 Palu. Aksioma, 8(1), 55–62. https://doi.org/10.22487/aksioma.v8i1.203

Nurhayati, N. (2017). Pengembangan Perangkat Bahan Ajar Pada Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Mahasiswa. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 3(2), 121. https://doi.org/10.24853/fbc.3.2.121-136

Priando Purba, B. E., Riris, I. D., & Muchtar, Z. (2021). Development of Website-Based Learning Media Integrated Inquiri Learning Strategies in Learning Thermochemical Matter Chemistry. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal, 4(1), 454–461. https://doi.org/10.33258/birle.v4i1.1658

Ramliyana, R., & Ramdhan, V. (2020). Pemanfaatan H5P Dalam Pembuatan Tes Bahasa. Semnas Ristek, 323–329.

Rijal, A. S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Untuk Meningkatkan Kreativitas Guru. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Budaya, 6(1), 81. https://doi.org/10.32884/ideas.v6i1.238

Sa’adah, R. N., & Wahyu. (2020). METODE PENELITIAN R&D (Research and Development) Kajian Teoritis dan Aplikatif (A. R. Abdullah (ed.)). Literasi Nusantara.

Santoso, A. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Web pada Materi Fungsi Komposisi dan Fungsi Invers Siswa SMA Kelas XI. Jurnal Penelitian, Pendidikan, Dan Pembelajaran, 15(19), 58–66. http://www.riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/6027

Siregar, A. G., & Sembiring, F. (2022). Interactive Learning Content Using H5P in Pronunciation Course. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 5(2), 1219–1225. https://doi.org/10.34007/jehss.v5i2.1474

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Sutopo (ed.)).

Suryandaru, N. A., & Setyaningtyas, E. W. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Website Pada Muatan Pembelajaran Matematika Kelas IV. Jurnal Basicedu, 5(6), 6040–6048. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1803

Tasya, E. L., Hafiz, M., & Musyrifah, E. (2023). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Trigonometri Ditinjau Dari Kecemasan Matematisnya. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 9(2), 207. https://doi.org/10.24853/fbc.9.2.207-218

Trung, N. T., Thao, T. P., & Trung, T. (2019). Realistic mathematics education (RME) and didactical situations in mathematics (DSM) in the context of education reform in Vietnam. Journal of Physics: Conference Series, 1340(1), 5. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1340/1/012032

Van den Heuvel-Panhuizen, M., & Drijvers, P. (2020). Realistic Mathematics Education. In Stephen Lerman (Ed.), Encyclopedia of Mathematics Education (Vol. 4, Issue 3, pp. 713–717). Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-030-15789-0_170

Zolkower, B., Bressan, A. M., Pérez, S., & Gallego, M. F. (2020). International Reflections on the Netherlands Didactics of Mathematics (M. van den Heuvel-Panhuizen (ed.)). Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-030-20223-1

Zulkardi, Z., Putri, R. I. I., & Wijaya, A. (2020). Two Decades of Realistic Mathematics Education in Indonesia. 325–340. https://doi.org/10.1007/978-3-030-20223-1_18




DOI: https://doi.org/10.24853/fbc.10.1.39-50

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika

Jurnal Fibonacci Indexed By:

  gs cro   one            

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Powered by Puskom-UMJ