MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MELALUI MEDIA TANGRAM

Wirda Rahmani, Nurbaiti Widyasari

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, sehingga penulis melakukan penelitian dengan menggunakan media tangram dalam proses pembelajaran. Adapun tujuan penelitian ini adalah mengkaji peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di kelas yang mendapat pembelajaran dengan penggunaan media tangram lebih baik daripada siswa di kelas yang mendapatkan pembelajaran biasa. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental dengan bentuk desain Nonequivalent Control Group Design, dimana subyek penelitian tidak dikelompokkan secara acak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan yang signifikan penggunaan media tangram terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di kelas V SDN Pamulang 01 Tangerang Selatan. Hal ini terbukti dari perhitungan menunjukkan hasil uji ANOVA dua jalur nilai signifikansi sebesar 0,000 kurang dari taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian ini semoga bermanfaat kepada pihak-pihak yang terkait.


Keywords


Pemecahan Masalah Matematis, Media Tangram, siswa SD

Full Text:

PDF

References


Iswadi, H. 2017. Sekelumit Dari Hasil PISA 2015 Yang Baru Dirilis. [Online] Tersedia: http://www.ubaya.ac.id/2014/content/articles_detail/230/Overview-of-the-PISA-2015-results-that-have-just-been-Released.html. [07 September 2017]

Husna., Ikhsan, M., dan Fatimah, Siti. 2013. “Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share”. Jurnal Peluang. Vol 1 (2) pp: 81-92.

Khairani, M. 2017. Psikologi Belajar. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Mudlofir, A. 2016. Desain Pembelajaran Inovatif. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Mulyadi, S. dkk. 2016. Psikologi Pendidikan: dengan Pendekatan Teori-teori Baru dalam Psikologi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Nirmalitasari, O. S. 2012. “Profil Kemampuan Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Berbentuk Open-Start Pada Materi Bangun Datar”. Jurnal MATHEdunesa. Vol 1 (1).

Rima, E. 2016. Ragam Media Pembelajaran. Jakarta: Kata Pena.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sumarmo, U. 2012. Bahan Belajar Matakuliah Proses Berpikir Matematik Program S2 Pendidikan Matematika. Bandung: STKIP Siliwangi.

Widyasari, N., Dahlan, J. A., dan Dewanto, S. 2016. “Meningkatkan Kemampuan Disposisi Matematis Siswa SMP Melalui Pendekatan Metaphorical Thinking”. Jurnal Fibonacci: Pendidikan Matematika dan Matematika. Volume 2 (2) pp: 28-39.




DOI: https://doi.org/10.24853/fbc.4.1.17-24

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika

Jurnal Fibonacci Indexed By:

  gs cro   one            

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Powered by Puskom-UMJ