PROFIL SISWA SMA DALAM MEMECAHKAN MASALAH STATISTIKA BERDASARKAN TINGKAT KEMAMPUAN MATEMATIKA
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan profil siswa SMA yang berkemampuan matematika tinggi, sedang dan rendah dalam memecahkan masalah statistika. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMA kelas X Tarbiyatus Shibyan Sidorejo Gresik. Penelitian ini merupakan penelitian diskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun tahapan penelitian yang digunakan peneliti terdiri dari tiga tahap, yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap analisis. Adapun teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dengan pemberian Tugas Pemecahan Masalah Statistika (TPMS) dan wawancara. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa terdapat kesamaan dalam memahami masalah setiap subjek yaitu, mengakses informasi dengan membaca lebih satu kali kemudian mengidentifikasi informasi yang diketahui dan ditanyakan secara lisan. Untuk subjek kemampuan matematika tinggi dan sedang memutuskan rencana penyelesaian dengan mengcari informasi yang belum diketahui dalam soal namun informasi itu penting untuk menyelesaikan masalah, saat melaksanakan masalah kedua subjek tersebut sesuai dengan rencana yang telah diungkapkan sebelumnya dan menjelaskan setiap langkah yang dilakukan. Sementara subjek kemampuan matematika rendah saat memutuskan rencana yang akan diterapkan hanya menggunakan satu rencana dalam hal ini rencananya kurang lengkap. Saat melaksanakan rencana subjek kemampuan matematika rendah tidak terikat dengan apa yang telah direncanakan pada tahap menyusun rencana.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Dahar, R.W. 2006. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Depdiknas. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas
Hudojo, Herman. 2001. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang. Jurusan Pendidikan FMIPA Universitas Negeri Malang
Moleong, J. 2010. Metodologi Penilitian Kualitatif. Edisi revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Polya, G. 1973. How to Solve It. Second Edition. Princeton University Press. Princeton, New Jersey.
Santrock, John W. 2003. Adolescence Perkembangan Remaja. Alih Bahasa: Shinto B. Adelar: Sherly Saragih. Jakarta: Erlangga.
Siswono, Tatag Y.E. 2008. Model Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajaran dan Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Surabaya:
Siswono, Tatag Y.E. 2008. Model Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajaran dan Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Surabaya: Unesa Press.
Sugiyono, 2010. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta
Sulaeman, Erwin. 2016. “Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Melalui Strategi Problem Based Learning pada Kelas VII-C SMP Muhammadiyah 29 Sawangan Depok”. Fibonacci:Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika Vol 2 Nomer 1
Suryanto, A. (2005). Penelusuran Tahap Berpikir Geometris Van Hiele Siswa Kelas III SMP Negeri 21 Surabaya yang Mengikuti Bimbingan Belajar Primagama pada Pokok Bahasan Segiempat. Surabaya: Tesis program Studi pendidikan Matematika PPS
Zulkarnain, Rafiq (2010). Kesulitan siswa dalam mempelajari matematika pada materi statistika dan peluang. http://www.slideshare.net/LamRoNna/kesulitan-belajar-matematika-untuk-siswa
DOI: https://doi.org/10.24853/fbc.4.1.71-86
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika
Jurnal Fibonacci Indexed By: |
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License |