PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN OSCAR UNTUK MELATIH PENALARAN SISWA SEKOLAH DASAR DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA

Iis Holisin, Chusnal Ainy, Wiwi Wikanta

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan model pembelajaran OSCAR yang valid, praktis, dan efektif untuk melatih penalaran siswa dalam menyelesaikan masalah matematika. Metode yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model  dari Plomp yang terdiri dari 5 fase, yaitu (1) investigasi awal, (2) desain, (3)realisasi,(4) tes, evaluasi, dan revisi, serta (5) implementasi. Subyek penelitiannya adalah guru matematika dan siswa-siswi kelas V SD tahun ajaran 2017/2018. Penelitian dilaksanakan pada bulan September 2017 sampai April 2018 di SD Muhammadiyah 5, SD Islam Maryam, SD Islam Saroja, dan SD Negeri Sidotopo Wetan I. Semua sekolah berlokasi di Kota Surabaya. Instrumen yang digunakan adalah angket, lembar observasi dan masalah matematika. Selain mengembangkan model pembelajaran, perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah RPP, LKS, dan bahan ajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran OSCAR yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Hal ini ditunjukkan oleh perolehan nilai rata-rata validitas sebesar 3,32 yang menunjukkan kriteria valid. Aspek kepraktisan ditunjukkan oleh pernyataan para validator bahwa model pembelajaran OSCAR dapat dilaksanakan di lapangan. Aspek efektif ditunjukkan oleh nilai rata-rata keterlaksanaan proses pembelajaran sebesar 3,56 termasuk kategori sangat baik; respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran OSCAR 68% menyatakan senang, 78% menganggap baru, seluruh siswa senang terhadap cara guru mengajar; rata-rata kemampuan penalaran siswa mengalami peningkatan, hal ini ditunjukkan oleh besarnya rata-rata nilai N-gain antara 0,35-0,43 dan termasuk kategori sedang.

Keywords


model pembelajaran OSCAR; penalaran; masalah matematika

Full Text:

PDF

References


Aqib, Z. 2013. Model-model,Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung:YRAMA WIDYA.

Holisin, I, Budayasa, I.K., Suwarsono, St., 2017. “Comparison of Male and Female Primary School Student Reasoning Profiles in Solving Fractional Problems”. IJESE: International Journal of Environmental & Science Education. Vol. 12 (6), pp: 1553-1565

Lidinillah, D.A.M. 2008. Strategi Pembelajaran Pemecahan Masalah di Sekolah Dasar. [Online] Tersedia: http://file.upi.edu/Direktori/JURNAL/PENDIDIKAN_DASAR/Nomor_10-Oktober_2008/Strategi_Pembelajaran_Pemecahan_Masalah_di_Sekolah_Dasar.pdf. (15 April 2017).

Pape, S. J. 2004. “Middle School Children’s Problem-solvingBehavior: a Cognitive Analysis from a Reading Comprehension Perspective”. Journal for Research in Mathematics Education. Vol. 35 (3), pp: 187-219.

Plomp, Tj. 1997. Educational Design: Introduction. From Tjeerd Plomp (eds). Educational & Training System Design: Introduction Design of Education and Training (in Duth). Utrecht (the Netherlands):Lemma. Netherland. Faculty of Educational Science and Technology. University of Twente.

Polya. 1973. How to Solve it. Princetown NJ: Princetown University Press.

Rosiyanti, H. dan Widyasari, N. 2017. “Pengembangan Buku Ajar Bar Modelling Berbasis Pemecahan Masalah pada Tema Berhemat Energi”. Fibonacci: Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 3 (2), pp: 111-120.

Shadiq, F. 2004. Pemecahan Masalah, Penalaran, dan Komunikasi. Yogyakarta: Depdiknas, Dirjendikdasmen PPPG Matematika.

Subanji. 2013. Pembelajaran Matematika Kreatif dan Inovatif. Malang:Penerbit Universitas Negeri Malang.

Usman. 2014. “Aktivitas Metakognisi Mahasiswa Calon Guru Matematika dalam Pemecahan Masalah Terbuka”. Jurnal Didaktik Matematika. Vol. 1 (2), pp: 21-29.

Wiyono. 2013. “Pembelajaran Matematika Model Concept Attainment Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Materi Segitiga”. Journal of Educational Research and Evaluation. Vol. 2 (1), pp: 50-54.




DOI: https://doi.org/10.24853/fbc.5.1.1-10

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika

Jurnal Fibonacci Indexed By:

  gs cro   one            

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Powered by Puskom-UMJ