KONTRIBUSI KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS TERHADAP KECERDASAN LOGIS MATEMATIKA DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS E- LEARNING
Abstract
Kecerdasan logis matematika sangat penting untuk diperhatikan sehingga dapat meningkatkan pembelajaran mahasiswa, akan tetapi dalam indikator kecerdasan logis matematika menurut beberapa pendapat masih terdapat kekurangan karena dalam pembelajaran dimulai dengan proses klasifikasi. Salah satu indikator yang dapat melengkapi kecerdasan logis matematika yaitu identifikasi yang merupakan indikator keterampilan berpikir kritis. Tujuan penelitian ini adalah analsiis keterampilan berpikir kritis matematis mahasiswa dalam pembelajaran matematika berbantuan e-learning, analysis kecerdasan logis matematika mahasiswa dalam pembelajaran matematika berbantuan e-learning, dan analisis tentang kontribusi keterampilan berpikir kritis matematis terhadap kecerdasan logis mahasiswa dalam pembelajaran matematika berbantuan e-learning. Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Keterampilan berpikir kritis mahasiswa dalam pembelajaran e-learning, proses menjawab soal memperoleh persentase 100, , identifikasi memperoleh persentase 85.71 dan yang berikutnya yaitu proses analisis dalam menjawab soal memperoleh persentase 71.25. Kecerdasan logis matematika mahasiswa indikator menghitung dengan 48.57%, indikator hipotesis dengan 31.43%, akan tetapi untuk indikator klasifikasi dengan nilai 17.14% dan generalisisasi dengan nilai 14.29%. Untuk kontribusi keterampilan berpikir kritis terhadap kecerdasan logis matematika terdapat pada indikator identifikasi yang memberikan pengaruh serta berkontribusi baik terhadap kecerdasan logis matematika dalam pembelajaran berbantuan e-learning.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aini, A. N., . S., & . S. 2017. “Student’s Mathematics Creative Thinking Skills in Terms of Logical Mathematical Intelligence”. International Journal of Scientific Research and Management. Vol. 05(09), pp: 6930–6934.
Ainur.R, Rochmad. 2021. “Critical Thinking Skills Reviewed From Logical Mathematical Musical Intelligence on Process Oriented Guided Inquiry Learning”. Unnes Journal of Mathematics Education Research. pp: 175-183.
Armstrong, 2009. Multiple Intelligences in the Classroom (3rd ed.). Alexandria, VA: Association for Supervision & Curriculum Development.
Arum, D. P., T. A. Kusmayadi,Arum, D. P., T. A. Kusmayadi, and I. Pramudya. 2018. “Students’ Logical-Mathematical Intelligence Profile.” Journal of Physics: Conference Series. Vol. 1008(1).
Betul Arisoy, Birsel Aybek. 2021. “The effects of subject-based critical thinking education in mathematics on students’ critical thinking skills and virtues”. Eurasian Journal of Educational Research.
Destia Wahyu Hidayati, Lenny Kurniati 2018. “The Influence of Self Regulated Learning to Mathematics Critical Thinking Ability on 3D-Shapes Geometry Learning using Geogebra”. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika).
Dina Octaria. 2017. “Kemampuan Berpikir Logis Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas PGRI Palembang pada Mata Kuliah Geometri Analitik”. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA.
Ety Septiati, 2018. “Kemampuan Berpikir Logis Mahasiswa Pendidikan Matematika pada Mata Kuliah Analisis Real”. Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan.
Herawati, A., I. M. Astra, and Y. Supriyati. 2021. “The Effect of Inquiry Learning Model and Logical Mathematical Intelligence on the Learning Outcomes of High School Students.” Journal of Physics: Conference Series. Vol. 1816(1), pp: 26–32.
I Wayan Widana. 2018. “Higher Order Thinking Skills Assessment towards Critical Thinking on Mathematics Lesson”. International Journal of Social Sciences and Humanities (IJSSH).
Prastika, V. Y. A., Riyadi, & Mahasiswanto. 2021. “Analysis of mathematical creative thinking level based on logical mathematical intelligence”. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science. Vol. 1796(1).
Supatmo Supatmo, et.al. 2019. “Developing Learning Multimedia to Improve Critical Thinking in Mathematics at Class V of Elementary School”. KnE Social Sciences.
Sevda Dolapcioglu, Ahmet Doğanay. 2020. “Development of critical thinking in mathematics classes via authentic learning: an action research”. International Journal of Mathematical Education in Science and Technology.
Utari Sumarmo, Wahyu Hidayat. 2019. “Kemampuan dan Disposisi Berpikir Logis, Kritis, dan Kreatif Matematik (Eksperimen terhadap Siswa SMA Menggunakan Pembelajaran Berbasis Masalah dan Strategi Think-Talk-Write)”. Jurnal Pengajaran Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.
Yayu Risah,dkk. 2021. “Pencapaian kemampuan berpikir kritis matematis siswa pada materi trigonometri”. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif).
DOI: https://doi.org/10.24853/fbc.8.2.171-178
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika
Jurnal Fibonacci Indexed By: |
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License |