POLA ARGUMENTASI SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL (SPLTV)

K. Ayu Dwi Indrawati, Baiq Rika Ayu Febrilia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pola argumentasi siswa pada tingkat kemampuan yang berbeda yaitu tinggi, sedang dan rendah. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif deskriptif dengan melibatkan 3 siswa X Jurusan Tata Boga 1 yang terdiri dari 2 perempuan dan 1 laki-laki. Pada penelitian ini pengumpulan data menggunakan 2 soal tes (soal benar salah dan soal cerita) dan dibantu dengan wawancara untuk memastikan jawaban siswa. Alat analisis yang digunakan untuk menganalisis pola argumentasi siswa adalah gabungan antara pola argumentasi Toulmin dan pola argumentasi Mc. Neill & Krajcik. Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa dengan tingkat kemampuan tinggi memilik pola argumentasi claim, evidence, reasoning dan rebuttal untuk soal 1, sedangkan pada soal 2 siswa memiliki pola data, claim, evidence dan reasoning. Pada siswa dengan tingkat kemampuan sedang, siswa memiliki pola argumentasi claim, evidence dan reasoning untuk soal 1, sedangkan pada soal 2 siswa memiliki argumentasi data, claim, evidence dan reasoning. Pada siswa dengan tingkat kemampuan rendah, siswa memiliki pola argumentasi claim, evidence, reasoning untuk soal 1, sedangkan untuk soal 2 siswa memiliki pola argumentasi data, claim, evidence dan reasoning.


Keywords


Pola argumentasi, Penyelesaian soal, SPLTV.

Full Text:

PDF

References


Aberdein, A. 2013. The argument of mathematics. I. J. Dove (Ed.). Dordrecht: Springer.

Anisah, A., Zulkardi, Z., & Darmawijoyo, D. 2013. “Pengembangan Soal Matematika Model PISA Pada Konten Quantity Untuk Mengukur Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama”. Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 5(1).

Easdown, D. 2012. “The Importance Of True-False Statements In Mathematics Teaching And Learning”. Makalah Dalam: The Australian Conference on Science and Mathematics Education (formerly UniServe Science Conference, October 2013.

Erduran, S., Simon, S., & Osborne, J. 2004. “TAPping into argumentation: Developments in the application of Toulmin's argument pattern for studying science discourse”. Science Education. Vol 88(6), pp: 915-933.

Fadillah, A. 2015. Pengaruh model pembelajaran dan kemampuan komunikasi matematika terhadap hasil belajar matematika siswa. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika. Vol 1(2), pp: 1-12.

Febrilia, B. R. A., & Winarti, D. W. 2018. “Deepening students understanding of triangle topic through ‘application’component of ELPSA (Experience, Language, Pictorial, Symbol and Application) framework”. In Journal of Physics: Conference Series. Vol. 1088(1), pp: 012085.

Fuadi, R., Johar, R., & Munzir, S. 2016. “Peningkatkan Kemampuan Pemahaman Dan Penalaran Matematis Melalui Pendekatan Kontekstual”. Jurnal Didaktik Matematika. Vol. 3(1), pp: 47-54.

Handayani, P. 2015. “Analisis Argumentasi Peserta Didik Kelas X Sma Muhammadiyah 1 Palembang Dengan Menggunakan Model Argumentasi Toulmin”. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika. Vol. 2(1), pp: 60-68.

Hartatiana, H. 2014. “Pengembangan Soal Pemecahan Masalah Berbasis Argumen Untuk Siswa Kelas V Di SD Negeri 79 Palembang”. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 8(2), pp: 76-85.

Herman, T. 2007. “Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP”. Cakrawala Pendidikan. Vol. 1(1), pp: 41-62.

Herutomo, R. A., & Saputro, T. E. M. 2014. “Analisis Kesalahan Dan Miskonsepsi Siswa Kelas VIII Pada Materi Aljabar”. Edusentris, Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran. Vol. 1(2), pp: 173-183.

Inglis, M., Mejia-Ramos, J. P., & Simpson, A. 2007. “Modelling mathematical argumentation: The importance of qualification”. Educational Studies in Mathematics. Vol. 66(1), pp: 3-21.

Juliangkary, E., & Febrilia, B. R. A. 2018. “Profil guru ditinjau dari permasalahan matematika yang dikembangkan: termasuk rich tasks atau bukan?”. JISIP: Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan. Vol. 2(3).

Kurnia, R. N. 2011. Analisis kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VII C SMP Negeri 1 Rogojampi tahun pelajaran 2014/2015. [Online] Tersedia: http://repository.unej.ac.id/bitstream/handle/123456789/64048/RIZKA%20NURUL%20KURNIA.pdf?sequence=1&isAllowed=y [16 Desember 2019].

Laamena, C. M., Nusantara, T., Irawan, E. B., & Muksar, M. 2018. “Analysis of the Students’ Argumentation based on the level of Ability: Study on the Process of Mathematical Proof”. In Journal of Physics: Conference Series. Vol. 1028(1).

Nisa, H. M., Sa’dijah, C., & Qohar, A. 2016. “Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMK Bergaya Kognitif Field Dependent”. Makalah Dalam: Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, November 2016.

OECD. 2015. PISA 2015 draft mathematics framework. New York: Columbia University.

Pritasari, A. C., & Dwiastuti, S. 2016. “Improvement Of Argumentation Skill Through Implementation Of Problem Based Learning In X MIA 1 SMA Batik 2 Surakarta In The Academic Year 2014/2015”. Pendidikan Biologi. Vol 8(1).

Pugalee, D. K. 2001. “Writing, Mathematics, And Metacognition: Looking For Connections Through Students' Work In Mathematical Problem Solving”. School science and mathematics. Vol 101(5), pp: 236-245.

Sari, E. F. P. 2015. “Pengembangan Soal Matematika Model PISA Untuk Mengetahui Argumentasi Siswa Di Sekolah Menengah Pertama”. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 9(2), pp: 124-147.

Soekisno, R. B. A. 2015. “Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Argumentasi Matematis Mahasiswa”. Infinity Journal. Vol. 4(2), pp: 120-139.

Stein, N. L., & Bernas, R. 1999. “The Early Emergence Of Argumentative Knowledge And Skill”. Foundations of argumentative text processing. Vol. 5, pp: 97-116.

Susilowati, J. P. A. 2016. “Profil Penalaran Siswa SMP Dalam Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Perbedaan Gender”. JRPM (Jurnal Review Pembelajaran Matematika). Vol. 1(2), pp: 132-148.

Vendiagrys, L., & Junaedi, I. 2015. “Analisis kemampuan pemecahan masalah matematika soal setipe TIMSS berdasarkan gaya kognitif siswa pada pembelajaran model problem based learning”. Unnes Journal of Mathematics Education Research. Vol. 4(1).

Wulandari, W., Darmawijoyo, D., & Hartono, Y. 2016. “Pengaruh pendekatan pemodelan matematika terhadap kemampuan argumentasi siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Palembang”. Jurnal Pendidikan Matematika Sriwijaya. Vol. 10(1), pp: 114-126.




DOI: https://doi.org/10.24853/fbc.5.2.141-154

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika

Jurnal Fibonacci Indexed By:

  gs cro   one            

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Powered by Puskom-UMJ