SEMIGRUP SMARANDACHE (L_D (V,W),Θ)

Miftah Sigit Rahmawati

Abstract


Semigrup merupakan struktur aljabar yang merupakan perumuman dari grup. Suatu semigrup yang memuat suatu subset sejati sedemikian hingga subset tersebut merupakan grup terhadap operasi biner yang sama pada semigrup disebut semigrup Smarandache. Himpunan semua transformasi linear dari suatu ruang vektor V ke ruang vektor V, yaitu LD(V) terhadap operasi komposisi transformasi linear membentuk suatu semigrup. Apabila diberikan himpunan transformasi linear dari suatu ruang vektor V  ke ruang vektor W, yaitu LD(V,W) maka LD(V,W) bukan merupakan semigrup terhadap operasi komposisi transformasi linear. Himpunan transformasi linear LD(V,W) dapat menjadi suatu semigrup terhadap operasi komposisi transformasi linear dengan membantuk semigrup transformasi linear yang diperumum. Dalam tulisan ini akan dibahas mengenai regularitas dan unit-regularitas dari suatu semigrup transformasi linear yang diperumum tersebut. Selanjutnya, juga dibahas mengenai karakterisasi dan beberapa sifat dari semigrup Smarandache dan hubungannya dengan semigrup transformasi linear yang diperumum. Hubungan tersebut meliputi syarat perlu dan syarat cukup agar suatu semigrup transformasi linear menjadi semigrup Smarandache.


Keywords


Semigrup, Semigrup Smarandache, Transformasi Linear

Full Text:

PDF

References


Enhlich, G. 1968. Unit-Reguler Rings, Portugal, Math.27. pp: 209-212.

Hungerford, T.W. 1974. Algebra. Springer-Verlag: New York.

Kandasamy, W. B. V., 2002. Smarandache Semigroups. American Research Press, Rehoboth: USA.

Kemprasit. 2002. Regularity and Unit-regularity of Generalized Semigroups of Linear Transformations. J. Southeast Asian.Math.25, pp: 617-622.

Ljapin, E. S., 1974. Semigroups, Translations of Mathematical Monographs, Vol. 3. American Mathematical Society, Providance, Rhode Island.

Rao, C. S., On Smarandache Semigroups, Department of Mathematics, DNR College, Bhimavaram, India.

Sullivan, R.P., 1975. Generalized Partial Transformation Semigroups, J.Austral.Math.Soc.19, pp: 470-473.




DOI: https://doi.org/10.24853/fbc.6.1.27-38

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika

Jurnal Fibonacci Indexed By:

  gs cro   one            

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Powered by Puskom-UMJ