ANALISIS FAKTOR PENYEBAB PESERTA DIDIK DENGAN IQ TINGGI MEMPEROLEH HASIL BELAJAR MATEMATIKA RENDAH

Rahmita Nurul Muthmainnah, Mega Purnamasari

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus di SMP Al Ghazali Gunung Sindur yang bertujuan untuk mendeskripsikan faktor-faktor penyebab peserta didik dengan IQ tinggi memperoleh hasil belajar matematika rendah (underachiever). Metode penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini berjumlah adalah siswa kelas VIII-3 dengan skor IQ superior (di atas 120) dan hasil belajar matematika dibawah KKM. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dan wawancara siswa. Hasil penelitian menunjukan terdapat 3 subjek (A, B, dan C) dengan IQ superior dengan haril belajar di bawah KKM. Penyebab utama ketiga subjek menjadi siswa underachiever karena faktor kepribadian individu. Subjek A merasa masa bodoh dengan pelajaran matematika, tidak teliti, serta tidak mengecek kembali jawaban matematika yang telah dikerjakan sehingga hal tersebut menyebabkan kesalahan dalam menjawab soal. Subjek B tidak mempunyai rasa percaya diri dan ragu dalam menjawab pertanyaan. Sedangkan subjek C tidak mempunyai rasa percaya diri dan cenderung pesimis dalam pelajaran matematika, sering menyalin jawaban teman serta tidak serius dalam menjawab pertanyaan.

Keywords


IQ tinggi hasil belajar rendah, underachiever, Matematika

Full Text:

PDF

References


Djamarah, S.B. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Kosasih, N dan Dede, S. 2013. Pembelajaran Quantum dan Optimalisasi Kecerdasan. Bandung: Alfabeta.

Rachmawati, R. 2013. “Bimbingan dan Konseling Untuk Anak Underachiever”. Prakdikma Jurnal Psikologi Pendidikan dan Konselling ISSN 1907-297X.

Rustaman, N. 2001. Ilmu dan Aplikasi Pendidikan. Bandung: Inperial Bakti Utama.

Sulthon. 2014. “Mengenal Anak Undrachiever dan Upaya Peningktan Prestasi Belajarnya di Madrasah Ibtidaiyah (MI)”. ELEMENTARY Vol 2, No. 1.

Suryabrata, S. 2002. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sutriningsih, N. 2017. “Penyebab Siswa Underachiever Dalam Pembelajaran Matematika”. Jurnal Edumath, Vol 3 No. 2 ISSN 2356-2056.

Yaumi, M dan Nurdin, I. 2013. Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Jamak (Multiple Intelligences) Mengidentifikasi dan Mengembangkan Multitalenta Anak. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.




DOI: https://doi.org/10.24853/fbc.5.1.81-86

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika

Jurnal Fibonacci Indexed By:

  gs cro   one            

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Powered by Puskom-UMJ