MENGATASI KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA TUNANETRA MELALUI PENGEMBANGAN MEDIA PANDIKAR BERKODE BRAILLE
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Atmaja, J., R. 2017. Pendidikan dan Bimbingan Anak Berkebutuhan Khusus. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Astuti, E. P. & Purwoko, R. Y. (2017). Integrating Ethnomormathematics in Mathematical Learning Design for Elementary Schools. 4th ICRIEMS Proceedings Published by The Faculty of Mathematics and Natural Sciences Yogyakarta State University. pp: 192-197. ISBN 978-602-74529-2-3.
Gufron, M., N. & Risnawita, R. 2015. Kesulitan Belajar pada Anak: Identifikasi Faktor yang Berperan. Elementary. Vol. 3 (2), pp: 297-311.
Irham, M., & Wiyani, N., A. 2013. Psikologi Pendidikan. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Jamal, F. 2014. Analisis Kesulitan Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Matematika pada Materi Peluang Kelas XI IPA SMA Muhammadiyah Meulaboh Johan Pahlawan. Jurnal MAJU (Jurnal Pendidikan Matematika). Vol. 1, pp: 18-36.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2019. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Kelima. Aplikasi luring resmi Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa
Muca, Z. 2014. Issues Concerning the Education and Integration of Blind Students in Albania. Journal of International Scientific Publications. Vol. 12, pp: 615-631.
Mutmainnah, R. N. 2015. Pemahaman Siswa Tunanetra (Buta Total Sejak Lahir dan Sejak Waktu Tertentu) Terhadap Bangun Datar Segitiga. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, Fibonacci. Vol. 1 (1), pp: 15-27
Parekh, H., et all. 2016. Gujarati Braille Text Recognition: A Review. IJCSC. Vol. 7, pp. 19-24.
Rahayu, M., Suriah & Syafar, M. 2015. Personal Hygiene Concepts of Health Education for the Visually Impaired. International Journal of Sciences: Basic and Applied Research (IJSBAR). Vol. 22 (1), pp: 435-445.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Sumarjilah, Y. 2015. Pengunaan Media Kongkrit untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pokok Bahasan Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan pada Siswa Kelas I SD N Rejoagung 01 Kabupaten Jember. Pancaran. Vol. 04 (4), pp: 69-78.
Susanto, A. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di SD. Jakarta: Prenadamedia Group.
Tirta, Susanto, & Arika. 2013. Pengembangan Alat Peraga Matematika Berbasis Audio Pada Pokok Bahasan Keliling Dan Luas Segitiga Untuk Siswa Tunanetra SLB TPA Jember. Universitas Jember: Kadikma. Vol. 4 (1), pp: 103-114.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Jakarta: Depdiknas.
Wicaksono, D. P., Kusmayadi T. A., & Usodo, B. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbahasa Inggris Berdasarkan Teori Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligences) Pada Materi Balok Dan Kubus Untuk Kelas VIII SMP. Jurnal Pembelajaran Matematika. Vol.2 (5), pp: 534 - 549.
Yamasari, Y. 2010. Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis ICT yang Berkualitas. Seminar Nasional Pascasarjana X – ITS, ISBN No. 979-545-0270-1.
DOI: https://doi.org/10.24853/fbc.6.2.105-114
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika
Jurnal Fibonacci Indexed By: |
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License |