MENGATASI KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA TUNANETRA MELALUI PENGEMBANGAN MEDIA PANDIKAR BERKODE BRAILLE

Dini Ken Rumantiningsih, Erni Puji Astuti, Riawan Yudi Purwoko

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan media PANDIKAR (Papan Koordinat Kartesius) berkode braille yang merupakan salah satu alternatif media pembelajaran matematika untuk siswa tunanetra pada materi sistem koordinat kartesius. Keterbatasan indera penglihatan yang dimiliki oleh siswa tunanetra membuat mereka mengalami kesulitan untuk memahami materi sistem koordinat kartesius dikarenakan sebagian besar materi tersebut mengandung informasi visual. Penggunaan media ini akan mempermudah siswa untuk belajar dikarenakan media ini memiliki komponen-komponen yang dibutuhkan oleh siswa tunanetra. Tahapan Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation (ADDIE) digunakan sebagai model pengembangan oleh peneliti dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan metode wawancara, angket, tes hasil belajar, catatan lapangan, dan dokumentasi untuk mengumpulkan data. Lembar validasi, lembar kepraktisan, lembar respon siswa, pedoman wawancara, dan soal tes merupakan instrumen yang digunakan peneliti. Media dikatakan layak jika sesuai dengan kriteria valid, praktis, dan efektif. Analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial digunakan oleh peneliti sebagai teknik untuk menganalisis data. Setelah analsis data, penilaian validasi produk dikategorikan sangat valid dengan skor 4,85, penilaian kepraktisan sangat baik dengan skor 4,375, dan penilaian keefektifan yang berasal dari (a) respon siswa sangat positif dengan persentase 90,625%, dan (b) hasil tes evaluasi belajar siwa berhasil melebihi Kriteria Ketuntasan Minimal. Berdasarkan hasil dan pembahasan tersebut, dapat disimpulkan bahwa media Papan Koordinat Kartesius berkode braille layak digunakan serta dapat mengatasi kesulitan belajar matematika pada siswa tunanetra.

Keywords


pembelajaran matematika, media pembelajaran, braille, dan tunanetra

Full Text:

PDF

References


Atmaja, J., R. 2017. Pendidikan dan Bimbingan Anak Berkebutuhan Khusus. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Astuti, E. P. & Purwoko, R. Y. (2017). Integrating Ethnomormathematics in Mathematical Learning Design for Elementary Schools. 4th ICRIEMS Proceedings Published by The Faculty of Mathematics and Natural Sciences Yogyakarta State University. pp: 192-197. ISBN 978-602-74529-2-3.

Gufron, M., N. & Risnawita, R. 2015. Kesulitan Belajar pada Anak: Identifikasi Faktor yang Berperan. Elementary. Vol. 3 (2), pp: 297-311.

Irham, M., & Wiyani, N., A. 2013. Psikologi Pendidikan. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Jamal, F. 2014. Analisis Kesulitan Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Matematika pada Materi Peluang Kelas XI IPA SMA Muhammadiyah Meulaboh Johan Pahlawan. Jurnal MAJU (Jurnal Pendidikan Matematika). Vol. 1, pp: 18-36.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2019. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Kelima. Aplikasi luring resmi Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa

Muca, Z. 2014. Issues Concerning the Education and Integration of Blind Students in Albania. Journal of International Scientific Publications. Vol. 12, pp: 615-631.

Mutmainnah, R. N. 2015. Pemahaman Siswa Tunanetra (Buta Total Sejak Lahir dan Sejak Waktu Tertentu) Terhadap Bangun Datar Segitiga. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, Fibonacci. Vol. 1 (1), pp: 15-27

Parekh, H., et all. 2016. Gujarati Braille Text Recognition: A Review. IJCSC. Vol. 7, pp. 19-24.

Rahayu, M., Suriah & Syafar, M. 2015. Personal Hygiene Concepts of Health Education for the Visually Impaired. International Journal of Sciences: Basic and Applied Research (IJSBAR). Vol. 22 (1), pp: 435-445.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sumarjilah, Y. 2015. Pengunaan Media Kongkrit untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pokok Bahasan Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan pada Siswa Kelas I SD N Rejoagung 01 Kabupaten Jember. Pancaran. Vol. 04 (4), pp: 69-78.

Susanto, A. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di SD. Jakarta: Prenadamedia Group.

Tirta, Susanto, & Arika. 2013. Pengembangan Alat Peraga Matematika Berbasis Audio Pada Pokok Bahasan Keliling Dan Luas Segitiga Untuk Siswa Tunanetra SLB TPA Jember. Universitas Jember: Kadikma. Vol. 4 (1), pp: 103-114.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Jakarta: Depdiknas.

Wicaksono, D. P., Kusmayadi T. A., & Usodo, B. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbahasa Inggris Berdasarkan Teori Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligences) Pada Materi Balok Dan Kubus Untuk Kelas VIII SMP. Jurnal Pembelajaran Matematika. Vol.2 (5), pp: 534 - 549.

Yamasari, Y. 2010. Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis ICT yang Berkualitas. Seminar Nasional Pascasarjana X – ITS, ISBN No. 979-545-0270-1.




DOI: https://doi.org/10.24853/fbc.6.2.105-114

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika

Jurnal Fibonacci Indexed By:

  gs cro   one            

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Powered by Puskom-UMJ