PROFIL KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH ALJABAR BERDASARKAN TAKSONOMI SOLO DITINJAU GAYA KOGNITIF FIELD DEPENDENT DAN FIELD INDEPENDENT

Rizki Wulansari, Anisah Ayu Rizqi Putri, Dian Nopitasari

Abstract


Penelitian ini dilakukan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Kota tangerang, kami ingin menguji kemampuan pemecahan masalah aljabar dengan menggunakan taksonomi solo ditinjau dengan gaya kognitif. Pemecahan masalah merupakan salah satu kemampuan yang dimiliki oleh siswa. Pertanyaan yang kami berikan sesuai dengan indikator pemecahan masalah dan hasil jawaban akan dipilih sesuai dengan tingkatan dalam taksonomi tunggal. Pelajaran dilakukan dengan menggunakan 6 siswa yang memiliki gaya kognitif FI dan FD. Gaya kognitif dibagi dengan menggunakan tes geft terlebih dahulu. Data tersebut akan dijelaskan secara deskriptif kualitatif sesuai dengan data yang ditemukan.


Keywords


Takosonomi Solo, pemecahan masalah, gaya kognitif

Full Text:

PDF

References


Appulembang, O. D. 2017. Profil Pemecahan Masalah Aljabar Berpaduan Pada Taksonomi Solo Ditinjau dari Gaya Kognitif Konseptual Tempo Siswa SMA Negeri 1 Makale Tana Toraja. A Journal of Language, Literature, Culture, and Education , 135.

Basir, M. A. 2015. Kemampuan Penalaran Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematis ditinjau Dari Gaya Kognitif. Jurnal Pendidikan Matematika FKIP UNISSULA 2015 Volume 3 Nomor1 , 109.

Particia Lusi Malissa, Suradi Tahmir, Ilham Miggi. 2015. Profil Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Taksonomi Solo Ditinjau Gaya Kognitif dan Gender. 2.

Risma Firda Diana, Edy Bambang Irawan, & Susiswo. 2017. Proses Koneksi Matematis Siswa Bergaya Kognitif Reflektif Dalam Menyelesaikan Masalah Aljabar Berdasarkan Taksonomi Solo. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika, Vol 1 (1), 54.




DOI: https://doi.org/10.24853/fbc.6.2.125-132

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika

Jurnal Fibonacci Indexed By:

  gs cro   one            

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Powered by Puskom-UMJ