PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MONOPOLI ARITMATIKA (MONIKA) PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Indah Parsianti, Hastri Rosiyanti, Rahmita Nurul Muthmainnah

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh peserta didik yang kurang aktif dan antusias pada proses pembelajaran matematika, kurangnya penggunaan media pembelajaran juga menjadi penyebab dari kurangnya pembelajaran yang optimal. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengembangkan media pembelajaran monopoli aritmatika dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap pengembangan yaitu (1) Analisis; (2) Desain; (3) Pengembangan; (4) Implementasi; (5) Evaluasi. Subjek pada penelitian ini yaitu peserta didik SMP keluarga Widuri. Berdasarkan analisis peneliti melakukan desain pembelajaran monopoli aritmatika (monika). Peneliti melakukan desiain layout dengan bantuan PhotoShop. Instrumen yang digunakan adalah berupa angket. Validator yang digunakan dalam mengembangkan media pembelajaran monika adalah validasi ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa. Perbaikan-perbaikan telah dilakukan dengan arahan para ahli yang dapat disimpulkan bahwa media monika dinyatakan layak uji dan telah di uji cobakan pada kelas kecil sehingga media pembelajaran layak digunakan. Hasil desain pembelajaran monopoli aritmatika diharapkan dapat meningkatkan semangat dan raasa percaya diri peserta didik untuk terus belajar matematika.


Keywords


Media Pembelajaran Monopoli, Monopoli Aritmatika, Permainan Monopoli Aritmatika

Full Text:

PDF

References


Abdul, Arie dan Subhan. 2019. Desain Bahan Ajar Komputasi Matematika Berbantuan Software Mathematica Untuk Mengembangkan Kemandirian Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika. Vol 5 (1). Pp:29-35.

A.Husna M. 2016 . 100+ Permainan Tradisional Indonesia: Untuk kreativitas,Ketangkasan dan keakraban. Jakarta: Andi Publisher Arikunt Suharsimi

Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Farida dan Cecil. 2011. Pengembangan LKS Untuk Metode Penemuan Terbimbing Pada Pembelajaran Matematika Kelas VIII Di SMP Negeri 18 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol 5(2). pp.129-143.

Hamzah, Ali dan Muhlisrarini. 2014. Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Rosiyanti, Hastri., Eminita, Viarti., dan Riski. 2020. Desain Media Pembelajaran Geometri Ruang Berbasis Powtoon. Fibonacci: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika. Vol 6 (1). pp:77-85.

Khairunnisa. 2017. Analisis Metakognisi Siswa Dalam Pemecahan Masalah Aritmatika Sosial Ditinjau Dari Perbedaan Gender. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Herlina & Edi. 2011. Media Pembelajaran Kimia Terpadu Pada Madrasah Tsanawiyah Negeri (MAN) 2 Kota Bengkulu. Jurnal Media Infotama. Vol 7(2). pp:103-130.

Muhammad Fajar dan Erlina. 2018. Pengembangan Permainan Monomath Pada Materi Persamaan Garis Lurus Bagi Siswa Kelas VII SMP Negeri 10 Salatiga. Jurnal Maju. Vol 5 (1), pp:14-26.

Neneng, Happy & Widia. 2019. Creativity of Creation and Story-Telling in Open Ended Learning with Visual Art Media For Early Childhood Education. In Atlantis Press, 38-41.

Ruslan, Zulkardi, Darmawijoyo. 2016. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Aritmatika Sosial Berbasis Problem Based Learning Di Kelas VII SMP. Jurnal Elemen. Vol 2(2), pp:92-115.

Widya dan Lativa. 2019. Pengembangan Media Evaluasi Berupa Permainan Dona (Ludo Fauna) Pada Materi Daur Hidup Hewan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan. Oktober. Jakarta. pp.94-101.




DOI: https://doi.org/10.24853/fbc.6.2.133-140

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika

Jurnal Fibonacci Indexed By:

  gs cro   one            

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Powered by Puskom-UMJ