PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN BANTUAN MEDIA EVALUASI THATQUIZ

Ririn Widiyasari, Arlin Astriyani, Karina Vianka Irawan

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan perangkat pembelajaran matematika dengan bantuan media e-learning pada materi lingkaran yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan self concept siswa. Subjek pada penelitian ini  adalah siswa SMP Labschool FIP UMJ kelas VIII tahun ajaran 2019/2020.  Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan perangkat dengan model 4D Thiagarajan yaitu pendefinisian (analisis awal-akhir, analisis siswa, analisis materi, analisis tugas, dan merumuskan tujuan pembelajaran khusus), perancangan (penyusunan kriteria tes, pemilihan media, pemilihan format, dan desain awal), pengembangan (validasi ahli dan uji coba) dan penyebaran. Adapun perangkat yang dikembangkan adalah Silabus, RPP, Buku Siswa, dan Tes Kemampuan Berpikir Kreatif (TBKM). Variabel penelitian meliputi variabel perangkat pembelajaran, kemampuan berpikir kreatif dan self concept siswa. Sedangkan teknik pengumpulan data yaitu dengan metode tes, pengamatan dan angket. Hasil Penelitian menunjukkan perangkat pembelajaran matematika dengan bantuan media e-learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan self concept siswa yang terdiri dari Silabus, RPP, LKS dan Buku Siswa. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan telah melalui proses validasi dan dinyatakan memenuhi validitas isi dan validitas konstruk yang ditetapkan oleh orang yang ahli (pakar) di bidangnya. Maka perangkat pembelajaran yang dikembangkan dalam penelitian ini dinyatakan valid. Dari hasil desain pengembangan perangkat pembelajaran diharapkan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan self concept siswa.


Keywords


e-learning, berpikir kreatif, self concept

Full Text:

PDF

References


Afgani, M.W., Suryadi, D. and Dahlan, J.A., 2018. Developing self-concept instrument for pre-service mathematics teachers. J. Phys. Conf. Ser., vol. 948, no. 1.

Afgani, M.W., Suryadi, D. and Dahlan, J.A., 2019. Undergraduate Students Self-Concept and Their Mathematics Procedural Knowledge: the Relationship. Infin. J., vol. 8, no. 1, p. 99.

Arikunto, S. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Hake, 1998. Interactive – Engagement Versus Traditional Methods ; A. Six – Thousand – Student Survey of Mechanics Tes Data for Introductory Physics Course. Am. Assoc. Physic Teach., vol. 66 (1), pp. 64–74.

Hudojo, H. 2005. Mengajar Belajar Matematika. Jakarta: Depdikbud.

Isjoni, D. 2008. ICT Untuk Sekolah Unggul. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Musriandi, R. 2017. Hubungan Antara Self-Concept Dengan Siswa. P. Studi, P. Matematika, F. Kip, and U. Abulyatama, vol. 1, no. 2, pp. 150–160.

Puspitasari, L., In’am,A. dan Syaifuddin,M. 2018. Analysis of Students’ Creative Thinking in Solving Arithmetic Problems. Int. Electron. J. Math. Educ., vol. 14, no. 1, pp. 49–60.

Qadri, L., Ikhsan, M., dan Yusrizal, Y. 2019. Mathematical Creative Thinking Ability for Students Through REACT Strategies. Int. J. Educ. Vocat. Stud., vol. 1, no. 1, p. 58.

Sultra, W. S. R. Y. 2018. Self-Concept of Junior High School Student in Learning Mathematics. The International Conference On Mathematical Analysis, Its Applications and Learning, no. 36, pp. 44–49.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Uno, H. 2007. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: PT Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.24853/fbc.6.2.131-154

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika

Jurnal Fibonacci Indexed By:

  gs cro   one            

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Powered by Puskom-UMJ