PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN TURUNAN FUNGSI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM
Abstract
Pembelajaran pada masa pandemi Covid-19 telah dilaksanakan secara daring, dengan beberapa ketentuan diantaranya berkurangnya jam pelajaran pada setiap mata pelajaran, seperti halnya pembelajaran matematika di satuan pendidikan SMK Negeri 1 Kadipaten yang dilakukan satu pertemuan (45 menit) dalam satu minggu, hal ini berdampak kepada implementasi pembelajaran yang menyebabkan beberapa kegiatan penting dalam pembelajaran tidak terlaksana sebagaimana harusnya, dengan demikian menyebabkan penurunan terhadap penguasaan materi oleh peserta didik, sehingga hasil belajar dari peserta didik masih banyak yang dapat dinyatakan belum tuntas atau belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yang telah ditentukan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat apakah terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik melalui model flipped classroom pada mata pelajaran matematika dengan pokok bahasan materi tafsiran geometri dari turunan fungsi. tipe penelitian merupakan tipe penelitian kualitatif dengan metode Penelitian Tindakan Kelas, adapun prosedur yang digunakan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu, terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik pada pokok bahasan tafsiran geometri dari turunan fungsi dengan menggunakan model flipped clasroom adapun persentase ketuntasan belajar pada setiap siklusnya yaitu silus I 56%, siklus II 72% dan siklus III 88%.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Bar, F. D. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Mata Kuliha Matematika Diskrit Menggunakan Media Edmodo dengan Model Pembelajaran Flipped Clasroom. Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika. Vol. 1(1) pp: 3-19.
Buasim. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Mengenal Satuan Jarak dan Kecepatan pada Mata Pelajaran Matematika Melalui Stratego Peer Lessons Siswa Kelas V SDN Kedungboto Kecamatan Porong Kabupaten Sidoarjo . Jurnal Refleksi Pembelajaran. Vol. 4(01) pp: 42-48.
Hayati, R. (2018). Flipped Clasroom dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, “Integrasi (pp. 496 - 502). Purwerejo: Universitas Pendidikan Matematika Muhamadiyah Purworejo.
Mubarok, A. (2017). Model Flipped Classroom dal Memotivasi Belajar Siswa. Prosiding TEP & PDs (pp. 184 - 188). Malang: Transformasi Pendidikan Abad 21.
Siahaan, M. (2020). Dampak Pandemi Covid 19 Terhadap Dunia Pendidikan. Jurnal Kajian Ilmiah. Vol. 1(1) pp: 1-3.
Subagia, I. M. (2017). Penerapan Model Pembelajran Flipped Clasroom Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas X AP 5 SMK Negeri 1 Amalapura Tahun Ajaran 2016/2017. Lampuhyang. Vol. 8(2) pp:14 - 25.
TV, K. (2020, Oktober 13). Kompas TV. Retrieved Oktober 15, 2020, from Kompas TV: https://www.kompas.tv/article/115584/update-corona-13-oktober-340-622-positif-263-296-sembuh-12-027-meninggal
Wahyuni Rosika, U. & H. (2020). Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Model Penemuan Terbimbing Pada Turunan Fungsi Aljabardi Kelas XI SMA Negeri Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, Vol. 5(1), pp:9-16.
Wihinda Aprisa, d. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Melalui Model Pembelajaran Flipped Clasroom. Jurnal Pendidikan Matematika. 21-27.
Yusuf M, &. H. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Biologi Menggunakan Model PBL (Problem Based Learning) dengan Media Lingkungan. Proceding Biology, Vol. 14(01) pp: 490-493.
DOI: https://doi.org/10.24853/fbc.7.1.29-36
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika
Jurnal Fibonacci Indexed By: |
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License |