PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI MTS KHAZANAH KEBAJIKAN

Aan Pravo Albarado, Viarti Eminita

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi karena adanya tuntutan atau kemauan belajar dari pihak intern atau ekstern yang mengakibatkan kebiasaan belajar sedemikian rupa dan akankah memiliki dampak yang seimbang pada prestasi belajar atau tidak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kebiasaan belajar siswa kelas VIII di MTs Khazanah Kebajikan, dan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII di MTs Khazanah Kebajikan. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian survey (Survey Research) yang dipilih dengan menggunakan teknik sampling bertingkat. Penelitian ini dilakukan di MTs Khazanah Kebajikan dengan subjek penelitian yaitu 99 siswa yang terdiri dari kelas VIII-A sebanyak 22 siswa, VIII-B sebanyak 28 siswa, kelas VIII-C sebanyak 23 siswa, dan kelas VIII-D sebanyak 26 siswa. Uji instrumen yang terdiri dari uji validitas dan uji reliabilitas yaitu uji validitas dengan rumus pearson product momen diperoleh 36 item pernyataan yang valid. Uji prasyarat yaitu uji normalitas dengan Chi-Square serta uji homogenitas dengan uji Bartlett dan analisis varians atau ANOVA satu jalan. Uji normalitas dan homogenitas diperoleh hasil yang normal dan homogen yang menunjukkan χ2hitung < χ2tabel. Dilihat dari hasil uji normalitas dan homogenitas menunjukkan bahwa kebiasaan belajar memiliki dampak terhadap prestasi belajar. Pengujian hipotesis dengan ANOVA didapat Fhitung > Ftabel (10,742 > 3,0912), dengan taraf signifikan 5%, hal ini berarti tolak H0. Maka hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa kebiasaan belajar matematika berpengaruh terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII di MTs Khazanah Kebajikan.


Keywords


Kebiasaan belajar, Prestasi belajar, Belajar matematika

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, A., dan W. Supriyono 2013. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Darmadi. 2017. Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta: Deepublish (CV Budi Utama).

Djaali. 2013. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Magfirah, I., U. Rahman, dan S. Sulasteri. 2015. Pengaruh Konsep Diri dan kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Bontomatene Kepulauan Selayar. Jurnal Matematika dan Pembelajaran. Vol. 3(1): hal. 103-116.

Syah, M. 2017. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja Rusdakarya.

Thahir, A. dan B. Hindriyanti. 2014. Pengaruh Bimbingan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pondok Pesantren Madrasah

Wahab, R. 2018. Psikologi Belajar. Depok: PT Rajagrafindo Persada.




DOI: https://doi.org/10.24853/fbc.6.2.167-174

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika

Jurnal Fibonacci Indexed By:

  gs cro   one            

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Powered by Puskom-UMJ