PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA KONSTRUKTIVIS BERBANTUAN E-LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP MATEMATIKA PADA MATERI SPLDV KELAS VIII
DOI:
https://doi.org/10.24853/fbc.1.1.64-81Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan dan menghasilkan perangkat pembelajaran yang valid, praktis dan efektif meningkatkan penguasaan konsep matematika siswa pada materi SPLDV kelas VIII. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa Silabus, RPP, LKS, dan Elearning. Pengembangan perangkat pembelajaran menggunakan pembelajaran kontruktivis dengan bantuan media e-learning dan mengacu pada model pengembangan perangkat pembelajaran 4-D dari Thiagarajan, Semmel dan Semmel yang dimodifikasi, yaitu pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan telah mempunyai nilai validitas, kepraktisan, dan keefektifan yang tinggi. Hal ini terlihat dari pendapat validator, respons guru, respons siswa, dan hasil uji coba lapangan. Berdasarkan hasil uji coba lapangan, perangkat pembelajaran yang dikembangkan dengan pembelajaran kontruktivis berbantuan e-learning ini dapat meningkatkan penguasaan konsep matematika siswa sehingga prestasi belajar siswa lebih baik, dari hasil tersebut disarankan agar pembelajaran matematika kontruktivis berbantuan e-learning perlu diterapkan pada sekolah-sekolah.References
Arsyad, A. (2002). Media Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Asman H., dkk. (2002). Educational Learning Management System (ELMaS): Model
Generik Sistem Pengurusan Pembelajaran Berasaskan-Web untuk Latihan
Perguruan. http://www2.moe.gov.my/~ipda (25 September 2010).
Bahbahani, K. (2006). “Inside Look: An Interior Portrait of Constructivist
Teachers”. The Construktivist, 17/1.
Brooks & Brooks. (1999). In search of Undestanding: the Case for Contructivist
Classrooms. Alexsandria, VA: Association for Supervision and Curriculum
Development.http://asimov.coehs.uwosh.edu/~cramer/ casestudy1/concept/
constructivist.html (diakses 27 januari 2010).
Cunningham, D. D. (2006). “The Seven Principles of Constructivist Teaching: A Case
Study”. The Constructivist, 17/1.
Darsono, M., dkk. (2001). Belajar dan Pembelajaran. Semarang: Universitas Negeri
Semarang (Unnes) Press.
Davis D. & Sorrel J. (1995). Mastery Learning in Public Schools. Valdosta: Valdosta
State University. http://teach.valdosta.edu/whuitt/files/ mastlear html (diakses 3
februari 2010).
Fuady, A. (2008). Paradigma Baru dalam Pendidikan dan Pembelajaran Leraning is
Fun. Bandung: P4TK-BMTI.
Hendrawan, C. & Yudhoatmojo, S. B. (2001). Web-Based Virtual Learning
Environment: A Research Framework and A Preliminary Assessment in Basic IT
Skills Training. MIS Quarterly. 401-426. Tersedia: GNU Free Document License
(diakses 25 September 2010).
Hidayat, M. A. (2004). Bahan Penelitian Matematika “ Teori-teori Belajar
Matematika”. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Horslay, S. L. (1990). Elementary School Sciene for the 90’s. Virginia: Association
Supervision and curriculum Development.
Jamaludin, A. (2007). Internet Menuju Sekolah: Jardiknas. Online. Tersedia:
ade_smkams@yahoo.co.id (diakses 12 Desember 2007).
Kennedy, L.T.S. (1994). Guilding Children’s Learning of Mathematics: Wordwars
Publishing Company.
Lee, Nicoll, & Brooks. (2002). A Comparison of Inquiry and Worked Example WebBased Instruction Using Physlets. Dalam Computers & Education [Online], Vol
(5), 7 (diakses 12 Maret 2010).
Ruseffendi, E.T. (1991). Penilaian dan Hasil Belajar Siswa Khususnya dalam
Pengajaran Matematika. Bandung: Tarsito.
Sudarman. (2007). ”Problem Based Learning: Suatu Model Pembelajaran untuk
Mengembangkan dan Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah”. Jurnal
Pendidikan Inovatif. Vol 2 (2), hal: 68-73.
Sutinah, A. (2006). Pembelajaran Interaktif Berbasis Multimedia di Sekolah Dasar.
www.google.com/pembelajaran/interaktif/sutinah (diakses 12 Desember 2010).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).