PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA DASAR LAYANAN JURUSAN NON EKSAK
DOI:
https://doi.org/10.24853/fbc.2.1.44-52Abstract
Penelitian ini merupakan metode penelitian dan pengembangan yaitu metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk berupa bahan ajar Matematika Dasar Layanan seperti yang sesuai untuk diterapkan pada Jurusan Non Eksak. Teknik pengumpulan data berupa lembar kuesioner untuk mahahasiswa mengenai bahan ajar yang telah digunakan selama ini dan angket untuk dosen sebagai validator yang digunakan untuk memvalidasi produk (bahan ajar) yang telah peneliti hasilkan. Penelitian ini menghasilkan produk berupa bahan ajar Matematika Dasar Layanan yang yang sesuai dengan permintaan mahasiswa untuk diterapkan pada Jurusan Non Eksak yaitu bahan ajar yang memuat lebih banyak contoh soal, sehingga mahasiswa dapat mengerjakan latihan soal yang serupa dan apabila diberikan soal yang kemampuannya lebih tinggi maka diharapkan dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis mahasiswa.References
Kristian, N., Suyono., dan Sunaryo. (2016). “Pengembangan Bahan Ajar Menulis Laporan
Penelitian Berbasis Pengayaan Skemata Bacaan”, dalam Jurnal Pendidikan: Teori,
Penelitian, dan Pengembangan. [Online]. Tersedia:
http://journal.um.ac.id/plugins/generic/pdfJsViewer/pdf.js/build/pdf.worker.js. [16 Juli
.
Haryati. (2012). Research and Development (R&D) sebagai Salah Satu Model Penelitian
dalam Bidang Pendidikan. Artikel. [Online]. Tersedia:
http//download.portalgaruda.org/article.php?article=60637&val=4518&title=. [14 Maret
.
Hermawan, AH., Deni, D., Didi, S., dan Dinn, W. (2007). “Teori Mengajar”, dalam Ilmu dan
Aplikasi Pendidikan. Bandung: Pedagogiana Press.
Putri, FM. (2009). “Aktivasi Multiple Intelligences dalam Pembelajaran Kooperatif
Pendekatan Struktural Think Pair Square untuk Meningkatkan Hasil Belajar
Matematika Siswa Kelas VIII1 SMP Negeri 21 Pekanbaru”. Skripsi Universitas Riau.
Sugiyono. (2015a). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan
R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Sugiyono. (2015b). Metode Penelitian dan Pengembangan Reseach and Development.
Bandung: Penerbit Alfabeta.
Suryadi, D. (2007). “Pendidikan Matematika”, dalam Ilmu dan Aplikasi Pendidikan.
Bandung: Pedagogiana Press.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).