PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP PECAHAN MELALUI PENGGUNAAN ALAT PERAGA PUZZLE PECAHAN SISWA KELAS 3
DOI:
https://doi.org/10.24853/fbc.9.2.157-166Keywords:
Pemahaman, Alat Peraga, Puzzle PecahanAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah dengan menggunakan teka-teki pecahan sebagai alat pengajaran akan membantu siswa kelas tiga di SDN 4 Mrayan pada tahun pelajaran 2022-2023 lebih memahami gagasan pecahan. Metodologi penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dan terdiri dari empat tahap: persiapan, tindakan, evaluasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan masing-masing siklus 1 kali pertemuan. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas 3 SDN 4 Mrayan yang berjumlah 16 orang yang terdiri dari 7 laki-laki dan 9 perempuan. Penelitian ini menggunakan pengumpulan data observasi dan tes sebagai metode utamanya dan teknik analisis data berupa analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis data, menunjukkan bahwa pada siklus I ketuntasan siswa 75%, pada siklus II ketuntasan 87,5%, dan pada siklus III ketuntasan 100%. Hasilnya, dapat dikatakan bahwa siswa kelas III SDN 4 Mrayan yang menggunakan teka-teki pecahan sebagai alat pembelajaran memiliki pemahaman konsep yang lebih dalam secara keseluruhan.References
Aisy, M. R., & Ismah. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture And Picture Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Materi Aljabar. 7(2). [Online] Tersedia: https://jurnal.umj.ac.id/index.php/fbc/article/view/11035 [27 Agustus 2023]
Aledya, V. (2019). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Pada Siswa. [Online] Tersedia: https://www.researchgate.net/profile/Vivi-Aledya/publication/333293321_KEMAMPUAN_PEMAHAMAN_KONSEP_MATEMATIKA_PADA_SISWA/links/5ce5705a458515712ebb6708/KEMAMPUAN-PEMAHAMAN-KONSEP-MATEMATIKA-PADA-SISWA.pdf [19 Juli 2023]
Arikunto, S., Supardi, & Suhardjono. (2012). Penelitian Tindakan Kelas. Aksara Bumi.
Astriyani, A., & Fajriani, F. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Youtube Materi Pythagoras Terhadap Keaktifan Belajar Matematika Siswa. 6(1). [Online] Tersedia: https://jurnal.umj.ac.id/index.php/fbc/article/view/6835 [26 Agustus 2023]
Awaliah, N. P. , Angraini, L. M. , & Muhammad, I. (2023). Tren Penelitian Kreativitas Guru dalam Pembelajaran Matematika: A Bibliometric Review. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 9(1), 43–62. https://doi.org/10.24853/fbc.9.1.43-62
Baharuddin, M. R., & Jumarniati, J. (2018). Pola Interaksi Belajar Matematika Siswa Berkemampuan Awal Rendah dalam Pembelajaran Berbasis Proyek.
Deda, Y. N., Disnawati, H., & Missa, A. (2022). Penggunaan Alat Peraga Matematika “Kubus-Kubus Satuan” Untuk Meningkatkan Kreativitas Guru Sekolah Dasar. Bakti Cendana, 5(1), 33–39. https://doi.org/10.32938/bc.5.1.2022.33-38
Hanifah, A. M., & Sumardi, S. (2022). Pengaruh Kesulitan Belajar Dan Keaktifan Siswa Terhadap Hasil Belajar Di Mts Negeri 4 Wonogiri. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 8(2), 165. https://doi.org/10.24853/fbc.8.2.165-170
Hapsari, D. I. S., & Fahmi, S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Pada Operasi Pada Matriks. 7(1). [Online] Tersedia: https://jurnal.umj.ac.id/index.php/fbc/article/view/10017 [26 Agustus 2023]
Kania, N. (2018). Alat Peraga Untuk Memahami Konsep Pecahan. 2(2).
Khoirunisa, D. N., Djoko Laksana, M. S., & Chasanatun, T. W. (2022). Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Puzzle Pecahan Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SDIT As-Syafi’iyah Kecamatan Jambon Ponorogo.
Marno. (2016). Upaya Meningkatkan Pemahaman Siswa dalam Konsep Pecahan dengan Menggunakan Benda Manipulatif (Alat Peraga) (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas III SD Percobaan Negeri Pajagalan 58 Bandung). UPI.
Ningsih, Y. L. (2016). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Mahasiswa Melalui Penerapan Lembar Aktivitas Mahasiswa (LAM) Berbasis Teori Pada Materi Turunan.
Parsianti, I., Rosiyanti, H., & Muthmainnah, R. N. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Monopoli Aritmatika (MONIKA) Pada Pembelajaran Matematika. 6(2). [Online] Tersedia: https://jurnal.umj.ac.id/index.php/fbc/article/view/5807/4925 [26 Agustus 2023]
Permatasari, S., Asikin, M., & Dewi, N. R. (2022). Pengembangan Game Edukasi Matematika “MaTriG” Dengan Software Construct 3 di SMP. 8(1). [Online] Tersedia: https://jurnal.umj.ac.id/index.php/fbc/article/view/12250 [27 Agustus 2023]
Ramadhan, A., Astriyani, A., & Rosiyanti, H. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Ulatika Pada Materi Persamaan Dan Pertidaksamaan Nilai Mutlak Linear Satu Variabel. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 8(1), 97. https://doi.org/10.24853/fbc.8.1.97-108
Riduwan. (2013). Dasar-Dasar Statistika. Alfabeta.
Silmi, J. A., Muthmainnah, R. N., Rosiyanti, H., & Eminita, V. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Bomber Math Untuk Siswa Kelas Viii Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 8(2), 149. https://doi.org/10.24853/fbc.8.2.149-156
Sugiyono. (2015). Metodologi Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.
Susanti, V. D., & Wulandari, R. (2022). Development of Geogebra Assisted Electronic Student Worksheets (E-Worksheets) to Improve Student Independent Learning. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 12(2). https://doi.org/10.30998/formatif.v12i2.11811
Susanti, V. D., Sukerstriyarno, Y. L., Kharisudin, I., & Agoestanto, A. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Pada Model Literacy Inquiry Learning untuk Mengukur Literasi Matematika dan Self-Efficacy Siswa. http://pps.unnes.ac.id/prodi/prosiding-pascasarjana-unnes/
Susanti, V. D., Suprapto, E., & Wardani, Y. A. (2022). Development of Android-Based Edutainment Game Learning Media on Phytagoras Theorem for Junior High School Students. 14, 3931–3942. https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i3.1978
Widyaningsih, S. A., Yuni Chairunissa, M., Fairuz, I., Cahya Saputri, N., Destiani, S., & Astriyani, A. (2022). Analisis Kebutuhan Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Matematics English Siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Azhar 15 Pamulang. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 8(2), 137. https://doi.org/10.24853/fbc.8.2.137-142
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).