OPTIMALISASI PROJECT BASED LEARNING MATA KULIAH PEMOGRAMAN KOMPUTER PADA MAHASISWA MATEMATIKA
DOI:
https://doi.org/10.24853/fbc.9.2.197-206Keywords:
Capaian Pembelajaran, pembelajaran berbasis proyek, pemograman komputerAbstract
Pembelajaran berbasis proyek merupakan proses pembelajaran yang berdasarkan kepada kasus untuk mencapai Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL). Pembelajaran berbasis proyek di perguruan tinggi harus dilakukan saat ini, gunanya untuk memberikan pembelajaran ke mahasiswa berdasarkan kepada permasalahan. Kasus dalam pelaksanaan pembelajaran harus dapat memberikan capaian pembelajaran yang ada pada mata kuliah yang diampu oleh dosen. Salah satu mata kuliah yang dijalankan dalam pembelajaran berbasis kasus di Program Studi Matematika yaitu pemograman komputer. Mata kuliah pemograman komputer termasuk mata kuliah wajib yang memberikan bahan pembelajaran dengan capaiannya mahasiswa harus dapat membuat suatu Bahasa pemograman. Pada mata kuliah ini diharapkan mahasiswa memiliki keaktifan dalam pembelajaran, karena mata kuliah ini berbasis kepada kasus. Pada pelaksanaan mata kuliah ini dengan basis project, mahasiswa mengerjakan tiga proyek pada mata kuliah ini. Diantaranya; proyek dalam pembuatan program pengandaian, project 2 mengenai program perulangan dan proyek ke 3 yaitu pembuatan guide. Pembelajaran yang dilakukan dalam bentuk proyek dapat membantu ketercapaian tujuan pembelajaran pemograman komputer agar keahlian dengan bahasa pemograman, kemudian dari survei yang dilakukan diperoleh bahwa 41% mahasiswa sangat setuju dan 59% setuju kalau mata kuliah pemograman komputer dilakukan berbasis proyek.References
Abelenda, A. M., Aiouache, F., & Mediavilla, D. M. (2023). Adapted business model canvas template and primary market research for project-based learning on management of slurry. Environmental Technology & Innovation, 30, 103106. https://doi.org/10.1016/j.eti.2023.103106
Agustin, N., Ibrahim, M., & Widodo, W. (2016). Pengembangan Bahan Pembelajaran IPA Berbasis Biotechnopreneurship untuk Melatih Life Skills Siswa SMP. Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram. Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu Dan Pembelajaran Matematika Dan IPA IKIP Mataram, 4(1), 1–12. http://ojs.ikipmataram.ac.id/index.php/prismasains/
Aisy, M. R., & Ismah, I. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and Picture Terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif Matematika Materi Aljabar. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 7(2), 85–90. https://doi.org/10.24853/fbc.7.2.85-90
Angraini, L. M., Sthephani, A., & Ain, S. Q. (2021). Pengaruh Bahan Ajar Berbasis Penalaran Matematis untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis. Fibonacci: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 7(1), 11–18. https://doi.org/10.24853/fbc.7.1.11-18
Aranzabal, A., Epelde, E., & Artetxe, M. (2022). Team formation on the basis of Belbin’s roles to enhance students’ performance in project based learning. Education for Chemical Engineers, 38, 22–37. https://doi.org/10.1016/j.ece.2021.09.001
Astutik, E. P., Faizah, H., & Wantika, R. R. (2022). Penerapan Case Method Berbantuan Software POM-QM dalam Pembelajaran Program Linier. Fibonacci: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 8(2), 157. https://doi.org/10.24853/fbc.8.2.157-164
Awaliah, N. P., Angraini, L. M., & Muhammad, I. (2023). Tren Penelitian Kreativitas Guru dalam Pembelajaran Matematika: a Bibliometric Review. Fibonacci: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 9(1), 43–61. https://doi.org/10.24853/fbc.9.1.43-62
Gomez-del Rio, T., & Rodriguez, J. (2022). Design and assessment of a project-based learning in a laboratory for integrating knowledge and improving engineering design skills. Education for Chemical Engineers, 40, 17–28. https://doi.org/10.1016/j.ece.2022.04.002
Guo, P., Saab, N., Post, L. S., & Admiraal, W. (2020). A review of project-based learning in higher education: Student outcomes and measures. International Journal of Educational Research, 102. https://doi.org/10.1016/j.ijer.2020.101586
Hendriana, H., & Kadarisma, G. (2019). Self-Efficacy dan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 3(1), 153–164. https://doi.org/10.33603/jnpm.v3i1.2033
Heryan, U. (2018). Meningkatkankemampuankomunikasi matematis siswaSMA melaluipendekatan pembelajaran matematika realistik berbasis etnomatematika. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 3(3), 94–106.
Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik dan Konstektual dalam Pembelajaran Abad 21. Ghalia Indonesia.
Junaidi, A., & dkk. (2020). Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi di Era Industri 4.0 untuk Mendukung Merdeka Belajar-Kampus Merdeka: Vol. IV.
Kholijah, G., Rarasati, N., Sormin, C., & Aryanto, F. (2023). Project Based Learning Model in Computer Programming Courses at Mathematics Student. Http://Ijer.Ftk.Uinjambi.Ac.Id/Index.Php/Ijer, 8(1), 36–42. http://ijer.ftk.uinjambi.ac.id/index.php/ijer
Lu, H. F. (2023). Statistical learning in sports education: A case study on improving quantitative analysis skills through project-based learning. Journal of Hospitality, Leisure, Sport and Tourism Education, 32. https://doi.org/10.1016/j.jhlste.2023.100417
Lu, W. Y., & Fan, S. C. (2023). Developing a weather prediction project-based machine learning course in facilitating AI learning among high school students. Computers and Education: Artificial Intelligence, 5. https://doi.org/10.1016/j.caeai.2023.100154
Menteri dikbudristek. (2023). Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 210/M/2023 Tentang Indikator Kinerja Utama Perguruan Tinggi dan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi di Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. In Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Merona, S. P., & Santi, E. E. (2018). Pengembangan Instrumen Asesmen Penalaran Matematis pada Matakuliah Fungsi Kompleks. Fibonacci: Jurnal Pendidikan Matematika DanMatematika, 4(2), 113–122.
Steffen, T., Fly, A., & Stobart, R. (2022). Project-Based Learning for Control of Hybrid Powertrains using a Simulation Model. IFAC-PapersOnLine, 55(17), 25–30. https://doi.org/10.1016/j.ifacol.2022.09.220
Sugiyono. (2014). Metode penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sukmadinata, N. S. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. PT. Remaja Rosdakarya.
Wena, M. (2012). Strategi Pembelajara Inovatif Kontemporer. Bumi Aksara.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).