PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR ALJABAR MELALUI PEMBELAJARAN SCHEMA-BASED INSTRUCTIONDENGAN STRATEGI FOPS
DOI:
https://doi.org/10.24853/fbc.5.2.105-116Keywords:
pendekatan Schema-Based Instruction, FOPS, kemampuan berpikir aljabarAbstract
Mengajarkan matematika bukanlah hal yang mudah, perlu di rencanakan sebuah pembelajaran yang dapat membantu siswa memahami matematika dengan mudah.Dalam penelitian ini dikembangkan sebuah pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Schema-Based Instruction (SBI) dengan strategi FOPS dalam meningkatkan kemampuan aljabar siswa.Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain randomized control group posttest only, sampelnya adalah siswa SMP Negeri 12 Tangerang Selatan sebanyak 2 kelas, kelas pertama sebagai kelas eksperimen dan kelas kedua sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan yaitu Tes Kemampuan Berpikir Aljabar sebanyak 8 soal, yang diuji dengan menggunakan uji perbedaan dua rata-rata. Hasil Penelitian menunjukkan thitung = 2,180 dan ttabel = 1,99, karena thitung> ttabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir aljabar siswa yang diajarkan menggunakan pendekatan SBI dengan strategi FOPS lebih tinggi dibandingkan dengan kemampuan aljabar siswa yang diajarkan menggunakan pembelajaran konvensional.References
BSNP. 2006. Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan
Dwirahayu, G., Kustiawati, D., dan Yanti,RA. 2018. “Analisis Kemampuan Berpikir Aljabar Siswa berdasarkan Miskonsepsi”. Makalah Dalam: Seminar Nasional Pendidikan Matematika dan Matematika Universitas Muhamadiyah Tangerang, 24 Maret 2018.
Griffin, C.C., dan Jitendra, A.K. 2009. “Word Problem-Solving Instruction in Inclusive Third-Grade Mathematics Classrooms”. The Journal of Education Research. Vol. 102 (3), pp: 187-202.
Hayati, L. 2013. “Pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik Untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Aljabar Siswa”. Makalah Dalam: Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan IPA Universitas Negeri Yogyakarta, 9 Nopember 2013.
Holmes, VL., Miedema, C., Niewkoop, L., dan Haugen, N. 2013. “Data-Driven Intervention: Correcting Mathematics Students’ Misconception, not Mistakes”. The Mathematics Educator. Vol. 23 (1), pp. 24 – 44.
Jitendra, A.K., dan Jon R. Star. 2012. “An Exploratory Study Contrasting High and Low Achieving Students’ Percent Word problem Solving”. Learning and Individual Differences. Vol. 22 (1), pp. 151-158.
Kieran, C. 2004. “Algebraic Thinking In The Early Grades: What Is It?”. The Mathematics Educator. Vol. 8 (1), pp. 139-151.
Kieran, C. 2011. “Conceptualizing the learning of algebraic technique: Role of task and technology”. Makalah Dalam: ICME 11 Proceeding.
Knuth, E., dan Cai, J. 2011. Early Algebraization: A Global Dialogue from Multiple Perspective, Middle School Students’ Understanding of Core Algebra Concept: Equivalence and Variable. New York: Springer-Verlag Berlin Heidelberg.
NCTM. 2000. Principles and Standards for School Mathematics. Reston: The National Council of Teachers of Mathematics.Inc.
Patton, B., dan Santos, E. 2012. “Analyzing Algebraic Thinking Using “Guess My Number” Problems”. International Journal of Instruction. Vol. 5 (1), pp: 5-22.
Radford, L. 2013. “The Progressive Development of Early Embodied Algebraic Thinking”. Mathematics Eucation Research Group of Australasia.
Ruseffendi, H.E.T. 2006. Pengantar Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.
Sanjaya, Wina. 2013. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.
Vennebush; G.P., Marquez, E., dan Larsen, J. 2005. “Embedding Algebraic Thinking Throughout The Mathematics Curriculum”. Mathematics Teaching In The Middle School . Vol. 11 (2), pp. 86-93.
Warsitasari, W. 2015. “Berpikir Aljabar dalam Pemecahan Masalah Matematika”. Jurnal APOTEMA. Vol. 1 (1).
Xin, Y.P., Jitendra, A.K, dan Buchman, A.D. 2005. “Effects of Mathematical Word Problem-Solving Instruction on Middle School Student with Learning Problems”. The Journal of Special Education. Vol. 39 (3), pp. 181-192.
Xin, Y.P. 2008. “The Effec of Schema-Based Instruction in Solving Mathematics Word Problem: An Emphasis On Prealgebraic Conceptualization of Multiplicative Relations”. Journal for Research in Mathematics Education. Vol. 39.
Yunarni, A., Dassa, A., dan Asdar. 2015. “Profil Pemahaman Notasi Aljabar Ditinjau Dari Kemampuan Verbal Siswa Kelas V Sekolah Dasar”. Jurnal Daya Matematika. Vol.3 (1).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).