PROFIL SISWA AUTIS DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI FILIAL SLBN BEKASI JAYA
DOI:
https://doi.org/10.24853/fbc.2.1.69-77Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk melihat profil siswa autis kelas 11 di Filial SLBN Bekasi Jaya dalam proses pembelajaran matematika. Penelitian ini tergolong penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik observasi dan wawancara, subjek pada penelitian ini adalah siswa autis kelas 11 di Filial SLBN Bekasi Jaya yang berjumlah 1 orang siswa laki-laki (subjek M). Penelitian ini dilakukan dalam beberapa tahapan dari tahapan pra-lapangan, tahapan lapangan/tahapan penelitian, dan tahapan penulisan laporan. Data yang telah terkumpul kemudian di analisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa autis masih sangat bergantung pada guru salah satunya ialah masih membutuhkan bimbingan dari guru kelas dalam setiap mengerjakan soal latihan. Ia belum bisa mengerjakannya secara individu. Sehingga diperlukan waktu khusus bagi guru untuk membimbing siswa tersebut dalam mengerjakan soal hitung matematika.Referensi
Ginanjar, Adriana Soekandar. (2007). “Memahami Spektrum Autistik Secara Holistik”. Sosial
Humaniora. Vol 11. No 2.
Jamaris, Martini. (2003). Perkembangan dan Pengembangan Anak Usia Taman Kanakkanak. Jakarta : Universitas Negeri Jakarta.
Kamid. (2011). “Pemerolehan Pengetahuan Matematika Bagi Siswa Autis Pada Permulaan
Bangku Sekolah”. Jurnal Edumatica. Vol 01 No 02.
Yuwono, Joko. (2012). Memahami Anak Utistik. Bandung : Alfabeta.
##submission.downloads##
Diterbitkan
2016-06-30
Terbitan
Bagian
Articles
Lisensi
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).