PENGARUH PENGGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIF TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA

Penulis

  • Dian Novitasari Universitas Muhammadiyah Tangerang

DOI:

https://doi.org/10.24853/fbc.2.2.8-18

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengamati pengaruh penggunaan multimedia interaktif terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 4 Tangerang tahun ajaran 2014/2015 kelas VIII. Berdasarkan hasil perhitungan statistik kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan multimedia interaktif dengan metode penelitian quasieksperimental menunjukkan bahwa rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukan bahwa multimedia interaktif ini berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa.

Biografi Penulis

Dian Novitasari, Universitas Muhammadiyah Tangerang

Pendidikan

Referensi

Hadibin, Mochamad Miswar. (2013). Pembangunan Media Pembelajaran Teknik Komputer

Jaringan Kelas X Semester Ganjil pada Sekolah Menengah Kejuruan Taruna Bangsa

Pati Berbasis Multimedia Interaktif, UNSA.

http://www.ijns.org/journal/index.php/ijns/article/view/295/289 [13 Maret 2015].

Jacobsen, David A. (2009). Methods For Teaching. Yogyakarta: PustakaPelajar.

Jihad, Asep. (2008). Pengembangan Kurikulum Matematika. Yogyakarta: Multi Presindo.

Mayer, Richard. E. (2009). Multimedia Learning. Yogyakarta: PustakaPelajar.

Munadi, Yudhi. (2008). Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Press.

Sadiman, Arief S. (2010). Media Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta. Cet. Ke-16.

Suprijono, Agus. (2013). Cooperative Learning. Yogyakarta: PustakaPelajar.

Surya, Edy. (2012). Visual Thinking dalam memaksimalkan pembelajaran matematika siswa

dapat membangun karakter bangsa, UNIMED.

http://digilib.unimed.ac.id/public/UNIMED-Article-28357-

Visual%20Thinking%20dan%20Karakter.pdf [05 Desember 2014].

Warsita, Bambang. (2008). Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2016-12-30