PENGARUH PENGGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIF TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA
DOI:
https://doi.org/10.24853/fbc.2.2.8-18Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengamati pengaruh penggunaan multimedia interaktif terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 4 Tangerang tahun ajaran 2014/2015 kelas VIII. Berdasarkan hasil perhitungan statistik kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan multimedia interaktif dengan metode penelitian quasieksperimental menunjukkan bahwa rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukan bahwa multimedia interaktif ini berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa.Referensi
Hadibin, Mochamad Miswar. (2013). Pembangunan Media Pembelajaran Teknik Komputer
Jaringan Kelas X Semester Ganjil pada Sekolah Menengah Kejuruan Taruna Bangsa
Pati Berbasis Multimedia Interaktif, UNSA.
http://www.ijns.org/journal/index.php/ijns/article/view/295/289 [13 Maret 2015].
Jacobsen, David A. (2009). Methods For Teaching. Yogyakarta: PustakaPelajar.
Jihad, Asep. (2008). Pengembangan Kurikulum Matematika. Yogyakarta: Multi Presindo.
Mayer, Richard. E. (2009). Multimedia Learning. Yogyakarta: PustakaPelajar.
Munadi, Yudhi. (2008). Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Press.
Sadiman, Arief S. (2010). Media Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta. Cet. Ke-16.
Suprijono, Agus. (2013). Cooperative Learning. Yogyakarta: PustakaPelajar.
Surya, Edy. (2012). Visual Thinking dalam memaksimalkan pembelajaran matematika siswa
dapat membangun karakter bangsa, UNIMED.
http://digilib.unimed.ac.id/public/UNIMED-Article-28357-
Visual%20Thinking%20dan%20Karakter.pdf [05 Desember 2014].
Warsita, Bambang. (2008). Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).