PENGGUNAAN SOFTWARE LINDO DENGAN METODE PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA MATEMATIKA ANGKATAN 2013 PADA MATAKULIAH PROGRAM LINIER
DOI:
https://doi.org/10.24853/fbc.2.2.19-27Abstrak
Dalam matakuliah Program Linier peneliti melakukan penelitian tindakakan kelas untuk meningkatkan motivasi belajar mahasiswa angkatan 2013 dengan menggunakan metode pembelajaran penemuan terbimbing berbantuan softwareLINDO. Program Linier adalah metode matematik dalam mengalokasikan sumberdaya yang langka untuk mencapai tujuan tunggal seperti memaksimumkan keuntungan atau meminimumkan biaya. Metode penemuan terbimbing merupakan metode pengembangan dari Teori Konstruktivisme Pieget yaitu pembelajaran yang menekankan pentingnya kegiatan mahasiswa yang aktif dalam mengkonstruksikan pengetahuannya sendiri. Secara umum, software LINDO akan menyediakan pengalaman langsung kepada mahasiswa dalam belajar merumuskan, menyelesaikan serta menaksir kebenaran dan kelayakan rumus berdasarkan penyelesaiannya. Secara umum terjadi peningkatan motivasi belajar mahasiswa sebesar 2,82% dari siklus I (69,46%) ke siklus II (72,28%) dan sebesar 2,83% dari siklus II (72,28%) ke siklus III (75,11%). Motivasi belajar mahasiswa pada matakuliah program linier dengan metode pembelajaran penemuan terbimbing berbantuan software LINDO telah mencapai 75,11% dengan kategori tinggi. Lebih lanjut mahasiswa menyukai pembelajaran penemuan terbimbing dengan softwareLINDO dengan hasil persentasi 93,75%.Referensi
Markaban. (2006). Model pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Penemuan
Terbimbing. Yogyakarta: Departemen Pendidikan Nasional Pusat Pengembangan dan
Penatran Guru Matematika.
Sukmadinata, Nana Syaodih. (2007). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT
Remaja Rosdakarya.
Suryabrata, Sumadi. (2005). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sutikno, Sobry. (2009). Belajar dan Pembelajaran Upaya Kreatif dalam Mewujudkan
Pembelajaran yang Berhasil. Bandung: Prospect.
##submission.downloads##
Diterbitkan
2016-12-30
Terbitan
Bagian
Articles
Lisensi
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).