KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH TRIGONOMETRI DITINJAU DARI KECEMASAN MATEMATISNYA
DOI:
https://doi.org/10.24853/fbc.9.2.207-218Kata Kunci:
FRISCO, kemampuan berpikir kritis matematis, trigonometriAbstrak
Kemampuan berpikir kritis merupakan kemampuan dasar matematika yang penting yang harus dimiliki oleh siswa. Kemampuan berpikir kritis ini dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya adalah kecemasan matematika siswa. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis matematis dalam menyelesaikan masalah trigonometri ditinjau dari kecemasan matematika siswa. Penelitian ini dilakukan di empat sekolah menengah atas atau sederajat di Kabupaten Bogor dengan melibatkan 126 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Instrumen yang digunakan terdiri dari 5 butir soal kemampuan berpikir kritis, angket kecemasan matematika, dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan tingkat kecemasan matematika rendah memiliki kemampuan berpikir kritis yang lebih tinggi dibandingkan siswa dengan kecemasan matematika sedang, sedangkan siswa dengan kecemasan matematika sedang memiliki kemampuan berpikir kritis yang lebih tinggi dibandingkan siswa dengan kecemasan matematika tinggi.Referensi
Agus, I., & Purnama, A. N. (2022). Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa: Studi pada Siswa SMPN Satu Atap. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 07(01), 65–74. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr
Benyamin, B., Qohar, A., & Sulandra, I. M. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Kelas X Dalam Memecahkan Masalah SPLTV. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 909–922. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.574
Chukwuyenum, A. N. (2011). From Distance to Online Education : Educational Management in the 21st Century. Journal of Research & Method in Education, 3(5), 85–95.
Ennis, R. H. (1996). Critical Thinking. Prentice Hall.
Firdaus, A. P. (2016). Tingkatkan Masa Produktif Anda Dengan Berpikir Positif. FlasBooks.
Glazer, E. (2001). Using Internet Primary Sources to Teach Critical Teaching Skills in Mathematics. Greenword Press.
Hadi, F. Z., Fathurrohman, M., & Hadi, C. A. (2020). Kecemasan Matematika Dan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Di Sekolah Menengah Pertama. ALGORITMA: Journal of Mathematics Education, 2(1), 59–72. https://doi.org/10.15408/ajme.v2i1.16312
Hakim, R. N., & Adirakasiwi, A. G. (2021). Analisis Tingkat Kecemasan Matematis Siswa SMA. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(4), 809–816. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i4.809-816
Hamdi, A. & B. E. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Aplikasi Dalam Pendidikan. Deepublish.
Kadir, K., Musyrifah, E., & Fatmawati, F. (2021). Students ’ Anxiety and Problem Solving Ability in Mathematics Learning Based on Cognitive Load. ALGORITMA Journal of Mathematics Education (AJME), 3(2), 116–130.
Lanani, K. (2022). Sosok Guru Impartiality Dan Pembelajaran Matematika Inovatif. Yayasan Wiyata Bestari Samasta.
Maulana. (2017). Konsep Dasar Matematika Dan Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis-Kreatif. UPI Sumedang Press.
Putri, Hafiziani Eka, Idat Muqodas, Mukhamad Ady Wahyudy, A. A., & Ayu Shandra Sasqia, and L. A. A. (2020). Kemampuan-Kemampuan Matematis dan Pengembangan Instrumennya. UPI Sumedang Press.
Sukmadinata. (2004). Kurikulum & Pembelajaran Kompetensi. PT Remaja Rosdakarya.
Valengia, H., Novianti, R., Yulistia, E., & Tarigas, D. (2021). Pada Materi Trigonometri. 1(2015), 105–116.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).