PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA POP-UP BOOK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V DI SEKOLAH DASAR

Puspita Winda, Widya Trio Pangestu, Yes Matheos Lasarus Malaikosa

Abstract


ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh metode belajar pop-up book terhadap hasil belajar siswa kelas V tema gangguan kesehatan pada organ peredaran darah di SDN 3 Getas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-experimental design yang digunakan dalam penelitian ini adalah One Group Pretest-Posttest Design. Perolehan data dilakukan dengan observasi. Hasil observasi yang dilakukan peneliti guru dan siswa lebih tertarik menggunakan media pop-up book. Hasil dari penelitian serta pembahasan melalui tes pada siswa menunjukkan bahwa nilai Sig.(2-tailed) yaitu 0.00 lebih kecil dari 0.05 sehingga dalam hal ini Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga terdapat pengaruh penggunaan media pop-up dengan hasil belajar siswa kelas V tema gangguan kesehatan pada organ peredaran darah di SDN 3 Getas.
Kata kunci: Hasil Belajar, Pop-Up Book, Tematik


Full Text:

PDF

References


REFERENSI

Adiputra, D. K., & Heryadi, Y. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tgt (Teams Games Tournament) Pada Mata Pelajaran IPA Di Sekolah Dasar. Holistika:Jurnal Ilmiah PGSD, 5(2), 104–109. jurnal.umj.ac.id/index.php/holistika

Alfonita, F. (2018). Media pop-up untuk anak SD. Computers and Industrial Engineering, 2(January), 6. http://ieeeauthorcenter.ieee.org/wp-content/uploads/IEEE-Reference-Guide.pdf%0Ahttp://wwwlib.murdoch.edu.au/find/citation/ieee.html%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.cie.2019.07.022%0Ahttps://github.com/ethereum/wiki/wiki/White-Paper%0Ahttps://tore.tuhh.de/hand

Dula, S. N. G. (2017). Pengembangan Media Pop-Up Book Pada Materi Bentuk Permukaan Bumi Sdn Mangunsari Semarang. Universitas Negeri Semarang, 1–108.

Hasan, H. K., & Pasinggi, Y. S. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pop-Up Book Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Kelas Empat Di Kabupaten Pinrang. 1(2), 200–209.

Hasanah, U. (2019). Pengaruh Media Pop Up Book Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas V Sd Negeri 99 Kota Bengkulu. IAIN Bengkulu, 1–114.

Kanta, D. (n.d.). Pengaruh Media Pop Up Book Terhadap Peningkatan. Repository.Uinjkt.Ac.Id, 6(1), 49–61. http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/25896

Keguruan, F., Ilmu, D. A. N., & Sriwijaya, U. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Pop Up Book Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V. SKRIPSI Oleh Tri Kurniati Nomor Induk Mahasiswa 06121013011.

Khalifah, S. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pop Up Book untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. UIN Syarif Hidayatullah, 126(1), 1–7.

Lestari, F. S. (2019). Peran Media Dalam Pop-Up Book. Seminar Nasional Pendidikan, 37, 728–733.

Malaikosa, Y. M. L., & Permata, S. D. (2021). Implementasi ANBK Terhadap Kesiapan Mental Peserta Didik. … and Learning of …, 02(01). http://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/ELES/article/view/412%0Ahttp://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/ELES/article/download/412/193

Pangestu, W. T., Wana, P. R., & Wahyudi, A. (2021). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Materi Berorganisasi Pelajaran PKN dengan Menggunakan Model Pembelajaran SQ3R. Education and Learning of Elementary School (ELES), 01(02).

Pratama, F., Firman, & Neviyarni. (2010). Pengaruh Motivasi Belajar IPA Siswa Terhadap Hasil Belajar. EDUKATIF : Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 280–286. https://edukatif.org/index.php/edukatif/index%0APENGARUH

Riwahyudin, A. (2015). Pengaruh Sikap Siswa Dan Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Sekolah Dasar Di Kabupaten Lamandau. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(1),




DOI: https://doi.org/10.24853/holistika.6.1.1-7

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD Indexing By:

 

 

 

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Powered by Puskom-UMJ