ANALISIS PEMBELAJARAN PPKN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL KELAS III SD YAYASAN BRK
DOI:
https://doi.org/10.24853/holistika.6.1.8-13Abstract
ABSTRAKPembelajaran PPKn di sekolah dasar adalah mengembangkan dan melestarikan nilai luhur pancasila dan nilai moral budaya bangsa yang mewujudkan dalam bentuk perilaku dalam kehidupan sehari-hari yang dimulai atau ditanamkan sejak usia dini atau tahap sekolah dasar. Oleh karena itu, kesulitan yang dirasakan siswa adalah dalam menerima materi sebab media yang digunakan tidak efektif berdasarkan hal tersebut maka masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana pembelajaran PPKn menggunakan media audio visual. Tujuan penelitan ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan pembelajaran PPKn dengan menggunakan media audio visual. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan analisis observasi, wawancara dan dokumentasi hasil evaluasi soal PPKn. Data yang telah terkumpul kemudian dianaliasis menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai mata pelajaran PPKn siswa dapat dikatagorikan cukup baik dengan persentase sebesar 60% dan frekuensi sebanyak 18 siswa pada kategori baik dan persentase sebesar 40% dengan frekuensi sebanyak 12 siswa pada kategori cukup. Dalam menjawab pertanyaan-pertanyan yang di berikan guru dalam bentuk pilihan ganda tidak ada siswa yang mendapatkan nilai rendah atau tidak ada siswa yang masuk pada kategori Kurang.Kata kunci: PPKn, Media Audio Visual, Sekolah DasarReferences
REFERENSI
Lia, W. (2019). Penggunaan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sneni Budaya Dan Keterampilan Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 004 Rambah Samo. Indonesian Journal Of Basic Education Vol 2 Nomor 1 , 1-4.
Mariyani, A. A. (2019). Pemanfaatan Media Berbasis Ict "Kahoot" Dalam Pembelajaran Ppkn Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Bhineka Tunggal Ika, Volume 6 Nomor 2 , 208-216.
Musfah, J. (2015). Menejemen Pendidikan. Kencana: Prenadamedia Group.
Sukmadinata, N. S. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Pt Remaja Rosdakarya.
Thobroni. (2017). Belajar & Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Downloads
Published
2022-05-25
How to Cite
Ambarwati, A., Arafat, Y., & Aryaningrum, K. (2022). ANALISIS PEMBELAJARAN PPKN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL KELAS III SD YAYASAN BRK. Jurnal Holistika, 6(1), 8–13. https://doi.org/10.24853/holistika.6.1.8-13
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).