ANALISIS PEMBELAJARAN PPKN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL KELAS III SD YAYASAN BRK

Anisa Ambarwati, Yasir Arafat, Kiki Aryaningrum

Abstract


ABSTRAK
Pembelajaran PPKn di sekolah dasar adalah mengembangkan dan melestarikan nilai luhur pancasila dan nilai moral budaya bangsa yang mewujudkan dalam bentuk perilaku dalam kehidupan sehari-hari yang dimulai atau ditanamkan sejak usia dini atau tahap sekolah dasar. Oleh karena itu, kesulitan yang dirasakan siswa adalah dalam menerima materi sebab media yang digunakan tidak efektif berdasarkan hal tersebut maka masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana pembelajaran PPKn menggunakan media audio visual. Tujuan penelitan ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan pembelajaran PPKn dengan menggunakan media audio visual. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan analisis observasi, wawancara dan dokumentasi hasil evaluasi soal PPKn. Data yang telah terkumpul kemudian dianaliasis menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai mata pelajaran PPKn siswa dapat dikatagorikan cukup baik dengan persentase sebesar 60% dan frekuensi sebanyak 18 siswa pada kategori baik dan persentase sebesar 40% dengan frekuensi sebanyak 12 siswa pada kategori cukup. Dalam menjawab pertanyaan-pertanyan yang di berikan guru dalam bentuk pilihan ganda tidak ada siswa yang mendapatkan nilai rendah atau tidak ada siswa yang masuk pada kategori Kurang.
Kata kunci: PPKn, Media Audio Visual, Sekolah Dasar


Full Text:

PDF

References


REFERENSI

Lia, W. (2019). Penggunaan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sneni Budaya Dan Keterampilan Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 004 Rambah Samo. Indonesian Journal Of Basic Education Vol 2 Nomor 1 , 1-4.

Mariyani, A. A. (2019). Pemanfaatan Media Berbasis Ict "Kahoot" Dalam Pembelajaran Ppkn Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Bhineka Tunggal Ika, Volume 6 Nomor 2 , 208-216.

Musfah, J. (2015). Menejemen Pendidikan. Kencana: Prenadamedia Group.

Sukmadinata, N. S. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Pt Remaja Rosdakarya.

Thobroni. (2017). Belajar & Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.




DOI: https://doi.org/10.24853/holistika.6.1.8-13

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD Indexing By:

 

 

 

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Powered by Puskom-UMJ