EVALUASI PROGRAM PUBLIC SPEAKING “MUHADHARAH” DENGAN MODEL (CIPP) CONTEXT, INPUT, PROCESS AND PRODUCT PADA TINGKAT SEKOLAH DASAR

Kheryadi Kheryadi, Muchlas Suseno, Samsi Setiadi

Abstract


ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkarakterisasi elemen konteks, input, proses, dan produk dari Program Public Speaking “Muhadharah” di SD-IT di kota Serang. Ini adalah studi evaluasi yang menggunakan (Stufflebeam, 2005) model, Observasi, wawancara, analisis dokumen, dan sumber daya audio visual yang digunakan untuk mengumpulkan data. Data dievaluasi menggunakan model aliran penelitian data kualitatif yang dikemukakan oleh (Miles, 1994) yang meliputi reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan verifikasi. Dalam hal evaluasi produk, MPSP menunjukkan bahwa mereka dapat memperluas kosa kata mereka. Ini membantu mereka dalam belajar bahasa Inggris di kelas, khususnya dalam berbicara; mereka dapat berbicara bahasa Inggris dengan lancar dan percaya diri, dan mereka memahami cara mengucapkan kata dan intonasi kalimat dengan benar. Ini memiliki potensi untuk membuat orang berani berbicara. Namun, masih perlu dikembangkan karena siswa yang mengikuti MPSP hanya mematuhi aturan dan tidak menyadari pentingnya bahasa bagi diri mereka sendiri.
Kata kunci: Evaluasi, Model CIPP, Muhadharah Public Speaking Program (MPSP)


Full Text:

PDF

References


REFERENSI

Bailey, S. C. (2012). Evaluation of language concordant, patient-centered drug label instructions. Journal of General Internal Medicine, 27(12), 1707–1713. https://doi.org/10.1007/s11606-012-2035-3

Bhola, H. S. (2005). Developing Discourses on Evaluation. Evaluation Models, 383–394. https://doi.org/10.1007/0-306-47559-6_20

Bourgon, G. (2010). The role of program design, implementation, and evaluation in evidence-based “real world” community supervision. Federal Probation, 74(1), 2–15. https://api.elsevier.com/content/abstract/scopus_id/77956294308

Brown, J. D. (1995). The elements of language curriculum. Boston: Heinle and Heinle.

Creswell, J. W. (2014). Research Design Qualitative, Quantitative, Mixed Method Approaches. Singapore: SAGE Publication. Fourth edition.

Curtin, A. (2013). Development and Evaluation of an International Service Learning Program for Nursing Students. Public Health Nursing, 30(6), 548–556. https://doi.org/10.1111/phn.12040

Goodrich, J. (2017). Language-independent and language-specific aspects of early literacy: An evaluation of the common underlying proficiency model. Journal of Educational Psychology, 109(6), 782–793. https://doi.org/10.1037/edu0000179

Kellaghan, T., & Madaus, G. F. (2005). Outcome Evaluation. Evaluation Models, 97–112. https://doi.org/10.1007/0-306-47559-6_5

Knapik, M. (2006). The Qualitative Research Interview: Participants’ Responsive Participation in Knowledge Making. International Journal of Qualitative Methods, 5(3), 77–93. https://doi.org/10.1177/160940690600500308

Madaus, G. F., Haney, W., & Kreitzer, A. (2005). The Role of Testing in Evaluations. Evaluation Models, 113–125. https://doi.org/10.1007/0-306-47559-6_6




DOI: https://doi.org/10.24853/holistika.6.1.14-23

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD Indexing By:

 

 

 

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Powered by Puskom-UMJ