PERSEPSI GURU SEKOLAH DASAR JAKARTA UTARA DAN KEPULAUAN SERIBU TENTANG KURIKULUM MERDEKA
DOI:
https://doi.org/10.24853/holistika.6.1.28-33Abstract
ABSTRAKPenelitian ini membahas tentang persepsi guru tentang kurikulum baru yaitu Kurikulum Merdeka. Kurikulum yang fokus pada pemberian pengalaman belajar yang terbaik dan bermakna bagi siswa. Tinjauan pustaka terkait topik ini mengungkapkan beberapa bidang pertimbangan mengenai perspektif guru tentang penerapan Kurikulum Merdeka yang baru. Desain kualitatif diimplementasikan dan dilakukan pada guru Sekolah Dasar di Jakarta Utara dan Pulau Seribu. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, angket, observasi dan telaah dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Guru SD memiliki persepsi positif terhadap penerapan Kurikulum Merdeka, (2) terdapat lima faktor yang mempengaruhi persepsi guru terhadap penerapan Kurikulum Merdeka yaitu pengalaman mengajar guru, latar belakang pendidikan, pelatihan guru. , pengalaman pribadi sebelumnya dan gelar pendidikan guru. (3) Persepsi guru mempengaruhi cara guru memberikan proses pembelajaran kepada siswa. Berdasarkan temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa persepsi guru terhadap penerapan kurikulum Merdeka berpengaruh signifikan terhadap proses belajar mengajar yang diberikan oleh guru sekolah dasar.Kata kunci: Persepsi Guru, Sekolah Dasar, Kurikulum MerdekaReferences
REFERENSI
Nation, I.S.P. & Macalister, J. 2010. Language Curriculum and Design. New York: Taylor and Francis Group
Creswell, John W. 2016. Research Design : Pendekatan Metode Kualitatif,. Kuantitatif dan Campuran.
Kotler, Philip (2000). Prinsip – Prinsip Pemasaran Manajemen, Jakarta : Prenhalindo.
Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Teknologi 2019 (4 Episode Merdeka belajar)
Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Teknologi 2020 (kebijakan Kurikulum merdeka)
Kementerian Pendidikan Kebudayaan riset dan Teknologi 2022 (Kepmendikbudristek tentang Implementasi Kurikulum Merdeka)
Downloads
Published
2022-05-25
How to Cite
Saputra, D. W., & Hadi, M. S. (2022). PERSEPSI GURU SEKOLAH DASAR JAKARTA UTARA DAN KEPULAUAN SERIBU TENTANG KURIKULUM MERDEKA. Jurnal Holistika, 6(1), 28–33. https://doi.org/10.24853/holistika.6.1.28-33
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).