PENGGUNAAN METODE MULTISENSORI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK BERKESULITAN BELAJAR MEMBACA DI SEKOLAH DASAR

Nadia Gustiani, Neti Asmiati, Toni Yudha Pratama

Abstract


ABSTRAK
Tinjauan ini berencana untuk mengetahui keterampilan membaca yang mendasari anak-anak dengan kesulitan dalam membaca di kelas 4 sekolah dasar. fakta di lapangan menunjukkan bahwa anak berkesultan belajar membaca belum mampu membaca huruf. Adapun faktor penyebabnya adalah kurangnya metode dalam mengajar yang dilakukan oleh pengajar. metode multisensori adalah teknik yang mengharapkan pembelajaran akan terlaksana dengan baik apabila diperkenalkan sebagai metode pembelajaran. Modalitas yang dimaksud adalah penglihatan (visual), pendengaran (auditory), gerakan (kinestetik), dan sentuhan (tactile). Penelitian ini diarahkan untuk lebih melihat perkembangan kemampuan membaca awal dengan teknik multisensori di SDN 2 Sukajadi. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan subjek tunggal. Subjek ini adalah salah satu siswa kelas IV yang mengalami kesulitan belajar membaca di SDN 2 Sukajadi. Perilaku yang akan diubah dalam penelitian ini adalah kemampuan membaca huruf vokal (a, i, u, e, o) dan konsonan (b, c, d, f, g). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca huruf vokal mendapat skor yang khas pada baseline 1 (A-1), intervensi (B), dan baseline 2 (A-2), yaitu 20%, 88,12%, dan 69,5%. Kemudian, hasil kemampuan membaca konsonan mendapat skor pada baseline 1 (A_1), intervensi (B), dan baseline 2 (A_2), yaitu 6%, 82,12%, dan 56,5%. Sehingga dapat dikatakan bahwa penggunaan metode multisensori dapat mengembangkan kemampuan membaca awal pada anak yang mengalami kesulitan belajar dalam membaca di SDN 2 Sukajadi.

Kata kunci: Metode Multisensori, Anak Berkesulitan Belajar Membaca, Kemampuan Membaca Permulaan


Full Text:

PDF

References


REFERENSI

Anjarningsih, Harwintha Y. 2021. “Disleksia Perkembangan” Perspektif Siswa dan Guru. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Aulia., M, dkk. 2019. Penggunaan Big Book dalam Pembelajaran Membaca Permulaan di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu Vol 3, No. 3 Hal 963-969.

Dau, Maria B., N. 2021. Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Cerita Bergambar pada Siswa Kelas I SDK Tokojaeng. Jurnal Mitra Pendidikan Online (JMP Online) Vol. 5 No. 9, 665-681.

Dekdibud. 1999. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Hendardijati, Wita. 2021. Buku Panduan Lancar Membaca Ceria. Yogyakarta: Deepublish.

Kuntjojo. 2021. PSIKOLOGI PENDIDIKAN. Kediri: GUEPEDIA.

Lestari, I., dkk. 2014. Dysfun Course (Kursus Membaca dan Menulis Pertama Di Indonesia Bagi Anak-Anak Yang Mengidap Disleksia). Jurnal Fakultas Psikologi.

Lisinus, R., & Sembiring. P. 2020. Pembinaan Anak Berkebutuhan Khusus (Sebuah Perspektif Bimbingan Konseling) Medan: Yayasan Kita Menulis

Lusiana, Evellin Dewi & Mohammad Mahmudi. 2021. ANOVA untuk Penelitian Eksperimen: Teori dan Praktik. Malang: UB.

Marienzi, R. 2012. Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Angka Melalui Metode Multisensori bagi Anak Autis. Jurnal penelitian Pendidikan khusus, 1.(3).

Marlina. 2019. Asesmen kesulitan belajar. Jakarta:

Mertha Jaya, I Made. 2020. Metode Penelitian Kuantitatif, dan Kualitatif : Teori, Penerapan, dan Riset Nyata. Anak Hebat Indonesia: Yogyakarta.

Mulyadi. 2010. Diagnosis Kesulitan Belajar & Bimbingan Terhadap Kesulitan Belajar. Yogyakarta: Nuha Litera.

Nurjanah, E. 2017. Metode Multisensori Terhadap Kemampuan Mengenal Lambing Bilangan 1-10 Pada Anak Autis. Jurnal Pendidikan khusus, 9(2).

Olivia, S. 2015. Deteksi Dini psikologi Balita Hingga Menulis. Jakarta: Gramedia

Pertiwi, Adharina Dian. 2016. Study Deskriptif Proses Membaca Permulaan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, Voume 5 hal 760.

Republik Indonesia. Undang-undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.

Riyanto, Slamet & Aglis Andhita Hatmawan. Metode Riset Penelitian Kuantitatif Penelitian di Bidang manjemen, Teknik, Pendidikan dan Eksperimen. Yogyakarta: Deepublish Publisher. Rosmana, Iyos A. 2011. Cara Membentuk Fonem Bahasa Indonesia.

Rukajat, Ajat. 2018. Pendekatan Penelitian Kuantitatif: Quantitative Research Approach. Yogyakarta: Deepublish Publisher.

Saepul, Asep Hamdi & E. Bahruddin. 2015. Metode penelitian kuantitatif aplikasi dalam pendidikan. Yogyakarta: CV. Budi Utama.

Soetopo, Helyantini. 2007. Pendamping Berlatih Calistung untuk TK A. Jakarta: Penerbit Erlangga.




DOI: https://doi.org/10.24853/holistika.6.1.49-56

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD Indexing By:

 

 

 

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Powered by Puskom-UMJ