IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MENINGKATKAN KARAKTER SISWA PADA KURIKULUM 2013

Authors

  • Venni Herli Sundi Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Zulela M S Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Edwita Edwita Universitas Muhammadiyah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.24853/holistika.6.1.24-28

Abstract

ABSTRAKSekolah dasar adalah tempat dari Pendidikan dasar anak-anak yang dimana anak-anak dapatmemperoleh pengetahuan dan Pendidikan karakternya. Pada proses pengembangannya kurikulumdalam proses meningkatkan karakter sangat penting untuk dilakukan saat ini, yaitu dimana prosespembentukan karakter peserta didik. Tetapi pada kenyataannya kurikulum yang berbasis Pendidikankarakter saat ini masih rendah yaitu dimana belum adanya integrasi nilai-nilai karakter ke dalamseluruh mata pelajaran atau muatan local serta proses pengembangan diri dan kurangngnya sikappembiasaan diri dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan dalam peleitian ini adalah bagaimana strategipembentuka karakter siswa dan bagaiamana peran guru dalam mengoptimalkan karakter dalamkurikulum 2013. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif yang bertempat di SD LabSchool FIP UMJ dengan subjek penelitian kepala sekolah dan guru. Hasil dari penelitian ini denganmelaksakan wawancara dengan kepala sekolah dan guru yaitu di SD Lab School FIP UMJmenanamkan Pendidikan karakter dengan mengintegrasikan dalam profil pelajaran Pancasila, yaitumengenal dan mencintai Tuhan Yang Maha Esa dan Pemahaman Agama/Kepercayaan, untukmemperkuat karakter tesebut SD Lab School FIP UMJ menerapkan pembelajaran Al Quran berbasisQiraati yaitu metode mambaca Al Quran dengan makhraj dan kaidah sebaik mungkin seperti yang dicontohkan Rasulullah SAW dengan begitu karakter siswa dapat meningkat.Kata kunci: Pendidikan Karakter, Kurikulum 2013, Metode Qiraati

References

REFERENSI

Abdul Majid dan Dian Andayani. (2011). Pendidikan Karakter Perspektif Islam. (PT. Remaja Rosdakarya, Ed.). Bandung

Admin. (2012). Kurikulum Pendidikan Karakter

Hendro Darmawan, D. (2010). Kamus Ilmiah Populer Lengkap. Yogyakarta: Bintang Cemerlang.

Kesuma, Dharma, dkk. (2011). Pendidikan Karakter; Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyasa. (2013). Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.

Oemar Hamalik. (2012). Manajemen Pengembangan Kurikulum. Bandung:PT Remaja Rosdakarya.

Oemar Hamalik. (2007). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Kamus Bahas

Downloads

Published

2022-05-25

How to Cite

Sundi, V. H., S, Z. M., & Edwita, E. (2022). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MENINGKATKAN KARAKTER SISWA PADA KURIKULUM 2013. Jurnal Holistika, 6(1), 24–28. https://doi.org/10.24853/holistika.6.1.24-28

Issue

Section

Articles