IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MENINGKATKAN KARAKTER SISWA PADA KURIKULUM 2013
DOI:
https://doi.org/10.24853/holistika.6.1.24-28Abstract
ABSTRAKSekolah dasar adalah tempat dari Pendidikan dasar anak-anak yang dimana anak-anak dapatmemperoleh pengetahuan dan Pendidikan karakternya. Pada proses pengembangannya kurikulumdalam proses meningkatkan karakter sangat penting untuk dilakukan saat ini, yaitu dimana prosespembentukan karakter peserta didik. Tetapi pada kenyataannya kurikulum yang berbasis Pendidikankarakter saat ini masih rendah yaitu dimana belum adanya integrasi nilai-nilai karakter ke dalamseluruh mata pelajaran atau muatan local serta proses pengembangan diri dan kurangngnya sikappembiasaan diri dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan dalam peleitian ini adalah bagaimana strategipembentuka karakter siswa dan bagaiamana peran guru dalam mengoptimalkan karakter dalamkurikulum 2013. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif yang bertempat di SD LabSchool FIP UMJ dengan subjek penelitian kepala sekolah dan guru. Hasil dari penelitian ini denganmelaksakan wawancara dengan kepala sekolah dan guru yaitu di SD Lab School FIP UMJmenanamkan Pendidikan karakter dengan mengintegrasikan dalam profil pelajaran Pancasila, yaitumengenal dan mencintai Tuhan Yang Maha Esa dan Pemahaman Agama/Kepercayaan, untukmemperkuat karakter tesebut SD Lab School FIP UMJ menerapkan pembelajaran Al Quran berbasisQiraati yaitu metode mambaca Al Quran dengan makhraj dan kaidah sebaik mungkin seperti yang dicontohkan Rasulullah SAW dengan begitu karakter siswa dapat meningkat.Kata kunci: Pendidikan Karakter, Kurikulum 2013, Metode QiraatiReferences
REFERENSI
Abdul Majid dan Dian Andayani. (2011). Pendidikan Karakter Perspektif Islam. (PT. Remaja Rosdakarya, Ed.). Bandung
Admin. (2012). Kurikulum Pendidikan Karakter
Hendro Darmawan, D. (2010). Kamus Ilmiah Populer Lengkap. Yogyakarta: Bintang Cemerlang.
Kesuma, Dharma, dkk. (2011). Pendidikan Karakter; Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Mulyasa. (2013). Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.
Oemar Hamalik. (2012). Manajemen Pengembangan Kurikulum. Bandung:PT Remaja Rosdakarya.
Oemar Hamalik. (2007). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Kamus Bahas
Downloads
Published
2022-05-25
How to Cite
Sundi, V. H., S, Z. M., & Edwita, E. (2022). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MENINGKATKAN KARAKTER SISWA PADA KURIKULUM 2013. Jurnal Holistika, 6(1), 24–28. https://doi.org/10.24853/holistika.6.1.24-28
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).