Efektivitas Pembelajaran Daring Pada Siswa Disabilitas Di Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC) Jakarta

Bambang Irawan, Nida Handayani, Pratiwi Kartika Sari, Wulandary Wulandary, Anisa Dwi Pratiwi

Abstract


Pembelajaran adalah salah satu proses dalam pendidikan, dimana setiap siswa berhak memeperoleh pendidikan dan pembelajaran sesuai dengan karakteristik pribadi dan kemampuan fisiknya. Pada siswa disabilitas, proses pembelajaran bukan suatu hal yang sederhana, karena keterbatasan fisik dan penyesuaian alat pendukung pada proses pembelajaran. Perkembangan tekhnologi dan adanya pandemi covid 19 mengharuskan peserta didik menggunakan metode daring pada pembelajaran, namun dengan keterbatasan fisik siswa disabilitas perlu melakukan penyesuaian ekstra dibandingkan dengan siswa normal lainnya karena fasilitas sarana prasarana terkait tekhnologi juga perlu menyesuaikan dengan kebutuhan siswa disabilitas yang unik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektifitas pembelajarandaring bagi siswa disabilitas di Yayasan Pembinaan Anak Cacat Jakarta. Metode penelitian deskripif dengan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dengan informan kunci dan pendukung, observasi terhadap proses pembelajaran daring bagi siswa disabilitas, dan pengamatan terhadap dokumen-dokumen terkait seperti kebijakan, operasional prosedur pembelajaran dan lainnya. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran daring yang dilakukan oleh siswa disabilitas kurang memberikan ketercapaian hasil pembelajaran, karena berbagai hambatan seperti sarana prasarana daring, kurangnya pendampingan yang intensif, serta siswa disabilitas membutuhkan model pembelajaran dengan sentuhan secara langsung untuk mencapai gerak motoric yang optimal pada saat pembelajaran, sehingga pembelajaran pada masa pandemic tidak hanya dilakukan secara daring, namun juga luring atau dengan kata lain pembelajaran dilakukan secara hibryd. Dukungan dari seluruh unsur seperti guru dan orang tua juga menjadi factor penentu ketercapaian pembelajaran siswa.


Full Text:

PDF

References


Guru SMAN 1 Tebing Tinggi. 2016. Pendidikan Perspektif Islam. Pendidikan Perspektif Islam - Riaumandiri.co. Diakses 14 Mei 2022

Latifa Suhada Nisa. 2016. Pemenuhan Kebutuhan Pendidikan Bagi Penyandang Disabilitas Di Kalimantan Selatan. Jurnal Kebijakan Pembangunan, vol.14 no.1, Oktober 2016

Mahmudi, 2005. Manajemen Kinerja Sektor Publik, Yogyakarta: UPP AMP YKPN.

Makmur, 2011. Efektivitas Kebijakan Kelembagaan Pengawasan, Bandung: Refika Aditama.

Rohiqi, Tubi. 2018. Keadilan Sosial dalam Pendidikan Perspektif Islam. Edukais: Jurnal Pemikiran Keislaman, Vol: 02, No. 2, Desember 2018

Sedarmayanti, 2006. Sumber Daya Manusia Dan Produktifitas Kerja, Bandung: Mandar Maju.

Sobih AW Adnan. 2020. 10 Hadist Tentang Pendidikan. 10 Hadis Tentang Pendidikan (oase.id). Diaksen 14 Mei 2022

Subagyo, Pangestu 2000. Manajemen Operasi. Edisi pertama. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Ulum, Ihyaul MD, 2004. Akuntansi Sektor Publik, Malang: UMM Press.

Wiwik Afifah, Syofyan Hadi. 2018. Hak Pendidikan Penyandang Disabilitas Di Jawa Timur. DIH: Jurnal Ilmu Hukum, Volume 14 Nomor 28 Agustus 2018




DOI: https://doi.org/10.24853/holistika.6.2.94-100

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD Indexing By:

 

 

 

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Powered by Puskom-UMJ