PENERAPAN PENDEKATAN PROSES PADA PEMBELAJARAN TEMATIK SISWA SEKOLAH DASAR

Pratiwi Kartika Sari, Syifa Khaerani, Mega Achdisty Noordyana

Abstract


To achieve the learning objectives in the Thematic lesson, an appropriate approach is needed. This research is a quantitative research that gives an overview on thematic learning process by using process approach. The formulation of this research is to see if there is any influence of the implementation of process approach on low-grade thematic learning of elementary school students. The sample of third grade students of SDN Cireunde 01 is 2 class, IIIC class is used as experiment class as much as 32 people and class IIIB as control class as many as 32 people. The research design used is Random Pretest-Posttes with the results of research is there is a significant influence the application of the process approach tehthe thematic teaching of elementary school students class III in SDN Cireunde 01, so it can be concluded that the process approach has a positive effect on student learning outcomes


Untuk mencapai tujuan pembelajaran dalam pembelajaran Tematik, diperlukan sebuah pendekatan yang tepat. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang memberikan gambaran pada proses pembelajaran tematik dengan menggunakan pendekatan proses. Rumusan penelitian ini adalah untuk melihat apakah terdapat pengaruh penerapan pendekatan proses pada pembelajaran tematik kelas rendah siswa sekolah dasar. Sampel penelitian siswa kelas III SDN Cireunde 01 sebanyak 2 kelas, kelas IIIC dijadikan kelas eksperimen sebanyak 32 orang dan kelas IIIB sebagai kelas kontrol sebanyak 32 orang. Desain penelitian yang digunakan adalah Random Pretest-Posttes dengan hasil peneltian adalah terdapat pengaruh yang signifikan  penerapan pendekatan proses tehhadap pembelajaran tematik siswa sekolah dasar kelas III di SDN Cireunde 01, sehingga dapat disimpulkan bahwa pendekatan proses berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta.

Daryanto. (2014). Pembelajaran Tematik, Terpadu, Terintegrasi (Kurikulum 2013). Yogyakarta : Gava Media.

Dimyati & Mudjiono. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.

Kurniawan, D. (2014). Pembelajaran Terpadu Tematik (Teori, Praktik, dan Penilaian). Bandung : Alfabeta.

Majid, Abdul. (2014). Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. (2016). Menjadi Guru Profesional. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Ramayulis. (2015). Filsafat Pendidikan Islam : Analisis Filosofis Sistem Pendidikan Islam. Jakarta : Kalam Mulia.

Sagala, Syaiful. (2013). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung : Alfabeta.

Riduwan. (2013). Pengantar Statistika. Bandung : Alfabeta.

Sundayana, Rostina. (2013). Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.

Siregar, Eveline. (2014). Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor : Ghalia Indonesia.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Suryosubroto, B. (2013). Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta : Rineka Cipta.

Supardi. (2016). Aplikasi Statistik dalam Penelitian Edisi Revisi. Jakarta : Change Publication.

Susanto, Ahmad. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta : Prenadamedia Group.

Unaradjan, Dominikus Dolet. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta : Universitas Atma Jaya Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.24853/holistika.1.2.%25p

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD Indexing By:

 

 

 

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Powered by Puskom-UMJ