PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS BERBASIS AL QUR'AN MELALUI METODE QIRA'ATI PADA SISWA KELAS 2 SD LAB SCHOOL FIP UMJ
DOI:
https://doi.org/10.24853/holistika.6.2.73-79Abstract
Rendahnya moral suatu bangsa mengharuskan dunia pendidikan ikut serta dalam mengambil solusi untuk menangani masalah yang ada. Salah satunya dengan penguatan pendidikan karakter yang dimulai dari usia dini atau memasuki jenjang sekolah dasar. Selain orang tua dan masyarakat, sekolah memiliki peran tidak kalah penting. Oleh sebab itu, pemerintah mewajibkan pengimplementasian penguatan pendidikan karakter di sekolah-sekolah mulai dari jenjang dasar hingga perguruan tinggi. Di beberapa wilayah di Indonesia sudah banyak sekolah yang menerapkan penguatan pendidikan karakter yang terintegrasi dalam kurikulum, salah satu sekolah yang telah menerapkannya yaitu SD Lab School FIP UMJ, di Tangerang Selatan. Implementasi yang diterapkan adalah penguatan pendidikan karakter religius berbasis Al Quran melalui metode qira’ati. Melalui penguatan religius dengan metode qira’ati diharapkan dapat memperkuat karakter agar tidak melakukan penyimpangan moral. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi, faktor pendukung serta penghambat dari program penguatan karakter religius berbasis Al Quran melalui metode qira’ati di SD Lab School FIP UMJ. Metode penelitian yang dilakukan adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, kuisioner dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode qira’ati yang diterapkan di SD Lab School FIP UMJ dapat menguatkan karakter religius pada peserta didik kelas 2 SD Lab School FIP UMJ. Adapun faktor penghambat dalam pelaksanaan kegiatan qira’ati yaitu perubahan suasan hati peserta didik. Akan tetapi hal ini menjadi tantangan bagi guru qira’ati dan pihak sekolah untuk menjaga suasana hati dan lingkungan peserta didik agar tetap stabil dan konsisten. Faktor pendukung dari kegiatan qira’ati sendiri yakni tersedianya fasilitas yang mengumpuni pelaksanaan qira’ati.References
Ahsanulkhaq, M. (2019). Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Melalui Metode Pembiasaan. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 2(1), 24–25.
Asmani. (2019). Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Diva Press.
Baharun, H., & Ummah, R. (2018). Strengthening Students’ Character in Akhlaq Subject Through Problem Based Learning Model. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 3(1), 21. https://doi.org/10.24042/tadris.v3i1.2205
Hambali, M., & Yulianti, E. (2018). Ekstrakurikuler Keagamaan Terhadap Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik Di Kota Majapahit. Pedagogik, 5(2), 193–208.
Haniah, A. R., Aman, A., & Setiawan, R. (2020). Integration of strengthening of character education and higher order thinking skills in history learning. Journal of Education and Learning (EduLearn), 14(2), 183–190. https://doi.org/10.11591/edulearn.v14i2.15010
Hasanah, R. (2020). Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Al-Qur’an. AL-MUADDIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 2(2), 81–109. https://doi.org/10.46773/muaddib.v2i2.84
Imam Mashudi Latif. (2019). Efektifitas Metode Qira’ati dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur’an Bagi Anak Usia Dini. Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial Dan Budaya FAI Undar Jombang, 4(2), 308–327.
Jannah, M. (2019). Metode Dan Strategi Pembentukan Karakter Religius Yang Diterapkan Di Sdtq-T an Najah Pondok Pesantren Cindai Alus Martapura. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 4(1), 77. https://doi.org/10.35931/am.v4i1.178
Lestari, P., & Nafiqoh, H. (2018). Pengembangan Kecerdasan Emosi Anak Usia Dini dengan Metode Qira’ati. 1(4).
Marzuki, & Haq, P. I. (2018). Penanaman Nilai-Nilai Karakter Religius dan Karakter Kebangsaan di Madrasah Tsanawiyah Al Falah Jatinangor Sumedang. 8(1), 84–94. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpk.v8i1.21677, hal. 84-94
Mulyani, H., & Maryono, M. (2019). Implementasi Metode Qira’ati Dalam Pembelajaran Al-Qur’an. Paramurobi: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 25–34. https://doi.org/10.32699/paramurobi.v2i2.1294
Susilo, M. J., Dewantoro, M. H., & Yuningsih, Y. (2022). Character education trend in Indonesia. Journal of Education and Learning (EduLearn), 16(2), 180–188. https://doi.org/10.11591/edulearn.v16i2.20411
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).