PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS BERBASIS AL QUR'AN MELALUI METODE QIRA'ATI PADA SISWA KELAS 2 SD LAB SCHOOL FIP UMJ

Imam Mujtaba, Munifah Bahfen, Farihen Farihen, Putri Garda Maharani, Atikah Robbaniyyah

Abstract


Rendahnya moral suatu bangsa mengharuskan dunia pendidikan ikut serta dalam mengambil solusi untuk menangani masalah yang ada. Salah satunya dengan penguatan pendidikan karakter yang dimulai dari usia dini atau memasuki jenjang sekolah dasar. Selain orang tua dan masyarakat, sekolah memiliki peran tidak kalah penting. Oleh sebab itu, pemerintah mewajibkan pengimplementasian penguatan pendidikan karakter di sekolah-sekolah mulai dari jenjang dasar hingga perguruan tinggi. Di beberapa wilayah di Indonesia sudah banyak sekolah yang menerapkan penguatan pendidikan karakter yang terintegrasi dalam kurikulum, salah satu sekolah yang telah menerapkannya yaitu SD Lab School FIP UMJ, di Tangerang Selatan. Implementasi yang diterapkan adalah penguatan pendidikan karakter religius berbasis Al Quran melalui metode qira’ati. Melalui penguatan religius dengan metode qira’ati diharapkan dapat memperkuat karakter agar tidak melakukan penyimpangan moral. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi, faktor pendukung serta penghambat dari program penguatan karakter religius berbasis Al Quran melalui metode qira’ati di SD Lab School FIP UMJ. Metode penelitian yang dilakukan adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, kuisioner dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode qira’ati yang diterapkan di SD Lab School FIP UMJ dapat menguatkan karakter religius pada peserta didik kelas 2 SD Lab School FIP UMJ. Adapun faktor penghambat dalam pelaksanaan kegiatan qira’ati yaitu perubahan suasan hati peserta didik. Akan tetapi hal ini menjadi tantangan bagi guru qira’ati dan pihak sekolah untuk menjaga suasana hati dan lingkungan peserta didik agar tetap stabil dan konsisten. Faktor pendukung dari kegiatan qira’ati sendiri yakni tersedianya fasilitas yang mengumpuni pelaksanaan qira’ati.


Full Text:

PDF

References


Ahsanulkhaq, M. (2019). Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Melalui Metode Pembiasaan. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 2(1), 24–25.

Asmani. (2019). Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Diva Press.

Baharun, H., & Ummah, R. (2018). Strengthening Students’ Character in Akhlaq Subject Through Problem Based Learning Model. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 3(1), 21. https://doi.org/10.24042/tadris.v3i1.2205

Hambali, M., & Yulianti, E. (2018). Ekstrakurikuler Keagamaan Terhadap Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik Di Kota Majapahit. Pedagogik, 5(2), 193–208.

Haniah, A. R., Aman, A., & Setiawan, R. (2020). Integration of strengthening of character education and higher order thinking skills in history learning. Journal of Education and Learning (EduLearn), 14(2), 183–190. https://doi.org/10.11591/edulearn.v14i2.15010

Hasanah, R. (2020). Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Al-Qur’an. AL-MUADDIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 2(2), 81–109. https://doi.org/10.46773/muaddib.v2i2.84

Imam Mashudi Latif. (2019). Efektifitas Metode Qira’ati dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur’an Bagi Anak Usia Dini. Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial Dan Budaya FAI Undar Jombang, 4(2), 308–327.

Jannah, M. (2019). Metode Dan Strategi Pembentukan Karakter Religius Yang Diterapkan Di Sdtq-T an Najah Pondok Pesantren Cindai Alus Martapura. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 4(1), 77. https://doi.org/10.35931/am.v4i1.178

Lestari, P., & Nafiqoh, H. (2018). Pengembangan Kecerdasan Emosi Anak Usia Dini dengan Metode Qira’ati. 1(4).

Marzuki, & Haq, P. I. (2018). Penanaman Nilai-Nilai Karakter Religius dan Karakter Kebangsaan di Madrasah Tsanawiyah Al Falah Jatinangor Sumedang. 8(1), 84–94. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpk.v8i1.21677, hal. 84-94

Mulyani, H., & Maryono, M. (2019). Implementasi Metode Qira’ati Dalam Pembelajaran Al-Qur’an. Paramurobi: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 25–34. https://doi.org/10.32699/paramurobi.v2i2.1294

Susilo, M. J., Dewantoro, M. H., & Yuningsih, Y. (2022). Character education trend in Indonesia. Journal of Education and Learning (EduLearn), 16(2), 180–188. https://doi.org/10.11591/edulearn.v16i2.20411




DOI: https://doi.org/10.24853/holistika.6.2.73-79

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD Indexing By:

 

  

 

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Powered by Puskom-UMJ