ANALISIS TINGKAT KONSENTRASI BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SD NEGERI TEMBONG 2
DOI:
https://doi.org/10.24853/holistika.7.1.1-5Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat konsentrasi belajar peserta didik kelas III SD Negeri Tembong 2 dalam proses pembelajaran. Latar belakang dari penelitian ini adalah pentingnya konsentrasi dalam proses pembelajaran yang menentukan hasil belajar peserta didik. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Pengambilan subjek dalam penelitian menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah subjek tiga orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan dokumentasi secara langsung. Hasil penelitian menunjukan bahwa dari ketiga subjek memiliki tingkat konsentrasi yang berbeda. Subjek A dengan nilai hasil belajar tinggi memiliki tingkat konsentrasi yang tinggi. Subjek B dengan nilai hasil belajar sedang memiliki tingkat konsentrasi sedang. Sedangkan subjek C dengan nilai hasil belajar rendah memiliki tingkat konsentrasi yang rendah.References
Andita, CD. & Desyandri, D. (2019). Pengaruh Penggunaan Musik Terhadap Konsentrasi Belajar Anak Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan.
Aprilia, Diana, dkk. (2014). Penerapan Konseling Kognitif dengan Teknik Pembuatan Kontrak (Contingency Contracting) untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa Kelas X TKR I SMK Negeri 3 Singaraja. Jurnal Pendidikan Jurusan Bimbingan Konseling Undika Volume 2 No. 1 Tahun 2014. Bali: Undika.
Arifin, Zainal. (2014). Evaluasi Pembelajaran: Prinsip, Teknik, Prosedur. Bandung: Rosda.
Aunurahman. (2014). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Azizah, Sulis Nur. (2015). Peningkatan Konsentrasi Belajar IPA Melalui Mind Mapping Siswa Kelas V SDN Jomblangan. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar UNY Edisi 5 Tahun ke IV April 2015: 1-13. Yogyakarta: UNY.
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2016). Kamus Besar Bahasa Indonesia, [Online] Tersedia: kbbi.kemdikbud.go.id. [5 November 2022].
Dimyati dan Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamiyah, Nur dan Mohammad Jauhar. (2014). Strategi Belajar Mengajar Di Kelas. Jakarta: Prestasi Pustakarya.
Meutiarani, Riska. (2014). Hubungan Anemia Diferensiasi Besi Terhadap Gangguan Konsentrasi Pada Siswa-Siswi SMAIT Al-Fityan Meda. Skrpsi Dipublikasikan. Sumatera Utara: USU.
Rinawati, R. (2021). Hubungan Konsentrasi Belajar Siswa Terhadap Presntasi Belajar Peserta Didik Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan.
Setiani, AC. & Setyowani N. (2014). Meningkatkan Konsentrasi Belajar Melalui Layanan Bimbingan Kelompok. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).