Pengembangan Media Pembelajaran Kartu Matematika Bruang (Belajar Bangun Ruang) Di Kelas V SD
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minimnya penggunaan media pembelajaran oleh guru pada saat proses pembelajaran sehingga menyebabkan siswa menjadi bosan dan kurang mampu memahami materi yang diajarkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan produk media Kartu Baruang berbasis pendekatan saintifik untuk pembelajaran matematika pada pokok bahasan bangun ruang di kelas 5 SD. Media Kartu Baruang akan diuji keabsahannya oleh ahli media dan ahli konten, serta daya tariknya bagi siswa. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) mengikuti model pengembangan Borg and Gall dengan sembilan langkah, dimulai dari Penelitian dan Pengumpulan Informasi, Perencanaan, Pengembangan Bentuk Awal Produk, Uji Coba Lapangan Awal, Uji Coba Lapangan Operasional, Revisi Produk Operasional, Uji Coba Lapangan Utama, Revisi Produk Utama, dan Revisi Produk Akhir. Penelitian dilaksanakan di SDN Perumnas Bumi Kelapa Dua, dengan subjek penelitian siswa kelas 5 SD, dengan jumlah siswa uji coba terbatas sebanyak 16 siswa dan uji coba penggunaan sebanyak 28 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran matematika Kartu Baruang berhasil dikembangkan dan memenuhi kriteria validitas dari ahli media dan ahli konten, dengan persentase masing-masing sebesar 86,55% dan 82,5%. Selanjutnya, uji coba produk memperoleh skor sebesar 73,1%, dan uji coba penggunaan media pembelajaran matematika Kartu Baruang pada siswa memperoleh tingkat kepuasan sebesar 100%.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24853/holistika.8.2.19-31
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD Indexing By:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License