Pengembangan Media Pembelajaran Kartu Matematika Bruang (Belajar Bangun Ruang) Di Kelas V SD
DOI:
https://doi.org/10.24853/holistika.8.2.19-31Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minimnya penggunaan media pembelajaran oleh guru pada saat proses pembelajaran sehingga menyebabkan siswa menjadi bosan dan kurang mampu memahami materi yang diajarkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan produk media Kartu Baruang berbasis pendekatan saintifik untuk pembelajaran matematika pada pokok bahasan bangun ruang di kelas 5 SD. Media Kartu Baruang akan diuji keabsahannya oleh ahli media dan ahli konten, serta daya tariknya bagi siswa. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) mengikuti model pengembangan Borg and Gall dengan sembilan langkah, dimulai dari Penelitian dan Pengumpulan Informasi, Perencanaan, Pengembangan Bentuk Awal Produk, Uji Coba Lapangan Awal, Uji Coba Lapangan Operasional, Revisi Produk Operasional, Uji Coba Lapangan Utama, Revisi Produk Utama, dan Revisi Produk Akhir. Penelitian dilaksanakan di SDN Perumnas Bumi Kelapa Dua, dengan subjek penelitian siswa kelas 5 SD, dengan jumlah siswa uji coba terbatas sebanyak 16 siswa dan uji coba penggunaan sebanyak 28 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran matematika Kartu Baruang berhasil dikembangkan dan memenuhi kriteria validitas dari ahli media dan ahli konten, dengan persentase masing-masing sebesar 86,55% dan 82,5%. Selanjutnya, uji coba produk memperoleh skor sebesar 73,1%, dan uji coba penggunaan media pembelajaran matematika Kartu Baruang pada siswa memperoleh tingkat kepuasan sebesar 100%.Downloads
Published
2024-11-01
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).