Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media GENI RIKA Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa
DOI:
https://doi.org/10.24853/holistika.7.1.92-100Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning berbantuan media GENI RIKA (Generator Mini dari Kipas) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SD Negeri Kemirirejo 3 Kota Magelang. Adapun metode penelitian yang digunakan yaitu eksperimen berdesain pre-eksprimental one group pretest-postest. Sedangkan jenis penelitian pada penelitian ini yaitu menggunakan one group pretest-posttest design. Pada penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 26 siswa kelas IV di SD Negeri Kemirirejo 3 Kota Magelang. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan instrumen tes pilihan ganda dan observasi. Instrumen tes ini, dilaksanakan dua kali dengan yang pertama berpa pre-test yang diberikan sebelum pemberian perlakuan dan yang kedua berupa post-test yang diberikan setelah pemberian perlakuan. Adapun uji statistik yag digunakan dalam pengujian hipotesis yaitu paired sample t-test berbantuan SPSS 25. Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa model pembelajaran problem based learning berbantuan media GENI RIKA (Generator Mini dari Kipas) berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV pada mata pelajaran IPAS materi perubahan bentuk energi. Hal ini dibuktikan oleh hasil rata-rata nilai pre-test 58,6 < post-test 79,1. Hasil uji paired sample t-test diperoleh nilai signifikansi (2 tailed) sebesar 0,000 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa menggunakan model pembelajaran problem based learning berbantuan media GENI RIKA (Generator Mini dari Kipas) memiliki pengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV SD Negeri Kemirirejo 3 Magelang.. Kata kunci: Problem Based Leaning, Media GENI RIKA, Kemampuan Berpikir KritisReferences
Andika, Dimas., K. (2021). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Holistika, 1(1), 752–762.
Bahar, H., & Afdholi, N. S. (2013). Ketuntasan Belajar IPA Melalui Number Head Together (NHT) Pada Kurikulum 2013. Holistika, 3(1), 1–12.
Febyronita, D., & Giyanto. (2016). SURVEI Tingkat Kemampuan Siswa Dalam Mengerjakan Tes Berbentuk Jawaban Singkat (Short Answer Test) Pada Mata Pelajaran Ips Terpadu (Geografi) Kelas Vii Di Smp Negeri 1 Mesuji Tahun Pelajaran 2015/2016. 1(1).
Inayati, B. F., & Kristin, F. (2018). Peningkatan Partisipasi Dan Hasil Belajar Tematik Melalui Model Problem Based Learning Siswa Kelas 1 Sd. Holistika : Jurnal Ilmiah Pgsd, 2(2), 85–93. Https://Jurnal.Umj.Ac.Id/Index.Php/Holistika/Article/View/3286
Kadir, A. (2015). Menyusun Dan Menganalisis Tes Hasil Belajar. 8(2), 70–81.
Nurjanah, & Marlianingsih, N. (2015). Analisis Butir Soal Pilihan Ganda Dari Aspek Kebahasaan. Ii(1), 69–78.
Riadin, A., & Estimurti, E. S. (2022). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Ipa Peserta Didik Pada Era Merdeka Belajar. Holistika, 6, 108–114.
Risnawati, A., Nisa, K., & Oktaviyanti, I. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Pada Tema Kerukunan Dalam Bermasyarakat SDN Wora. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(1), 109–115. Https://Doi.Org/10.29303/Jipp.V7i1.426
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D.
Supardi. (2013). Populasi Dan Sampel Penelitian. 100–108.
Suryawan, A. (2022). Proposal Disertasi Ari Suryawan 07092022.
Susanto, A., Qurrotaini, L., & Mulyandini, N. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Melalui Model Controversial Issue. Holistika, 71–76.
Unicef. (N.D.). Covid-19: Laporan Baru Unicef Mengungkap Setidaknya Sepertiga Anak Sekolah Di Seluruh Dunia Tidak Dapat Mengakses Pembelajaran Jarak Jauh Selama Sekolah Ditutup .
Ustino Alita, Khintan; Dewi Koeswanti, Henny; Giarti, S. (2019). Jurnal Basicedu. Jurnal Basicedu, 5(3), 169–173.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).