ANALISIS PEMAHAMAN GURU SD DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN SCIENTIFIC APPROACH PADA KURIKULUM 2013 DI KABUPATEN MAGELANG

Ari Suryawan, Tawil Tawil

Abstract


Pendidikan di Indonesia pada jenjang Sekolah Dasar telah menerapkan Kurikulum baru dengan nama
Kurikulum 2013. Kurikulum 2013 memiliki ciri khas yaitu tematik integrative, pendekatan saintifik
dan penilaian authentic. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman guru Sekolah
Daar dalam mengimplementasikan pendekatan saintifik pada proses pembelajaran. Penelitian ini
merupakan penelitian survey yang dilakukan pada 40 Sekolah Dasar, 80 Guru dan 200 siswa di
Kabupaten Magelang. Tekhnik nalisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dan pengumpulan data
melaui angket, wawancara dan pengamatan. Hasil Penelitian menunjukan bahwa 70 % Guru pada
Sekolag Dasar yang Terakreditsi A memiliki kemampuan implementasi pendekatan saintifik pada
kategori sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa guru masih menmerlukan pelatihan
Kurikulum 2013 secara periodik pada ranah pendekatan saintifik untuk mencapai hasil maksimal.


Full Text:

PDF

References


Abdul Gani. (2014). Peran Kelompok Kerja

Guru (Kkg) Pendidikan Agama Islam

Dalam Meningkatan Kompetensi

Paedagogik Guru Di Sekolah Dasar

Negeri Gugus Kecamatan Payaraman

Kabupaten Ogan Ilir. Conciencia (Jurnal

Pendidikan Islam ), 14(1), 1–23.

Abdulhak, I. (2017). Implementation Of

Scientific Approach Based Learning To

Think High Levels In State Senior High

School In Ketapang. International Journal

Of Education And Research, 5(8), 221–

Retrieved From Www.Ijern.Com

Abdullah Ridwan, S. (2014). Pembelajaran

Saintifik Untuk Implementasi Kurikulum

Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Alawiyah, F. (2013). Peran Guru Dalam

Kurikulum 2013 The Role Of Teacher In

Curricullum 2013, 65–74.

Andriani, D. E. (2008). Peran Kepala Sekolah

Dalam Upaya Mewujudkan Perubahan

Sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan,

(4), 52–61.

Arlianty, W. N., Febriana, B. W., & Diniaty, A.

(2017). An Analysis Of Learning Process

Based On Scientific Approach In Physical

Chemsitry Experiment. AIP Conference

Proceedings, 1823.

Https://Doi.Org/10.1063/1.4978157

Kuncoro, H. (2015). Peran Kepala Sekolah

Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Di

Sekolah Menengah Pertama Kabupaten

Tanggamus Tahun Pelajaran 2014/2015.

FKIP Unila, 2015(1), 35.

Mulyasa, E. (2009). Menjadi Kepala Sekolah

Profesiona. Bandung: PT Remaja T Rosdakarya.

Ari Suryawan, Tawil: Analisis Pemahaman Guru SD Dalam Mengimplementasikan

Scientific Approach pada Kurikulum 2013 dI Kabupaten Magelang

Website : jurnal.umj.ac.id/index.php/holistika Email : holistika@umj.ac.id

Namiroh, S., & Pd, M. (2018). Peran

Multimedia Dalam Pembelajaran, 352–

Nur, R. A. (2018). Indonesian Journal Of

Primary Education, 2(1), 114–123.

Permendibud No 67 (2013). Indonesia

.

Riana, C. (2010). Education Centre Of Teacher

Interactive Virtual ( Educative ) Oleh :

Cepi Riyana Agenda Besar Pendidikan Di

Indonesia Adalah Bagaimana Peningkatan

Mutu Pendidikan Bisa Meningkat , Sejajar

Dengan Negara Lain Di Bermutu , Yakni

Memiliki Kualifikasi Standar. Jurnal

Penelitian Pendidikan, 11(1), 40–48.

Sudarwan, D. (2002). Menjadi Peneliti

Kualitatif. Bandung: Pustaka Setia.

Sukanti. (2008). Staf Pengajar Jurusan

Pendidikan Akuntansi – Universitas

Negeri Yogyakarta 1. Jurnal Pendidikan

Akuntasi Indonesia, VI(1), 1–11.




DOI: https://doi.org/10.24853/holistika.4.1.14-21

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD Indexing By:

 

 

 

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Powered by Puskom-UMJ