ANALISIS PEMAHAMAN GURU SD DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN SCIENTIFIC APPROACH PADA KURIKULUM 2013 DI KABUPATEN MAGELANG

Authors

  • Ari Suryawan PGSD, FKIP, UM magelang, Jalan Tidar No 21 Kota Magelang, 56126
  • Tawil Tawil BK FKIP, UM magelang, Jalan Tidar No 21 Kota Magelang, 56126

DOI:

https://doi.org/10.24853/holistika.4.1.14-21

Abstract

Pendidikan di Indonesia pada jenjang Sekolah Dasar telah menerapkan Kurikulum baru dengan namaKurikulum 2013. Kurikulum 2013 memiliki ciri khas yaitu tematik integrative, pendekatan saintifikdan penilaian authentic. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman guru SekolahDaar dalam mengimplementasikan pendekatan saintifik pada proses pembelajaran. Penelitian inimerupakan penelitian survey yang dilakukan pada 40 Sekolah Dasar, 80 Guru dan 200 siswa diKabupaten Magelang. Tekhnik nalisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dan pengumpulan datamelaui angket, wawancara dan pengamatan. Hasil Penelitian menunjukan bahwa 70 % Guru padaSekolag Dasar yang Terakreditsi A memiliki kemampuan implementasi pendekatan saintifik padakategori sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa guru masih menmerlukan pelatihanKurikulum 2013 secara periodik pada ranah pendekatan saintifik untuk mencapai hasil maksimal.

References

Abdul Gani. (2014). Peran Kelompok Kerja

Guru (Kkg) Pendidikan Agama Islam

Dalam Meningkatan Kompetensi

Paedagogik Guru Di Sekolah Dasar

Negeri Gugus Kecamatan Payaraman

Kabupaten Ogan Ilir. Conciencia (Jurnal

Pendidikan Islam ), 14(1), 1–23.

Abdulhak, I. (2017). Implementation Of

Scientific Approach Based Learning To

Think High Levels In State Senior High

School In Ketapang. International Journal

Of Education And Research, 5(8), 221–

Retrieved From Www.Ijern.Com

Abdullah Ridwan, S. (2014). Pembelajaran

Saintifik Untuk Implementasi Kurikulum

Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Alawiyah, F. (2013). Peran Guru Dalam

Kurikulum 2013 The Role Of Teacher In

Curricullum 2013, 65–74.

Andriani, D. E. (2008). Peran Kepala Sekolah

Dalam Upaya Mewujudkan Perubahan

Sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan,

(4), 52–61.

Arlianty, W. N., Febriana, B. W., & Diniaty, A.

(2017). An Analysis Of Learning Process

Based On Scientific Approach In Physical

Chemsitry Experiment. AIP Conference

Proceedings, 1823.

Https://Doi.Org/10.1063/1.4978157

Kuncoro, H. (2015). Peran Kepala Sekolah

Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Di

Sekolah Menengah Pertama Kabupaten

Tanggamus Tahun Pelajaran 2014/2015.

FKIP Unila, 2015(1), 35.

Mulyasa, E. (2009). Menjadi Kepala Sekolah

Profesiona. Bandung: PT Remaja T Rosdakarya.

Ari Suryawan, Tawil: Analisis Pemahaman Guru SD Dalam Mengimplementasikan

Scientific Approach pada Kurikulum 2013 dI Kabupaten Magelang

Website : jurnal.umj.ac.id/index.php/holistika Email : holistika@umj.ac.id

Namiroh, S., & Pd, M. (2018). Peran

Multimedia Dalam Pembelajaran, 352–

Nur, R. A. (2018). Indonesian Journal Of

Primary Education, 2(1), 114–123.

Permendibud No 67 (2013). Indonesia

.

Riana, C. (2010). Education Centre Of Teacher

Interactive Virtual ( Educative ) Oleh :

Cepi Riyana Agenda Besar Pendidikan Di

Indonesia Adalah Bagaimana Peningkatan

Mutu Pendidikan Bisa Meningkat , Sejajar

Dengan Negara Lain Di Bermutu , Yakni

Memiliki Kualifikasi Standar. Jurnal

Penelitian Pendidikan, 11(1), 40–48.

Sudarwan, D. (2002). Menjadi Peneliti

Kualitatif. Bandung: Pustaka Setia.

Sukanti. (2008). Staf Pengajar Jurusan

Pendidikan Akuntansi – Universitas

Negeri Yogyakarta 1. Jurnal Pendidikan

Akuntasi Indonesia, VI(1), 1–11.

Downloads

Published

2020-06-02

How to Cite

Suryawan, A., & Tawil, T. (2020). ANALISIS PEMAHAMAN GURU SD DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN SCIENTIFIC APPROACH PADA KURIKULUM 2013 DI KABUPATEN MAGELANG. Jurnal Holistika, 4(1), 14–21. https://doi.org/10.24853/holistika.4.1.14-21

Issue

Section

Articles