IMPLEMENTASI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK KELAS VA SDN KALIDERES 14 PETANG
DOI:
https://doi.org/10.24853/holistika.9.1.%25pAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kreatif dan kemampuan berpikir kreatif dimiliki oleh setiap orang yang dapat ditemukenali dan dikembangkan melalui pendidikan yang tepat, satunya dengan program Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) berdimensi kreatif. Penelitian ini bertujuan memperoleh gambaran realita mengenai implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) terhadap keterampilan berpikir kreatif peserta didik kelas VA SDN Kalideres 14 PT Jakarta Barat dengan pembahasan, yaitu perencanaan, proses pelaksanaan, dan hasil implementasinya. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi, dan data dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, dan verfifikasi data. Hasil dalam perencanaan SDN Kalideres 14 PT Jakarta Barat belum maksimal dalam merencanakan projek karena tidak memiliki tim fasilitator khusus Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Dimensi kreatif di Kelas VA dengan aktivitas kegiatan melalui pembuatan permainan tradisional, pamflet berbasis aplikasi Canva, dan drama musikal permainan tradisional. Dalam proses yang diterapkan oleh guru kelas VA, sudah mampu menjalankan proses implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) untuk membentuk keterampilan berpikir kreatif peserta didik, dan kegiatannya dapat menstimulus dan mengembangkan keterampilan berpikir kreatif, serta peserta didik sudah menunjukkan keterampilan berpikir kreatif saat proses Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Walau terdapat beberapa hambatan dari kurangnya alokasi waktu karena banyak libur nasional, dan karakteristik peserta didik yang berbeda-beda.Downloads
Published
2025-06-02
How to Cite
Fadilah, N. R., Syachruroji, A., & Hendracipta, N. (2025). IMPLEMENTASI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK KELAS VA SDN KALIDERES 14 PETANG. Jurnal Holistika, 9(1). https://doi.org/10.24853/holistika.9.1.%p
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Holistika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).