IMPLEMENTASI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK KELAS VA SDN KALIDERES 14 PETANG

Authors

  • Nur Rahma Fadilah FKIP, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Ahmad Syachruroji FKIP, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Nana Hendracipta FKIP, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.24853/holistika.9.1.%25p

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kreatif dan kemampuan berpikir kreatif dimiliki oleh setiap orang yang dapat ditemukenali dan dikembangkan melalui pendidikan yang tepat, satunya dengan program Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) berdimensi kreatif. Penelitian ini bertujuan memperoleh gambaran realita mengenai implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) terhadap keterampilan berpikir kreatif peserta didik kelas VA SDN Kalideres 14 PT Jakarta Barat dengan pembahasan, yaitu perencanaan, proses pelaksanaan, dan hasil implementasinya. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi, dan data dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, dan verfifikasi data. Hasil dalam perencanaan SDN Kalideres 14 PT Jakarta Barat belum maksimal dalam merencanakan projek karena tidak memiliki tim fasilitator khusus Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Dimensi kreatif di Kelas VA dengan aktivitas kegiatan melalui pembuatan permainan tradisional, pamflet berbasis aplikasi Canva, dan drama musikal permainan tradisional. Dalam proses yang diterapkan oleh guru kelas VA, sudah mampu menjalankan proses implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) untuk membentuk keterampilan berpikir kreatif peserta didik, dan kegiatannya dapat menstimulus dan mengembangkan keterampilan berpikir kreatif, serta peserta didik sudah menunjukkan keterampilan berpikir kreatif saat proses Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Walau terdapat beberapa hambatan dari kurangnya alokasi waktu karena banyak libur nasional, dan karakteristik peserta didik yang berbeda-beda.         

Downloads

Published

2025-06-02

How to Cite

Fadilah, N. R., Syachruroji, A., & Hendracipta, N. (2025). IMPLEMENTASI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK KELAS VA SDN KALIDERES 14 PETANG. Jurnal Holistika, 9(1). https://doi.org/10.24853/holistika.9.1.%p

Issue

Section

Articles