TEACHING AT THE RIGHT LEVEL DAN NILAI PENDIDIKAN KI HAJAR DEWANTARA UNTUK LITERASI SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Yulian Dinihari Universitas Indraprasta PGRI
  • Mashudi Alamsyah Universitas Indraprasta PGRI
  • Nida Hamidah 1Universitas Indraprasta PGRI
  • Nur Rizkiyah Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
  • Martua Ferry Siburian Universitas Indraprasta PGRI

Abstract

Pendidikan yang adil dan inklusif masih menjadi salah satu tantangan utama dalam sistem pendidikan Indonesia. Teaching at the Right Level (TaRL) muncul sebagai pendekatan instruksional yang berfokus pada tingkat pembelajaran individu siswa, bukan pada tingkat kelas atau usia mereka. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keselarasan antara TaRL dan filosofi pendidikan Ki Hajar Dewantara, khususnya sistem among (mendidik dengan kasih sayang dan bimbingan yang disesuaikan dengan kebutuhan setiap anak) dan tut wuri handayani (bimbingan dari belakang), sekaligus mengeksplorasi potensi penerapannya dalam konteks pendidikan Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif melalui tinjauan pustaka, pengumpulan dan analisis data dari berbagai sumber tentang TaRL dan prinsip-prinsip pendidikan Ki Hajar Dewantara. Temuan penelitian menunjukkan bahwa TaRL selaras dengan prinsip-prinsip Ki Hajar Dewantara dengan menekankan pembelajaran yang adaptif, personal, dan berpusat pada siswa. Selain itu, TaRL terbukti efektif dalam meningkatkan hasil pembelajaran, khususnya dalam literasi dan numerasi, sekaligus mengurangi kesenjangan pembelajaran. Namun, penerapannya di Indonesia menghadapi tantangan seperti pelatihan guru yang tidak memadai dan sumber daya yang terbatas. Dengan dukungan teknologi dan Kurikulum Merdeka, TaRL berpotensi menjadi solusi strategis untuk mendorong sistem pendidikan yang lebih inklusif dan adil. Sebagai kesimpulan, TaRL tidak hanya relevan secara global tetapi juga selaras dengan nilai-nilai pendidikan Ki Hajar Dewantara, menjadikannya pendekatan yang menjanjikan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

Downloads

Published

2025-08-04

How to Cite

Dinihari, Y., Alamsyah, M. ., Hamidah, N., Rizkiyah, N., & Siburian, M. F. . (2025). TEACHING AT THE RIGHT LEVEL DAN NILAI PENDIDIKAN KI HAJAR DEWANTARA UNTUK LITERASI SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Holistika, 9(1). Retrieved from https://jurnal.umj.ac.id/index.php/holistika/article/view/27167

Issue

Section

Articles