TEACHING AT THE RIGHT LEVEL DAN NILAI PENDIDIKAN KI HAJAR DEWANTARA UNTUK LITERASI SISWA SEKOLAH DASAR
Abstract
Pendidikan yang adil dan inklusif masih menjadi salah satu tantangan utama dalam sistem pendidikan Indonesia. Teaching at the Right Level (TaRL) muncul sebagai pendekatan instruksional yang berfokus pada tingkat pembelajaran individu siswa, bukan pada tingkat kelas atau usia mereka. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keselarasan antara TaRL dan filosofi pendidikan Ki Hajar Dewantara, khususnya sistem among (mendidik dengan kasih sayang dan bimbingan yang disesuaikan dengan kebutuhan setiap anak) dan tut wuri handayani (bimbingan dari belakang), sekaligus mengeksplorasi potensi penerapannya dalam konteks pendidikan Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif melalui tinjauan pustaka, pengumpulan dan analisis data dari berbagai sumber tentang TaRL dan prinsip-prinsip pendidikan Ki Hajar Dewantara. Temuan penelitian menunjukkan bahwa TaRL selaras dengan prinsip-prinsip Ki Hajar Dewantara dengan menekankan pembelajaran yang adaptif, personal, dan berpusat pada siswa. Selain itu, TaRL terbukti efektif dalam meningkatkan hasil pembelajaran, khususnya dalam literasi dan numerasi, sekaligus mengurangi kesenjangan pembelajaran. Namun, penerapannya di Indonesia menghadapi tantangan seperti pelatihan guru yang tidak memadai dan sumber daya yang terbatas. Dengan dukungan teknologi dan Kurikulum Merdeka, TaRL berpotensi menjadi solusi strategis untuk mendorong sistem pendidikan yang lebih inklusif dan adil. Sebagai kesimpulan, TaRL tidak hanya relevan secara global tetapi juga selaras dengan nilai-nilai pendidikan Ki Hajar Dewantara, menjadikannya pendekatan yang menjanjikan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.Downloads
Published
2025-08-04
How to Cite
Dinihari, Y., Alamsyah, M. ., Hamidah, N., Rizkiyah, N., & Siburian, M. F. . (2025). TEACHING AT THE RIGHT LEVEL DAN NILAI PENDIDIKAN KI HAJAR DEWANTARA UNTUK LITERASI SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Holistika, 9(1). Retrieved from https://jurnal.umj.ac.id/index.php/holistika/article/view/27167
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Holistika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).