EVALUASI HASIL AKREDITASI SEKOLAH DASAR DAN MADRASAH IBTIDAIYAH DKI JAKARTA
Abstract
ABSTRAK
Akreditasi sekolah adalah proses penilaian secara komperhensif terhadap kelayakan dan kinerja suatu program Pendidikan, tetapi jarang ditemukan penelitian tentang akrdeitasi. Maka dari itu, peneliti mengambil peneltian ini dengan tujuan untuk memperoleh informasi tentang hasil akreditasi BAN Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidayah DKI Jakarta dari mulai sasaran sampai dengan permasalahan implementasi akreditasi. Dalam melaksanakan akreditasi sekolah/madrasah BAN-S/M dibantu oleh Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah Provinsi (BAN-S/M Provinsi). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan model evaluasi CSE-UCLA (Center for the Study of Evaluation- University of California in Los Angeles). Subjek penelitian meliputi Sekretaris terpilih BAN S/M 2019, asesor, dan sekretariat BAN S/M yang merupakan bagian dari Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata ketercapaian akreditasi berhasil dari sisi kinerja mencapai sebanyak 99,59%. Sehingga termasuk dalam kategori tinggi. Dari hasil tersebut sebanyak dari total 650 SD yang diakreditasi menunjukkan 572 SD atau setara 88.00 % mendapatkan peringkat A, sebanyak 71 SD atau setara 10.92 % mendapatkan peringkat B, sebanyak 6 SD atau setara 0.92 % mendapatkan peringkat C, serta masih ada 1 SD atau setara 0.16 % yang masih mendapatkan peringkat Tidak Terakreditasi (TT). Maka dari perhitungan tersebut akreditasi Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah masuk dalam kategori memuaskan.
Kata kunci: Evaluasi Program, Hasil Akreditasi, Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah
Full Text:
PDFReferences
REFERENSI
Antonius, A. (2017). PELAKSANAAN AKREDITASI SEKOLAH DASAR NEGERI. FOKUS : Publikasi Ilmiah Untuk Mahasiswa, Staf Pengajar Dan Alumni Universitas Kapuas Sintang., 14(2). https://doi.org/10.51826/fokus.v14i2.44
Arikunto, S. (2002). Metodologi Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. PT Rineka Cipta.
Awaludin, A. A. R. (2017). Akreditasi Sekolah sebagai Suatu Upaya Penjaminan Mutu Pendidikan di Indonesia. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 2(1). https://doi.org/10.30998/sap.v2i1.1156
Busron, B., & Rachmi, T. (2020). Analisis Capaian Standar dan Pemanfaatan Hasil Akreditasi PAUD Provinsi Banten. Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, 8(2), 1. https://doi.org/10.31000/ceria.v11i2.2335
Divayana, D. G. H. (2017). Evaluasi pelaksanaan blended learning di SMK TI Udayana menggunakan model CSE-UCLA. Jurnal Pendidikan Vokasi, 7(1). https://doi.org/10.21831/jpv.v7i1.12687
Fernades, H. J. X. (1984). Evaluation of Educational Programs. National Education Planning, Evaluation and Cultural Development.
Khafid, M. (2006). PENGARUH AKREDITASI SEKOLAH DAN PERSEPSI GURU MENGENAI SUPERVISI KEPALA SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA. Dinamika Pendidikan, 1(1). https://doi.org/10.15294/dp.v1i1.466
Luhulima. (2007). Dasar dan Teknik Reseach Pendidikan Dasar. Penerbit Tarsito.
Oktaria, R., Hamid, L., Yuningsih, Y., & Suparti, S. (2019). EVALUASI HASIL AKREDITASI LEMBAGA PAUD SE-KOTA DEPOK. Journal of Early Childhood Education (JECE), 1(2), 16–28. https://doi.org/10.15408/jece.v1i2.12888
Sholikhah, R., & Soenarto, S. (2014). Evaluasi program talent scouting guru SMK tahun 2013 Direktorat P2TK Dikmen Kemdikbud. Jurnal Pendidikan Vokasi, 4(3). https://doi.org/10.21831/jpv.v4i3.2560
DOI: https://doi.org/10.24853/holistika.5.2.85-95
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD Indexing By:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License