PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMAHAMI KALIMAT MELALUI MEDIA PERMAINAN KARTU IDENTIFIKASI

Khaerunnisa Khaerunnisa, Ratna Harumiasari

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi karena kurangnya kemampuan siswa tunarungu dalam memahami kalimat, sehingga siswa tunarungu mengalami kesulitan dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Seringkali siswa tunarungu tidak mengerti apa yang mereka ucapkan, dan apa yang diucapkan sesuai dengan makna dari ungkapannya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus dan setiap siklusnya terdiri dari 4 pertemuan. Melalui media permainan kartu identifikasi dapat meningkatkan kemampuan memahami kalimat pada siswa tunarungu kelas 1 SLB B Raisya Puri. Hasil penelitian kemampuan siswa pada siklus 1 yaitu 57% dan mencapai kriteria keberhasilan pada siklus 2 yaitu 80%. Berdasarkan seluruh kegiatan penelitian tindakan kelas dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan permainan kartu identifikasi dapat meningkatkan kemampuan memahami siswa kelas 1 SLB B Raisya Puri

Full Text:

PDF

References


Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran.

Jakarta: Raja Grafindo Persada

Arikunto, Suharsimi, dkk. 2011. Penelitian

Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi

Aksara

Bunawan, Yuwati. 2000. Penguasaan

Bahasa Anak Tunarungu. Jakarta:

Yayasan Santi Rama.

Daryanto. 2012. Media Pembelajaran.

Bandung: Sarana Tutorial Nurani

Sejahtera.

Desaini, Nyoman. 2014 Peningkatan

Kemampuan Memahami Isi Bacaan

Melalui Pembelajaran Kooperatif

Kompetitif Pada siswa Kelas VIII

smpn 1 Gianyar Bali (http://unmas-

.ac.id/.pdf diakses pada 16/12/2016)

Sadja’ah, Edja. 2005. Gangguan Bicara

Bahasa. Bandung: San Grafika.

Sanaky, AH. 2013. Media Pembelajaran

Interaktif-Inovatif. Yogyakarta:

Kaukaba Dipantara.

Somantri, Sutjihati. 2007. Psikologi Anak

Luar Biasa. Bandung: Refika

Aditama

Susanto, Ahmad. 2015. Teori Belajar dan

Pembelajaran di Sekolah Dasar.

Jakarta: Prenamedia.

Wasita, Ahmad. 2013. Seluk Beluk

Tunarungu Dan Tunawicara Serta

Strategi Pembelajarannya.

Jogjakarta: Javalitera.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered by Puskom-UMJ