PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMAHAMI KALIMAT MELALUI MEDIA PERMAINAN KARTU IDENTIFIKASI
DOI:
https://doi.org/10.24853/holistika.2.1.%25pAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi karena kurangnya kemampuan siswa tunarungu dalam memahami kalimat, sehingga siswa tunarungu mengalami kesulitan dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Seringkali siswa tunarungu tidak mengerti apa yang mereka ucapkan, dan apa yang diucapkan sesuai dengan makna dari ungkapannya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus dan setiap siklusnya terdiri dari 4 pertemuan. Melalui media permainan kartu identifikasi dapat meningkatkan kemampuan memahami kalimat pada siswa tunarungu kelas 1 SLB B Raisya Puri. Hasil penelitian kemampuan siswa pada siklus 1 yaitu 57% dan mencapai kriteria keberhasilan pada siklus 2 yaitu 80%. Berdasarkan seluruh kegiatan penelitian tindakan kelas dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan permainan kartu identifikasi dapat meningkatkan kemampuan memahami siswa kelas 1 SLB B Raisya PuriReferences
Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran.
Jakarta: Raja Grafindo Persada
Arikunto, Suharsimi, dkk. 2011. Penelitian
Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi
Aksara
Bunawan, Yuwati. 2000. Penguasaan
Bahasa Anak Tunarungu. Jakarta:
Yayasan Santi Rama.
Daryanto. 2012. Media Pembelajaran.
Bandung: Sarana Tutorial Nurani
Sejahtera.
Desaini, Nyoman. 2014 Peningkatan
Kemampuan Memahami Isi Bacaan
Melalui Pembelajaran Kooperatif
Kompetitif Pada siswa Kelas VIII
smpn 1 Gianyar Bali (http://unmas-
.ac.id/.pdf diakses pada 16/12/2016)
Sadja’ah, Edja. 2005. Gangguan Bicara
Bahasa. Bandung: San Grafika.
Sanaky, AH. 2013. Media Pembelajaran
Interaktif-Inovatif. Yogyakarta:
Kaukaba Dipantara.
Somantri, Sutjihati. 2007. Psikologi Anak
Luar Biasa. Bandung: Refika
Aditama
Susanto, Ahmad. 2015. Teori Belajar dan
Pembelajaran di Sekolah Dasar.
Jakarta: Prenamedia.
Wasita, Ahmad. 2013. Seluk Beluk
Tunarungu Dan Tunawicara Serta
Strategi Pembelajarannya.
Jogjakarta: Javalitera.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).