PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MELALUI ALAT PERAGA MAKET GERHANA DAN VIDEO PEMBELAJARAN

Authors

  • Myrna Rahmawati SDN Pejuang II
  • Khaerunnisa Khaerunnisa Univesitas Muhammadiyah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.24853/holistika.2.1.%25p

Abstract

Penulisan skripsi ini dilatarbelakangi karena pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam khususnya materi gerhana matahari dan gerhana bulan masih menggunakan cara metode ceramah, sehingga penulis tergerak untuk meneliti bagaimana cara mengetahui hasil belajar IPA tanpa mendengarkan saja dengan menggunakan media alat peraga maket gerhana dan video pembelajaran. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meniliti perbandingan hasil belajar IPA melalui alat peraga maket gerhana dan video pembelajaran pada materi gerhana matahari dan gerhana bulan. Metode yang digunakan yaitu menggunakan metode kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara hasil belajar melalui alat peraga maket gerhana dengan hasil belajar melalui video pembelajaran. Hal ini dapat dibuktikan dari perbandingan antara Thitung (2,80) lebih besar dari T tabel (2,00) pada  = 0,05, Artinya hasil belajar melalui video pembelajaran lebih baik daripada hasil belajar melalui alat peraga maket gerhana. Hal ini dapat dibuktikan dengan rata-rata nilai hasil belajar melalui video pembelajaran sebesar 51,67 lebih besar dari rata-rata nilai hasil belajar melalui alat peraga sebesar 50,33. Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat kepada pihakpihak terkait seperti kepala sekolah, guru, siswa dan penilliti selanjutnya.

Author Biographies

Myrna Rahmawati, SDN Pejuang II

SDN Pejuang II

Khaerunnisa Khaerunnisa, Univesitas Muhammadiyah Jakarta

Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan

References

Daryanto, 2012. Media Pembelajaran. Bandung

: Sarana Tutorial Nurani Sejahtera

, 2016. Media Pembelajaran.

Yogyakarta: Gava Media

Dewi, Ni Made Emmi Nutrisia. 2015. Peranan

Maket Sebagai Media Visualisasi Ide

Rancangan Suatu Karya Desain

Interior. Jurnal Desain Interior Volume

II No. 1 Tahun 2015.

Dimyati, dan Mudjiono, 2013. Belajar dan

Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka

Cipta

Fathurrohman, Pupuh dan Sobry Sutikno.

Strategi Belajar Mengajar.

Bandung: Refika Aditama

Hamdani, 2011. Strategi Belajar Mengajar.

Bandung: Pustaka Setia

Irianto, Agus. 2009. Statistik. Jakarta: Kencana

Prenadamedia Group

Jihad, Asep dan Abdul haris. 2013. Evaluasi

Pembelajaran. Yogyakarta: Multi

Pressindo

Jufri, A. Wahab. 2013. Belajar dan

Pembelajaran SAINS. Bandung:

Pustaka Reka Cipta

Margono, S. 2010. Metodologi Penelitian

Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Munadi, Yudhi. 2010. Media Pembelajaran.

Jakarta: Gaung Persada (GP) Press

Riduwan,dan Akdon. 2009. Rumus dan Data

dalam Aplikasi Statistik. Bandung:

Alfabeta

Sanjaya, H.Wina. 2012. Strategi

Pembelajaran.Jakarta: Kencana

Prenada Media Group

Siregar, Syofian. 2013. Metode Penelitian

Kuantitatif. Jakarta: Prenadamedia

Group

Sugiyono. 2013. Statistika Untuk Penelitian.

Bandung: Alfabeta

, 2015. Metode Penelitian

Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.

Bandung: Alfabeta

, 2016. Metode Penelitian

pendidikan (Pendekatan Kuantitatif,

Kualitatif, dan R&D). Bandung:

Alfabeta

Suhartanti, Dwi, dkk. 2008. Ilmu Pengetahuan

Alam. Jakarta: Pusat Perbukuan

Departemen Pendidikan Nasional

Sunaryo, 2009. Pengaruh Penggunaan Media

Maket. JAFll Anakku 8 (2): 87

Suprijono, Agus. 2012.Cooperative

Learning.Yogyakarta: Pustaka Belajar

Suryana, Yaya. 2015. Metode Penelitian

Manajemen Pendidikan. Bandung:

Pustaka Setia

Susanto, Ahmad. 2013.Teori Belajar dan

Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia

Group

Taufik, 2010. Strategi Belajar Mengajar.

Jakarta: Inti Prima

Trianto, 2007. Model Pembelajaran Terpadu

Dalam Teori dan Praktek. Jakarta:

Prestasi Pustaka

, 2013. Model Pembelajaran

Terpadu. Jakarta: Bumi aksara

Widoyoko, Eko Putro. 2014. Evaluasi Program

Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka

Pelajar

Widyaningrum, Theodora Dian. 2016.

Penerapan Alat peraga Perkalian

Montessori Untuk Mengatasi Kesulitan

Belajar Matematika Siswa

kelas III SD. Prosiding Seminar

Nasional Matematika dan Terapannya.

Universitas Sanata Dharma

Yogyakarta. Purwakarta, 3 Desember

_____.(2006). Permendiknas Nomor 22

Tahun 2006: Standar Isi untuk Satuan

Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta:

Dikdasmen

Amalia Sapriati, dkk. (2014). Pembelajaran

IPA di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Budi Wahyono dan Setya Nurachmandani.

Ilmu Pengetahuan Alam .Pusat

Pembukuan, Departemen Pendidikan

Nasional, 2008.

Daryanto. 2016. Media Pembelajaran.

Yogyakarta: Gava Media.

Departemen Pendidikan Nasional. (2008).

Kurikulum 2004: Standar Kompetensi

Mata Pelajaran Sains. Jakarta:

Departemen Pendidikan Nasional.

Musfiqon. 2012.Pengembangan Media dan

Sumber Pembelajaran. Jakarta: PT.

Prestasi Pustakarya

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian

kuantitatif, kualitatif dan R&D. Jakarta:

Alfabeta.

Downloads

Published

2018-07-04

How to Cite

Rahmawati, M., & Khaerunnisa, K. (2018). PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MELALUI ALAT PERAGA MAKET GERHANA DAN VIDEO PEMBELAJARAN. Jurnal Holistika, 2(1). https://doi.org/10.24853/holistika.2.1.%p

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)