PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MELALUI ALAT PERAGA MAKET GERHANA DAN VIDEO PEMBELAJARAN
DOI:
https://doi.org/10.24853/holistika.2.1.%25pAbstract
Penulisan skripsi ini dilatarbelakangi karena pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam khususnya materi gerhana matahari dan gerhana bulan masih menggunakan cara metode ceramah, sehingga penulis tergerak untuk meneliti bagaimana cara mengetahui hasil belajar IPA tanpa mendengarkan saja dengan menggunakan media alat peraga maket gerhana dan video pembelajaran. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meniliti perbandingan hasil belajar IPA melalui alat peraga maket gerhana dan video pembelajaran pada materi gerhana matahari dan gerhana bulan. Metode yang digunakan yaitu menggunakan metode kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara hasil belajar melalui alat peraga maket gerhana dengan hasil belajar melalui video pembelajaran. Hal ini dapat dibuktikan dari perbandingan antara Thitung (2,80) lebih besar dari T tabel (2,00) pada = 0,05, Artinya hasil belajar melalui video pembelajaran lebih baik daripada hasil belajar melalui alat peraga maket gerhana. Hal ini dapat dibuktikan dengan rata-rata nilai hasil belajar melalui video pembelajaran sebesar 51,67 lebih besar dari rata-rata nilai hasil belajar melalui alat peraga sebesar 50,33. Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat kepada pihakpihak terkait seperti kepala sekolah, guru, siswa dan penilliti selanjutnya.References
Daryanto, 2012. Media Pembelajaran. Bandung
: Sarana Tutorial Nurani Sejahtera
, 2016. Media Pembelajaran.
Yogyakarta: Gava Media
Dewi, Ni Made Emmi Nutrisia. 2015. Peranan
Maket Sebagai Media Visualisasi Ide
Rancangan Suatu Karya Desain
Interior. Jurnal Desain Interior Volume
II No. 1 Tahun 2015.
Dimyati, dan Mudjiono, 2013. Belajar dan
Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka
Cipta
Fathurrohman, Pupuh dan Sobry Sutikno.
Strategi Belajar Mengajar.
Bandung: Refika Aditama
Hamdani, 2011. Strategi Belajar Mengajar.
Bandung: Pustaka Setia
Irianto, Agus. 2009. Statistik. Jakarta: Kencana
Prenadamedia Group
Jihad, Asep dan Abdul haris. 2013. Evaluasi
Pembelajaran. Yogyakarta: Multi
Pressindo
Jufri, A. Wahab. 2013. Belajar dan
Pembelajaran SAINS. Bandung:
Pustaka Reka Cipta
Margono, S. 2010. Metodologi Penelitian
Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Munadi, Yudhi. 2010. Media Pembelajaran.
Jakarta: Gaung Persada (GP) Press
Riduwan,dan Akdon. 2009. Rumus dan Data
dalam Aplikasi Statistik. Bandung:
Alfabeta
Sanjaya, H.Wina. 2012. Strategi
Pembelajaran.Jakarta: Kencana
Prenada Media Group
Siregar, Syofian. 2013. Metode Penelitian
Kuantitatif. Jakarta: Prenadamedia
Group
Sugiyono. 2013. Statistika Untuk Penelitian.
Bandung: Alfabeta
, 2015. Metode Penelitian
Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.
Bandung: Alfabeta
, 2016. Metode Penelitian
pendidikan (Pendekatan Kuantitatif,
Kualitatif, dan R&D). Bandung:
Alfabeta
Suhartanti, Dwi, dkk. 2008. Ilmu Pengetahuan
Alam. Jakarta: Pusat Perbukuan
Departemen Pendidikan Nasional
Sunaryo, 2009. Pengaruh Penggunaan Media
Maket. JAFll Anakku 8 (2): 87
Suprijono, Agus. 2012.Cooperative
Learning.Yogyakarta: Pustaka Belajar
Suryana, Yaya. 2015. Metode Penelitian
Manajemen Pendidikan. Bandung:
Pustaka Setia
Susanto, Ahmad. 2013.Teori Belajar dan
Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia
Group
Taufik, 2010. Strategi Belajar Mengajar.
Jakarta: Inti Prima
Trianto, 2007. Model Pembelajaran Terpadu
Dalam Teori dan Praktek. Jakarta:
Prestasi Pustaka
, 2013. Model Pembelajaran
Terpadu. Jakarta: Bumi aksara
Widoyoko, Eko Putro. 2014. Evaluasi Program
Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka
Pelajar
Widyaningrum, Theodora Dian. 2016.
Penerapan Alat peraga Perkalian
Montessori Untuk Mengatasi Kesulitan
Belajar Matematika Siswa
kelas III SD. Prosiding Seminar
Nasional Matematika dan Terapannya.
Universitas Sanata Dharma
Yogyakarta. Purwakarta, 3 Desember
_____.(2006). Permendiknas Nomor 22
Tahun 2006: Standar Isi untuk Satuan
Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta:
Dikdasmen
Amalia Sapriati, dkk. (2014). Pembelajaran
IPA di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Budi Wahyono dan Setya Nurachmandani.
Ilmu Pengetahuan Alam .Pusat
Pembukuan, Departemen Pendidikan
Nasional, 2008.
Daryanto. 2016. Media Pembelajaran.
Yogyakarta: Gava Media.
Departemen Pendidikan Nasional. (2008).
Kurikulum 2004: Standar Kompetensi
Mata Pelajaran Sains. Jakarta:
Departemen Pendidikan Nasional.
Musfiqon. 2012.Pengembangan Media dan
Sumber Pembelajaran. Jakarta: PT.
Prestasi Pustakarya
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian
kuantitatif, kualitatif dan R&D. Jakarta:
Alfabeta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).