PERAN GURU DALAM MENCEGAH PENYALAHGUNAAN BAHAYA NARKOBA PADA SISWA
DOI:
https://doi.org/10.24853/holistika.2.1.%25pAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan maraknya peredaran gelap narkoba sangat mudah sekali masuk dilingkungan sekolah. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru dalam mencegah penyalahgunaan narkoba, serta hambatan dan solusi yang dihadapi dalam mencegah penyalahgunaan bahaya narkoba. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Sawah 03 Ciputat, mulai dari bulan Agustus 2017 hingga Januari 2018. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru dalam mencegah penyalahgunaan bahaya narkoba pada siswa yaitu sebagai komunikator, motivator, dan pembangun kerjasama. Hambatan yang dihadapi dalam mencegah penyalahgunaan narkoba pada siswa yaitu latar belakang keluarga siswa, keterbatasan waktu, dan perbedaan karakteristik individu siswa. Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat kepada pihak-pihak terkait yang dapat memanfaatkan seperti kepala sekolah, guru, orang tua, dan siswa, serta peneliti.References
Sudarwan. 2013. Profesionalisasi dan Etika
Profesi Guru. Bandung: PT
Alfabeta.
Abu dkk. (Mencegah Menanggulangi
Penyalahgunaan NAPZA Melalui
Peran Serta Masyarakat). Volume 16
Nomor 1 Tahun 2011.
Eunike. 2015. LONG AND WINDING ROAD
(Jalan Panjang Pemulihan Pecandu
Narkoba). Jakarta: PT Kompas Media
Nusantara.
Kunandar. 2007. Guru Profesional
(Implementasi Kurikulum Tingkat
Satuan Pendidikan KTSP dan Sukses
Dalam Sertifikasi Guru). Jakarta: PT
Raja Grapindo Persada.
Syaiful. 2013. Kemampuan Profesional Guru
dan Tenaga Kependidikan. Bandung: Alfabeta
Downloads
Published
2018-07-04
How to Cite
Wahyudhi, A., & Iswan, I. (2018). PERAN GURU DALAM MENCEGAH PENYALAHGUNAAN BAHAYA NARKOBA PADA SISWA. Jurnal Holistika, 2(1). https://doi.org/10.24853/holistika.2.1.%p
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).