UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DI KELAS IV SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH 12 PAMULANG, BANTEN
DOI:
https://doi.org/10.24853/holistika.3.2.111-126Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat perubahan hasil belajar pada peserta didik kelas IV di Sekolah Dasar Muhammadiyah 12 Pamulang, Banten, setelah mengikuti proses pembelajaran yang menerapkan model pembelajaran berbasis masalah. Penelitian ini menggunakan model Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus melalui empat tahapan, yaitu: perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (acting), pengamatan (observing), serta refleksi (reflecting). Adapun waktu penelitian dilakukan dari bulan Juli 2018 sampai dengan September 2018, dengan subjek 37 peserta didik kelas IV Sekolah Dasar Muhammadiyah 12 Pamulang, Banten. Pada saat penelitian ini dilakukan, peneliti mengambil tema tentang peduli terhadap makhluk hidup.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik. Hasil belajar peserta didik pada siklus I rata-rata sebesar 7,01, siklus II sebesar 7,54, dan siklus III sebesar 7,80. Peningkatan hasil belajar ini diikuti pula dengan peningkatan jumlah peserta didik yang tuntas belajar. Selain itu penerapaan model ini juga terbukti dapat meningkatkan aktivitas peserta didik dalam pembelajaranyang ditunjukkan dari tingginya aktivitas peserta didik yang berkaitan dengan daya kritis, berani menyampaikan pertanyaan dan argumentasi serta memberikan solusi.References
Ahmadi, Abu dan Widodo. 1999. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Amir, Sofan. 2013. Pengembangan dan Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Pretasi Pustakaraya.
Astati, Wardani, I. A. Hernawati, T., & Somad, P. 2007. Pengantar Pendidikan Luar Biasa. Jakarta: Universitas Terbuka.
Chalijah, Hasan. 2004. Dimensi-dimensi Psikologi. Surabaya : Al-Ikhlas.
Davidov, Vasilii Vasilevich. 1998. The Renewel of Education and The Mental Development of School Children. Journal of Natural Sciences Thinking.
Dimyati, dan Mudjiono. 1999. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Frank W. Kohler, Kerry McCullough Crilley, Denise D Shearer. 1997. Maret/April, Effects of Peer Coaching and Students Outcomes, The Journal of Educational Research 90.
Hamalik, Oemar. 2005. Metoda Belajar dan Kesulitan-Kesulitan Belajar. Bandung: Tarsito.
Hopkins, David. 1993. A Teacher's Guide to Clasroom Research. Philadelphia: Open University Press.
Indrawijaya, Adam Ibrahim. 2003. Perilaku Organisasi. Bandung: Sinar Baru.
Kasbolah, Kasihani. 1999. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Depdikbud Ditjen Dikti Proyek PGSD.
Maurer, Stephen B. 2000. September, College Entrance Natural Sciences in The Year 2000. Journal of Natural Sciences. 93 (6).
Nasution, S. 1999. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Tarsito.
Rusman. 2012.Model-Model Pembelajaran. Depok: PT. Raja Grafindo Persada
Shalahudin, Mahfudh. 2003. Pengantar Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bina Ilmu.
Soedijarto. 2006. Menuju Pendidikan Nasional yang Relevan dan Bermutu. Jakarta: Balai Pustaka.
Sudjana, Nana. 2004. Teori-teori Belajar untuk Pengajaran. Jakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.
Sudjana, Nana. 2005. Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung Remaja Rosdakarya.
Suryobroto, B. 2001. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Trianto. 2007. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Usman, dan Setiawati. 2003. Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Warsono, dan Hariyanto. 2012. Pembelajaran Aktif Teori dan Asesmen. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Winkel, W. S. 2003. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: Gramedia.
Xin, Joy F. 1999. Computer Assisted Cooperative Learning in Integrated Classroom for Studient with and Without Disabilities. Journal of Technologi in Childhood Education 1999.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).