UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DI KELAS IV SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH 12 PAMULANG, BANTEN

Dirgantara Wicaksono, Iswan Iswan

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat perubahan hasil belajar pada peserta didik kelas IV di Sekolah Dasar Muhammadiyah 12 Pamulang, Banten, setelah mengikuti proses pembelajaran yang menerapkan model pembelajaran berbasis masalah. Penelitian ini menggunakan model Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus melalui empat tahapan, yaitu: perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (acting), pengamatan (observing), serta refleksi (reflecting). Adapun waktu penelitian dilakukan dari bulan Juli 2018  sampai dengan September 2018, dengan subjek 37 peserta didik kelas IV Sekolah Dasar Muhammadiyah 12 Pamulang, Banten.  Pada saat penelitian ini dilakukan, peneliti mengambil tema tentang peduli terhadap makhluk hidup.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik. Hasil belajar peserta didik pada siklus I rata-rata sebesar 7,01, siklus II sebesar 7,54, dan siklus III sebesar 7,80. Peningkatan hasil belajar ini diikuti pula dengan peningkatan jumlah peserta didik yang tuntas belajar. Selain itu penerapaan model ini juga terbukti dapat meningkatkan aktivitas peserta didik dalam pembelajaranyang ditunjukkan dari tingginya aktivitas peserta didik yang berkaitan dengan daya kritis, berani menyampaikan pertanyaan dan argumentasi serta memberikan solusi.

 


Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Abu dan Widodo. 1999. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Amir, Sofan. 2013. Pengembangan dan Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Pretasi Pustakaraya.

Astati, Wardani, I. A. Hernawati, T., & Somad, P. 2007. Pengantar Pendidikan Luar Biasa. Jakarta: Universitas Terbuka.

Chalijah, Hasan. 2004. Dimensi-dimensi Psikologi. Surabaya : Al-Ikhlas.

Davidov, Vasilii Vasilevich. 1998. The Renewel of Education and The Mental Development of School Children. Journal of Natural Sciences Thinking.

Dimyati, dan Mudjiono. 1999. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Frank W. Kohler, Kerry McCullough Crilley, Denise D Shearer. 1997. Maret/April, Effects of Peer Coaching and Students Outcomes, The Journal of Educational Research 90.

Hamalik, Oemar. 2005. Metoda Belajar dan Kesulitan-Kesulitan Belajar. Bandung: Tarsito.

Hopkins, David. 1993. A Teacher's Guide to Clasroom Research. Philadelphia: Open University Press.

Indrawijaya, Adam Ibrahim. 2003. Perilaku Organisasi. Bandung: Sinar Baru.

Kasbolah, Kasihani. 1999. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Depdikbud Ditjen Dikti Proyek PGSD.

Maurer, Stephen B. 2000. September, College Entrance Natural Sciences in The Year 2000. Journal of Natural Sciences. 93 (6).

Nasution, S. 1999. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Tarsito.

Rusman. 2012.Model-Model Pembelajaran. Depok: PT. Raja Grafindo Persada

Shalahudin, Mahfudh. 2003. Pengantar Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bina Ilmu.

Soedijarto. 2006. Menuju Pendidikan Nasional yang Relevan dan Bermutu. Jakarta: Balai Pustaka.

Sudjana, Nana. 2004. Teori-teori Belajar untuk Pengajaran. Jakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Sudjana, Nana. 2005. Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung Remaja Rosdakarya.

Suryobroto, B. 2001. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Trianto. 2007. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Usman, dan Setiawati. 2003. Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Warsono, dan Hariyanto. 2012. Pembelajaran Aktif Teori dan Asesmen. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Winkel, W. S. 2003. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: Gramedia.

Xin, Joy F. 1999. Computer Assisted Cooperative Learning in Integrated Classroom for Studient with and Without Disabilities. Journal of Technologi in Childhood Education 1999.




DOI: https://doi.org/10.24853/holistika.3.2.111-126

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD Indexing By:

 

 

 

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Powered by Puskom-UMJ