PENGARUH WAYANG SUKURAGA TERHADAP LITERASI SISWA KELAS TINGGI SD KOTA SUKABUMI
DOI:
https://doi.org/10.24853/holistika.3.2.105-110Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media wayang sukuraga terhadap literasi siswa sekolah menengah tingkat atas. Jenis yang diteliti adalah dalam bentuk Quasi Experimental Design dengan Noneequivalent Control Group Design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV Sekolah Dasar Cibungur dan Limusnunggal Kota Sukabumi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode tes yang terdiri dari pretest dan posttest, dan metode dokumentasi. Pembelajaran yang dilakukan di kelas eksperimen menggunakan media wayang sukuraga sedangkan kelas kontrol menggunakan pembelajaran langsung. Pembelajaran dilakukan 4 kali di kelas eksperimen dan di kelas kontrol dengan materi yang sama, yaitu mendengarkan cerita. Hasil perhitungan menunjukkan siswa kelas eksperimen memiliki hasil belajar rata-rata yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Nilai akhir rata-rata dari kelas eksperimen adalah 85 sedangkan kelas kontrol adalah 78. Selain itu, hasil tes dari uji T menunjukkan nilai signifikansi 0,000. Nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05, artinya ada perbedaan yang signifikan dalam hasil antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran wayang sukuraga memiliki pengaruh terhadap literasi siswa kelas IV dalam materi mendengarkan cerita.References
Arief, D. (2014). Pengaruh Penggunaan Media Kartu terhadap Kemampuan Membaca Siswa Kelas I SDN 10 Lubuk Buaya Padang.
Nurdiyanti Eko dan Suryantol Edi Pembelajaran Literasi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas V Sekolahrr Dasar. Jurnal fkip.uns.pedagogic artcel/153/104
Nurasiah, I., Uswatun, D. A., Amalia, R. A., "Building Character And Literacy Skills Of Primary School Students Through Puppet Contemplative Sukuraga". Vidyottama Sanatana, 1 (1), 40-45, (2017).
Lyesmaya, D & Saepuloh, L., “Literacy Learning Model Based Media Project to DevelopPedagogical Values’, Jurnal Pendidikan Serantau, 2 (1) 488-501, (2016)
Sugiyono. (2015). Metodologi Penelitian Pendidikan. BANDUNG: alfabeta.
USAID (2014) ,Buku Sumber Untuk Dosen LPTK, Pembelajaran Literasi Kelas Awal Sd/Mi Di LPTK, Resource Books For Tti Lecturers Literacy in The Primary School Early Grade for TTIs ,Contract AID-497-C-12-00003 ,June 2014,p.5.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).