PENGARUH WAYANG SUKURAGA TERHADAP LITERASI SISWA KELAS TINGGI SD KOTA SUKABUMI

Iis Nurasiah, Dyah Lyesmaya, Dedea Sumiarsa

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media wayang sukuraga terhadap literasi siswa sekolah menengah tingkat atas. Jenis yang diteliti adalah dalam bentuk Quasi Experimental Design dengan Noneequivalent Control Group Design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV Sekolah Dasar Cibungur dan Limusnunggal Kota Sukabumi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode tes yang terdiri dari pretest dan posttest, dan metode dokumentasi. Pembelajaran yang dilakukan di kelas eksperimen menggunakan media wayang sukuraga sedangkan kelas kontrol menggunakan pembelajaran langsung. Pembelajaran dilakukan 4 kali di kelas eksperimen dan di kelas kontrol dengan materi yang sama, yaitu mendengarkan cerita. Hasil perhitungan menunjukkan siswa kelas eksperimen memiliki hasil belajar rata-rata yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Nilai akhir rata-rata dari kelas eksperimen adalah 85 sedangkan kelas kontrol adalah 78. Selain itu, hasil tes dari uji T menunjukkan nilai signifikansi 0,000. Nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05, artinya ada perbedaan yang signifikan dalam hasil antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran wayang sukuraga memiliki pengaruh terhadap literasi siswa kelas IV dalam materi mendengarkan cerita.


Full Text:

PDF

References


Arief, D. (2014). Pengaruh Penggunaan Media Kartu terhadap Kemampuan Membaca Siswa Kelas I SDN 10 Lubuk Buaya Padang.

Nurdiyanti Eko dan Suryantol Edi Pembelajaran Literasi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas V Sekolahrr Dasar. Jurnal fkip.uns.pedagogic artcel/153/104

Nurasiah, I., Uswatun, D. A., Amalia, R. A., "Building Character And Literacy Skills Of Primary School Students Through Puppet Contemplative Sukuraga". Vidyottama Sanatana, 1 (1), 40-45, (2017).

Lyesmaya, D & Saepuloh, L., “Literacy Learning Model Based Media Project to DevelopPedagogical Values’, Jurnal Pendidikan Serantau, 2 (1) 488-501, (2016)

Sugiyono. (2015). Metodologi Penelitian Pendidikan. BANDUNG: alfabeta.

USAID (2014) ,Buku Sumber Untuk Dosen LPTK, Pembelajaran Literasi Kelas Awal Sd/Mi Di LPTK, Resource Books For Tti Lecturers Literacy in The Primary School Early Grade for TTIs ,Contract AID-497-C-12-00003 ,June 2014,p.5.




DOI: https://doi.org/10.24853/holistika.3.2.105-110

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD Indexing By:

 

 

 

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Powered by Puskom-UMJ